jelas

Resep dan Cara Memasak Jamur Tiram Crispy yang Renyah

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy – Saat ini, salah satu resep masakan yang paling dicari-cari yaitu cara memasak jamur tiram crispy. Rasanya yang renyah dan enak membuat masakan yang satu ini banyak difavoritkan oleh banyak orang. Bahkan, kini banyak sekali outlet yang menawarkan masakan jamur tiram crispy ini dengan berbagai macam racikan bumbu yang khas. Selain rasanya yang gurih dan renyah, jamur tiram crispy ini juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya mencari resep memasak jamur tiram crispy yang enak. Lantas, apa sih yang membuat jamur tiram crispy ini menjadi enak dan renyah? Sebenarnya, jamur crispy sendiri merupakan jamur tiram yang diolah dan dibalut dengan tepung beras dan maizena lalu digoreng hingga renyah. Pemilihan jamur tiram ini bukan semata karena satu-satunya jenis jamur melainkan memang di antara yang lain, jamur tiram lah yang dinilai memiliki kandungan beta glucan (salah satu komponen penyusun dinding sel jamur) yang mudah diencerkan kembali. Di sisi lain, masakan yang satu ini juga diketahui mengandung mineral, kalori, protein, dan beberapa jenis vitamin memberikan khasiat tersendiri pada jamur tiram, seperti menurunkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol berlebih. Bahkan, jamur tiram memiliki sifat anti bakterial dan anti tumor yang diperlukan tubuh agar terbebas dari penyakit mematikan. Dengan begitu, tak heran jika banyak orang yang ingin memasak jamur tiram crispy ini. Lalu, bagaimana ya cara memasak jamur tiram crispy agar memiliki rasa yang enak dan renyah?

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy

Nah, jika berbicara mengenai cara memasak jamur tiram crispy, sebenarnya proses pembuatannya bisa dibilang tidak terlalu sulit. Pasalnya, resep memasak jamur tiram crispy ini hanya membutuhkan bahan-bahan dan beberapa bumbu yang sederhana dan mudah didapatkan. Selain itu, proses membuat jamur tiram crispy ini pun juga tak terlalu sulit dan tak membutuhkan banyak waktu. Sehingga, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahkan masakan yang satu ini pun bisa Anda jadikan sebagai sajian menu harian yang baik dan sehat untuk keluarga. Lalu, bagaimana ya resep memasak jamur tiram crispy yang renyah dan enak itu? Nah, berkaitan dengan pertanyaan tersebut, kali ini Jelas.id akan menjawabnya dengan beberapa penjelasan terkait info mengenai panduan cara memasak jamur tiram crispy yang enak dan renyah. Mulai dari bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan sampai pada proses memasaknya yang mudah Anda terapkan di rumah. Mau tahu? Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama penjelasan cara memasak jamur tiram crispy pada beberapa segmen di bawah ini.

Resep Memasak Jamur Tiram Crispy

Bahan Memasak Jamur Tiram Crispy

Pada pembahasan pertama ini, Jelas.id akan membagikan beberapa info mengenai bahan memasak jamur tiram crispy :

  1. Bahan memasak jamur tiram crispy yang pertama adalah bahan pencelup sebagai berikut :
    • 250 gr jamur tiram yang sudah dicuci dan dibersihkan sebagai bahan memasak jamur tiram crispy yang utama.
    • Minyak goreng yang nantinya digunakan untuk deep fry
    • 2 sendok makan tepung terigu
    • 1 butir telur ayam
    • 1 sendok teh garam sebagai bahan memasak jamur tiram crispy yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.
    • 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
    • ½ sendok teh kaldu bubuk
    • ½ sendok teh baking powder
    • ½ sendok teh lada bubuk
    • Bahan memasak jamur tiram crispy sebagai bahan pencelup yang terakhir adalah 150 ml air es
  1. Bahan memasak jamur tiram crispy yang kedua adalah bahan pelapis sebagai berikut :
    • Tepung terigu sebanyak 250 gr adalah bahan memasak jamur tiram crispy yang berfungsi utama sebagai pelapisnya
    • Tepung beras 2 sendok makan
    • ½ sendok teh baking powder
    • ½ sendok teh lada bubuk
    • ½ sendok the kaldu bubuk
    • 1 sendok teh garam merupakan bahan memasak jamur tiram crispy yang terakhir dan dapat disesuaikan dengan selera

