jelas

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat dan Benar!

Cara Sharing Printer Windows 10 – Bagaimana cara sharing printer Windows 10 dengan mudah? Windows 10 hadir dengan berbagai perubahan yang mau tak mau membuat kita harus menyesuaikan diri dengan berbagai tampilan dan fitur-fitur baru yang dibawanya tersebut. Meski kita masih menjumpai banyak fitur yang masih bekerja dengan cara yang sama dengan versi Windows yang sebelumnya, namun banyak juga perubahan yang kemungkinan bakal membuat kita bingung ketika pertama kali menggunakannya. Perbedaan yang bisa ditemukan misalnya pada letak menu dan langkah-langkah pengoperasiannya. Tak terkecuali cara sharing printer Windows 10 yang mengalami perbedaan. Fitur sharing printer yang dibawa oleh versi Windows terbaru ini memang berbeda jika dibandingkan dengan fitur sharing printer yang ada di Windows 7. Jika pada versi Windows yang sebelumnya kita memakai printer yang sudah terhubung dengan ke komputer melalui USB, maka kita bisa langsung sharing printer dengan komputer lain dengan mudah. Pada Windows 7 untuk bisa sharing printer, kita hanya tinggal membuka menu Devices & Printers dan memilih tab share pada opsi Properties. Namun, cara sharing printer Windows 10 harus menggunakan cara lain.

Cara Sharing Printer Windows 10

Cara Sharing Printer Windows 10

Meski cara sharing printer Windows 10 berbeda dengan versi sebelumnya dan bisa dikatakan lebih rumit, namun sharing printer ini menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas keseharian terutama jika Anda bekerja di perusahaan yang memang hampir sebagian besar karyawannya bekerja dengan komputer. Fitur sharing printer di Windows 10 ini tentu bakal lebih menghemat perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk membeli alat pencetak dokumen ini. Selain itu, jika mengetahui cara sharing printer Windows 10 juga akan membuat waktu kerja menjadi lebih efisien karena Anda bisa langsung mencetak dokumen yang diinginkan meski komputer Anda tak tersedia dengan printer. Walaupun pengaturan pada Windows 10 berbeda, namun ini tak berarti jika Anda kini tak bisa lagi menikmati berbagai manfaat dari fitur sharing printer tersebut. Anda tak perlu khawatir karena meski pengaturannya berbeda, Anda tetap akan bisa memfungsikan fitur sharing printer di Windows 10. Nah, pada kesempatan ini Jelas.id akan menghadirkan beberapa cara sharing printer Windows 10.

Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share:

  1. Langkah pertama Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share adalah buka menu Control Panel dan pilihlah opsi Devices & Printers. Lalu, klik kanan pada salah satu jenis printer yang akan di-sharing dan pilih opsi “See what’s printing”.
  2. Lalu setelah masuk ke bagian printer, pilihlah opsi Sharing.
  3. Setelah itu, akan muncul kotak dialog tab sharing. Kemudian langkah selanjutnya dari Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share adalah tekanlah tombol dengan tulisan “Change Sharing Options”. Lalu, beri tanda centang (checklist) pada tulisan “Share this printer” dan isikan nama printer yang akan dibagikan. Pastikan mengisi dengan nama printer yang singkat dan jelas. Lanjutkan dengan klik OK.
  4. Pada menu Devices & Printers, pakailah Add Printer Wizard dan pilih opsi “Select a shared printer by name”. Lalu, isikan nama komputer dan nama printer yang akan dilibatkan pada fitur ini dengan format //namakomputer/namaprinter. Pastikan untuk memakai nama komputer yang terhubung langsung dengan printer bukan yang terhubung ke printer melalui jaringan.
  5. Selanjutnya, jika Anda sudah melakukan Langkah 1-4 dari Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share diatas, Windows akan meminta memilih merek printer dan modelnya. Isikan semua informasi yang diminta dan Windows akan menambahkan printer baru agar bisa dipakai untuk mencetak file.

Itulah langkah-langkah Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Tab Share. Pengaktifan tab sharing ini memang harus terlebih dahulu dilakukan agar bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Pasalnya, tab sharing pada Windows 10 tidak langsung muncul seperti pada versi Windows yang sebelumnya. Nah, berikutnya Anda akan mengetahui cara lain untuk share printer di Windows 10.

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Lan

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan LAN

Berikut ini adalah langkah-langkah cara sharing printer Windows 10 dengan LAN:

  1. Langkah pertama cara sharing printer Windows 10 dengan LAN adalah klik start button dan pilih menu Devices and Printers untuk mengaktifkan fitur printer sharing.
  2. Kemudian, pilih nama printer yang akan di-share untuk beberapa komputer dengan klik kanan pada nama printer tersebut dan memilih opsi properties.
  3. Selanjutnya cara sharing printer Windows 10 dengan LAN setelah kotak dialog windows printer properties muncul, pilihlah opsi tab sharing.
  4. Beri tanda centang (checklist) pada opsi “share this printer” dan isi nama printer pada kolom yang disediakan.
  5. Kemudian cara sharing printer Windows 10 dengan LAN terakhir, klik OK agar printer bisa digunakan setiap komputer yang terhubung dengannya.

Cara sharing printer Windows 10 tersebut dapat dilakukan jika tersedia jaringan LAN baik itu memakai kabel maupun Wi-Fi. Selain itu, setiap komputer yang akan menggunakan sharing printer harus terhubung dengan satu jaringan dan langsung terkoneksi dengan printer agar bisa menggunakan printer yang sama. Cara ini biasanya lebih sering dipakai di perusahaan dan perkantoran.

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Wifi

Walaupun pengaturannya sedikit berbeda, namun ternyata cara sharing printer Windows 10 tak terlalu sulit bukan? Bahkan Anda sekarang sudah mengetahui beberapa cara untuk mengaktifkan tab sharing printer pada Windows 10. Dengan mengikuti setiap langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas, Anda tentu tak kesulitan lagi jika harus sharing printer di Windows 10. Sekian informasi tentang cara sharing printer Windows 10 yang bisa Jelas.id bagikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.