jelas

Cara Merubah Ukuran Foto di Android dengan Mudah

Cara merubah ukuran foto di Android – Jika Anda hobi dengan aktivitas fotografi mungkin cara merubah ukuran foto di Android bukanlah hal yang asing lagi. Pasalnya, hal tersebut sudah menjadi salah satu pekerjaan yang sering Anda lakukan. Akan tetapi, untuk Anda yang masih terbilang pemula dalam hal fotografi atau masih belajar mengambil objek dengan benar melalui bidikan kamera smartphone, maka Anda tentu akan mengalami kesulitan atau bahkan belum tahu sama sekali tentang cara merubah ukuran foto di Android agar cocok dengan jenis media yang akan kita pakai untuk mengunggah gambar tersebut. Ini merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan sebab gambar yang dihasilkan melalui jepretan kamera smartphone akan mempunyai ukuran piksel yang bisa dibilang berbeda. Kualitas dari foto tersebut biasanya akan dipengaruhi dengan besarnya resolusi kamera smartphone yang dipakai. Pada dasarnya, foto dengan ukuran yang besar akan menyuguhkan kualitas gambar yang lebih bagus daripada gambar yang hadir dengan ukuran lebih kecil. Namun, gambar dengan size yang besar rupanya juga menimbulkan masalah tersendiri jika anda tidak tahu cara merubah ukuran foto di Android dengan benar.

Cara Merubah Ukuran Foto Di Android

Cara Merubah Ukuran Foto di Android

Ada berbagai kondisi yang membuat kita tidak bisa menggunakan foto yang terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu, kebanyakan orang terkadang juga akan merubah ukuran foto untuk kepentingan yang berbeda-beda untuk itu maka kita harus mengetahui bagaimana cara merubah ukuran foto di Android. Sebagai contohnya, orang akan cenderung merubah ukuran fotonya menjadi lebih kecil jika akan menambahkannya ke suatu media cetak. Ada juga yang memperkecil ukuran foto agar bisa lebih mudah dikirim melalui email. Tentu dengan hal tersebut dengan mengetahui cara merubah ukuran foto di Android akan sangat penting mengingat sekarang popularitas sosial media dan berbagai aplikasi bertukar pesan sedang naik daun, maka aktivitas bertukar foto pun menjadi semakin mudah. Namun, hal ini tentu akan menjadi masalah tersendiri jika ukuran foto yang akan dibagikan sangatlah besar karena pasti akan memerlukan waktu yang lama dalam proses pengunggahan. Oleh sebab, itu Anda perlu merubah ukuran foto tersebut lebih dahulu agar tak menemui kendala saat proses upload. Jika Anda termasuk salah satu yang belum mengetahuinya, maka pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi tentang cara merubah ukuran foto di Android.

Cara Ubah Ukuran Foto Di Android

Aplikasi untuk Merubah Ukuran Foto di Android

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi untuk merubah ukuran foto di Android:

  • Simple Image Editor adalah salah satu aplikasi Android yang berfungsi untuk merubah ukuran gambar dan bisa dilakukan secara langsung melalui smartphone atau tablet yang berbasis Android. Kemampuan dari aplikasi ini cukup menarik karena bisa dipakai untuk merubah size foto sesuai dengan keinginan penggunanya.
  • Photo & Picture Resizer atau yang juga sering disebut dengan Smart Image Resizer merupakan aplikasi untuk merubah ukuran foto di Android gratis yang memungkinkan Anda untuk memperkecil ukuran foto tanpa harus khawatir dengan kualitas gambar yang menurun. Dengan memakai aplikasi ini, Anda juga tak perlu menyimpan sendiri gambar yang diubah ukurannya karena secara otomatis gambar tersebut langsung akan disimpan di folder terpisah.
  • JustResizeIt! Juga aplikasi untuk merubah ukuran foto di Android agar tidak terlalu besar. Aplikasi yang satu ini juga menyuguhkan beberapa kelebihan seperti hasil foto bisa disimpan di microSD dan mempunyai konfigurasi untuk sejumlah profil atau widget untuk proses perubahan ukuran.
  • Reduce Photo Size juga merupakan salah satu aplikasi untuk merubah ukuran foto di Android yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi ukuran foto. Dengan memakai aplikasi ini, Anda bisa memilih ukuran foto berdasarkan dengan ukuran yang diinginkan dan informasi mengenai besarnya file foto tersebut bisa langsung diketahui karena dimunculkan pada bagian kiri atas dari foto yang diproses.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis dari aplikasi untuk merubah ukuran foto di Android. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya bisa dengan mudah diunduh melalui Playstore. Beberapa contoh di atas merupakan aplikasi resize foto yang cukup populer dan sering dipakai oleh pengguna Android. Nah, selanjutnya Jelas.id akan memaparkan tentang bagaimana cara merubah ukuran foto di Android.

Cara Merubah Ukuran Gambar Di Android

Cara Merubah Ukuran Foto di Android

Berikut ini adalah langkah-langkah dari cara merubah ukuran foto di Android:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi Resize foto seperti yang sudah disebutkan diatas, maka unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Play Store, misalnya Anda bisa menggunakan Reduce Photo Size.
  2. Jika aplikasi tersebut sudah terinstall secara sempurna di perangkat Android Anda, maka aplikasinya bisa langsung dibuka.
  3. Kemudian, cara merubah ukuran foto di Android selanjutnya adalah masukkan foto yang ingin Anda ubah ukurannya. Foto tersebut biasanya bisa langsung diambil melalui kamera smartphone atau bisa diambil dari gallery yang ada di smartphone Anda.
  4. Jika foto tersebut sudah muncul di dalam aplikasi Reduce Photo Size, maka langkah selanjutnya dari cara merubah ukuran foto di Android adalah memilih menu “reduce” untuk mengurangi ukuran foto sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Selain itu, jika Anda juga ingin menghilangkan bagian tertentu pada foto tersebut maka Anda bisa memakai opsi “Crop”.
  6. Lalu, pilihlah ukuran foto yang akan digunakan. Anda bisa memilih opsi “Custom” jika ukuran foto yang Anda kehendaki tidak disediakan oleh aplikasi tersebut.
  7. Jika sudah selesai melakukan langkah cara merubah ukuran foto di Android diatas, maka Anda bisa langsung memilih menu “Save as” untuk menyimpan foto tersebut ke memori internal perangkat Android Anda.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara merubah ukuran foto di Android menjadi lebih kecil dengan memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Reduce Photo Size. Sebenarnya, Anda pun juga bisa memperbesar ukuran foto tanpa harus takut kehilangan kualitasnya dengan aplikasi lain yang bisa diunduh lewat Play store.

Cara Merubah Ukuran Foto Di Android Dengan Mudah

Bagaimana? Cara merubah ukuran foto di Android tersebut Cukup simple, bukan? Dengan mengikuti cara yang telah Jelas.id bagikan di atas anda bisa memperkecil foto dengan mudah agar bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Cara tersebut bahkan bisa Anda lakukan sendiri hanya dengan bermodalkan perangkat yang berbasis Android. Sekian informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang cara merubah ukuran foto di Android. Semoga bermanfaat dan terima kasih.