Nah,jika dilihat secara spesifik, memang terdapat dua jenis bahan memasak jamur tiram crispy yang perlu disiapkan yakni bahan pencelup dan bahan pelapis. Kedua bahan tersebut nantinya akan diproses dan diterapkan pada langkah pembuatannya. Di sisi lain, dari beberapa bahan dan bumbu tersebut, mungkin hal yang cukup sulit yaitu pada takaran dari bumbu-bumbunya di mana takarannya harus pas supaya rasanya gurih dan enak. Namun, beberapa bumbu di atas sudah disesuaikan dengan takaran yang pas sehingga Anda bisa mengikuti untuk takaran bumbunya sama seperti yang telah Jelas.id jelaskan di atas. Nah, setelah bahan memasak jamur tiram crispy dipersiapkan, berikutnya Jelas.id akan memberikan beberapa langkah mengenai panduan cara memasak jamur tiram crispy yang akan disajikan pada segmen di bawah ini.

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy Renyah

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy

Berikut ini panduan cara memasak jamur tiram crispy yang bisa Anda terapkan di rumah :

  1. Resep memasak jamur tiram crispy yang pertama yaitu bersihkan terlebih dahulu jamur tiram lalu dicuci hingga bersih. Setelah bersih, jamur tiram tersebut disuwir-suwir dengan alur memanjang. Jika sudah, tiriskan.
  2. Panduan cara memasak jamur tiram crispy berikutnya yaitu membuat adonan pencelup. Caranya, mencampur seluruh bahan pencelup yang sudah dipersiapkan sebelumnya dalam satu wadah. Lalu, aduk hingga menjadi adonan yang encer.
  3. Langkah berikutnya yaitu proses membuat adonan pelapis. Untuk membuat adonan pelapis, Anda harus mencampurkan seluruh bahan pelapis dan diaduk hingga rata. Untuk mendapatkan hasil adonan yang baik maka Anda bisa mengayak semua bahan tersebut sehingga bisa tercampur dengan merata tanpa gumpalan salah satu bahan. Sisihkan sembari melanjutkan Resep memasak jamur tiram crispy yang berikutnya.
  4. Kemudian, siapkan sebuah penggorengan lalu tuang minyak goreng dan panaskan. Volume minyak yang dituangkan disesuaikan atau diperkirakan jamur bisa terendam seluruhnya pada saat nanti digoreng. Panaskan dengan api sedang. Panasnya api tersebut akan sangat berpengaruh pada keberhasilan cara memasak jamur tiram crispy ini.
  5. Proses berikutnya, ambil potongan jamur yang telah disuwir-suwir tadi lalu celupkan ke dalam adonan pencelup tadi. Setelah itu gulingkan di atas adonan pelapis. Tekan atau remas jamur tersebut secara perlahan dengan memakai tangan sampai tepung menempel.
  6. Jika sudah, proses panduan cara memasak jamur tiram crispy yang terakhir yaitu dengan memasukkan jamur yang sudah tercampur bahan pencelup dan pelapis tersebut ke dalam penggorengan yang sudah dipanaskan tadi. Gorenglah sampai berubah warna menjadi coklat keemasan. Jika sudah dirasa matang, angkat dan tiriskan.
  7. Jamur tiram crispy siap dihidangkan yang menunjukkan Anda telah berhasil menerapkan resep memasak jamur tiram crispy ini.

Satu hal lagi dalam cara memasak jamur tiram crispy ini, untuk menambah cita rasa yang lebih menggoda selera, Anda bisa menyajikannya bersamaan dengan beberapa pelengkap, seperti saus sambal atau saus tomat. Di sisi lain, dari ketujuh resep memasak jamur tiram crispy tersebut, hal yang sulit untuk diterapkan mungkin pada proses racikan bumbu pelapisnya. Pasalnya, terkadang tepung tidak bisa menempel semua pada jamur yang sudah dilumuri bumbu atau bahan pencelupnya sehingga kerenyahannya menjadi kurang. Kunci dalam cara memasak jamur tiram crispy ini memang terletak pada penempelan tersebut. Agar tepung menempel Anda dapat  menekan secara perlahan setelah jamur tercampur dengan tepung.

Cara Memasak Jamur Tiram Crispy Sederhana

Nah, bagaimana kawan? Mudah kan? Jika Anda sudah mengetahui bumbu dan cara memasak jamur tiram crispy maka Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan selera Anda. Jadi, tak perlu beli ke outlet. Selain itu, jika ketujuh alangkah yang telah Jelas.id paparkan tersebut diterapkan dengan benar dan urut, mulai dari bahan pencelup, bahan pelapis hingga pada proses memasaknya maka jamur tiram crispy yang Anda buat akan terasa enak dan renyah. Itulah tadi resep cara memasak jamur tiram crispy yang telah Jelas.id sajikan, Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.