jelas

Cara Mengusir dan Membasmi Tikus di Rumah Secara Ampuh

Cara Usir dan Basmi Tikus di Rumah – Jika Anda merasa terganggu kerena ada tikus dirumah pasti sedang mencari-cari cara basmi tikus di rumah kan? Binatang pengerat yang satu ini memang sering ditemukan di rumah-rumah terutama jika pemiliknya jarang bersih-bersih. Bahkan, rumah yang bersih sekalipun tak jarang mendapat gangguan dari binatang yang satu ini karena tikus bisa bersembunyi di atas plafon. Tikus menjadi binatang yang keberadaannya cukup mengganggu di rumah kita selain kecoa. Tak hanya menimbulkan suara berisik ketika berlarian di plafon dan atap rumah tetapi juga merusak berbagai barang di rumah. Tak heran jika banyak orang yang sangat membencinya dan ingin mengetahui cara mengusir tikus di rumah dengan ampuh. Tikus biasanya akan menggigit pakaian, buku, perabotan, membawa makanan, dan berbagai masalah lain yang bisa merugikan si pemilik. Tanda-tanda jika rumah anda menjadi sarang tikus adalah ditemukannya kotoran dan anak-anaknya. Meski kesannya sepele, namun jika dibiarkan masalahnya bakal semakin rumit. Selain membuat rumah Anda kotor, barang-barang penting yang Anda simpan juga bisa raib sewaktu-waktu karena dirusak atau dibawa pergi oleh binatang yang satu ini. Tikus pun bisa menjadi sumber penyakit yang mungkin selama ini tidak Anda sadari sehingga tidak ada cara lain untuk menyingkirkannya selain membasminya. Maka dari itu wajib hukumnya untuk Anda mengetahui cara basmi tikus di rumah.

Cara Basmi Tikus Di Rumah

Cara Basmi Tikus di Rumah

Cara basmi tikus di rumah memang cukup sulit, hal ini karena hama tikus ini bisa berkembang biak dengan mudah dan cepat. Sehingga jika Anda membiarkannya dan tidak melakukan penanganan dengan cepat, maka dikhawatirkan jika populasi tikus yang bersarang di rumah Anda bakal semakin banyak dan menimbulkan masalah tersendiri. Meski tikus yang ada di rumah memang perlu dibasmi karena mengganggu namun ini bukan berarti bahwa Anda harus membasmi seluruh tikus yang ada di sekeliling Anda sebab hal ini justru bisa mempengaruhi keseimbangan ekosistem yang ada. Ada banyak cara mengusir tikus di rumah yang dapat Anda lakukan. Cara yang paling sering dilakukan untuk membasmi tikus adalah dengan menggunakan racun tikus dan jebakan. Namun, banyak juga yang menghindari cara ini karena potensi efek samping yang ditimbulkannya seperti tertelan atau justru terkena orang. Ini tentu membuat Anda sedikit kebingungan untuk mencari cara yang tepat. Nah, pas sekali karena pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan tips bagaimana cara basmi tikus di rumah dengan cara alami yang ampuh.

Cara Mengusir Tikus Di Rumah

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Hewan

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir tikus di rumah dengan hewan yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi tikus:

  1. Cara mengusir tikus di rumah dengan hewan salah satunya bisa dilakukan dengan memelihara jangkrik. Jangkrik dipercaya sebagai hewan pengusir tikus berkat suaranya yang nyaring. Hal ini karena tikus memiliki sifat yang tidak terlalu nyaman dengan suasana yang ramai sehingga bunyinya yang cukup nyaring bakal mengganggu keberadaan tikus. Jangkrik aduan merupakan jenis jangkrik yang paling cocok untuk mengusir tikus dan sebaiknya diletakkan di tempat-tempat yang sering dilewati tikus
  2. Kucing merupakan hewan pengusir tikus yang sudah banyak di gunakan. Pasalnya kucing merupakan musuh utama tikus di alamnya. Suara kucing biasanya akan langsung membuat para tikus ketakutan. Dengan memelihara kucing baik itu jantan maupun betina, tikus yang berkeliaran langsung akan dimangsanya sehingga rumah akan terbebas dari gangguan tikus.
  3. Cara mengusir tikus di rumah dengan hewan kali ini sedikit lebih ekstrim, Anda bisa memelihara ular di rumah. Hewan melata ini juga diketahui merupakan hewan pengusir tikus karena di alam liar ular merupakan pemangsa tikus. Jadi, Anda bisa memelihara hewan ini untuk menakut-nakuti tikus di rumah, namun juga pastikan bahwa Anda sudah mengetahui dengan benar cara merawatnya.

Cara mengusir tikus di rumah dengan hewan diatas bisa Anda manfaatkan untuk membasmi hama tikus dari rumah Anda. Sehingga Anda bakal terbantu dan tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk menyiapkan jebakan atau mempersiapkan makanan beracun untuk tikus. Cukup pelihara binatang-binatang tersebut di rumah dan mereka yang akan bekerja membasmi tikus untuk Anda. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara basmi tikus dengan bahan alami.

Cara Membasmi Tikus Di Rumah

Cara Basmi Tikus di Rumah dengan Bahan Alami

Berikut ini merupakan cara basmi tikus di rumah:

  1. Minyak mint diketahui merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan dalam cara basmi tikus di rumah secara ampuh. Bau minyak mint tersebut tidak disukai oleh tikus sehingga bisa dipakai untuk membasminya dengan mudah. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak mint pada lembaran-lembaran karton dan meletakkannya di jalur yang sering dilalui tikus.
  2. Buah mengkudu juga cukup efektif untuk mengusir keberadaan tikus di rumah. Cara basmi tikus di rumah menggunakan buah mengkudu yakni dengan memotongnya menjadi beberapa bagian dan meletakkannya di tempt-tempat yang dilalui tikus atau bisa juga dengan menghancurkan buah mengkudu lalu ditambahkan dengan air dan menyiramkannya ke daerah yang dilalui tikus.
  3. Selain minyak mint dan buah mengkudu, Anda juga bisa memanfaatkan kulit durian untuk cara basmi tikus di rumah. Caranya, setelah makan durian jangan langsung buang kulitnya, tetapi potong-potonglah menjadi beberapa bagian dan taruh pada tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

Itulah beberapa contoh cara basmi tikus di rumah Anda dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cara-cara itu bisa Anda coba jika Anda khawatir dengan efek dari zat kimia yang ada pada racun atau lem tikus. Yang pasti adalah cara membasmi tikus dengan bahan alami ini tak kalah ampuh dengan cara-cara yang biasa Anda lakukan dengan bantuan alat atau obat.

Cara Basmi Tikus Di Rumah Dengan Bahan Alami

Nah, cara mengusir tikus di rumah tidak selalu harus menggunakan racun kan? Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas Anda juga bisa memanfaatkan hewan yang menjadi musuh hama tikus untuk membasminya. Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas, maka Anda bisa membasmi tikus di rumah dengan cara yang lebih aman dan mudah. Nah, demikian informasi terkait cara basmi tikus di rumah yang bisa Jelas.id sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.