jelas

Cara Merubah JPEG ke PDF dengan Online Ataupun Offline

Cara Merubah JPEG ke PDF – Bagaimana ya cara merubah JPEG ke PDF ? Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan file yang memiliki ekstensi JPEG. Sebagai contohnya jika Anda sering mengunduh foto dari internet, maka terkadang foto tersebut akan disimpan ke dalam laptop atau komputer dengan jenis ekstensi tersebut. JPEG sendiri adalah singkatan dari Joint Photographic Expert Group yang merupakan format paling umum dipakai untuk file foto. Nah, sedangkan PDF  merupakan singkatan dari Portable Document Format. PDF adalah format file yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Adobe. Dalam cara merubah JPEG ke PDF ini Anda dapat mengganti file berformat JPEG menjadi PDF tanpa mengurangi kualitas dari foto/gambar tersebut. Cara ini perlu diketahui mengingat pada file dengan format JPEG suatu teks yang ada pada file secara normal tidak dapat di konversikan menjadi file dokumen. Sehingga jika Anda ingin mengubahnya agar dapat diedit sebagai file dokumen tentu Anda harus mengetahui cara merubah JPEG ke PDF ini dengan benar.

Cara Merubah JPEG Ke PDF

Cara Merubah JPEG ke PDF

Meski file dengan format JPEG cukup populer dan memiliki beberapa kelebihan di bandingkan file lainnya, namun format ini tampaknya bukan format yang terbaik, karena gambar dengan ekstensi file ini biasanya sedikit kabur untuk itu salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengetahui cara merubah JPEG ke PDF. Hal ini mengingat bahwa JPEG sendiri merupakan jenis metode kompresi lossy yang ditujukan untuk fotografi digital. Dengan begitu, ketika file disimpan dalam format JPEG, gambar akan berkurang kualitasnya karena proses kompresi. Karena semakin tinggi tingkat kompresi akan semakin besar kualitas gambar yang harus dikorbankan, maka ada kalanya orang  mengubah file dengan ektensi JPEG ke format yang lain untuk kebutuhan tertentu. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan salah satu cara merubah JPEG ke PDF.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Online

Keuntungan Merubah JPEG ke PDF

Berikut ini adalah beberapa keuntungan merubah JPEG ke PDF:

  • Keuntungan merubah JPEG ke PDF yang pertama adalah file JPEG yang sudah diubah ke PDF akan tetap mempertahankan layout atau tata letak gambar dari file aslinya.
  • JPEG yang dikonversi ke dalam PDF juga memungkinkan untuk diedit dengan memakai perangkat lunak yang sesuai.
  • Perubahan dari JPEG ke PDF juga memungkinkan untuk menyalin teks pada file tersebut.

Nah, itu tadi beberapa keutungan merubah JPEG ke PDF  yang akan didapatkan. Mengubah file dari format JPEG ke PDF memang sering dibutuhkan sehingga Anda lebih baik mengetahui caranya. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang memerlukan Anda untuk menggunakan file PDF meski didalam dokumen sendiri terdiri dari gambar-gambar. Sebut saja jika Anda melamar pekerjaan, biasanya foto atau gambar dari KTP, ijazah, dan dokumen gambar lain untuk dikirim dalam bentuk PDF sehingga file gambar tersebut harus dikopnversi terlebih dahulu. Selanjutnya, Jelas.id akan menjelaskan cara merubah JPEG ke PDF.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Tanpa Software

Cara Merubah JPEG ke PDF

Berikut ini adalah cara merubah JPEG ke PDF secara online:

  1. Pertama, bukalah halaman web http://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf
  2. Cara merubah JPEG ke PDF selanjutnya adalah, unggah file gambar yang ingin Anda konversi ke PDF. Caranya adalah dengan klik pada ‘Pilih File’ atau jika ingin lebih efisien, Anda bisa melakukan drag and drop langsung dari komputer atau laptop ke halaman web.
  3. Tunggu beberapa saat hingga file gambar terunggah dengan sempurna. Jika Anda ingin menggunggah beberapa gambar sekaligus maka anda bisa melakukan klik ‘Pilih File’ atau drag and drop kembali.
  4. Setelah semua gambar sukses terunggah, cara merubah JPEG ke PDF selanjutnya yaitu klik pada opsi yang bertuliskan ‘Buat PDF Anda sekarang!’
  5. Jika proses konversi gambar secara online ini sudah selesai, maka Anda langsung bisa mengunduh hasil konversi dari cara merubah JPEG ke PDF tersebut untuk disimpan ke dalam komputer atau laptop.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara merubah JPEG ke PDF dengan metode online, yaitu memanfaatkan halaman web khusus  yang berfungsi sebagai converter. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat file JPEG menjadi PDF dan bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Untuk cara merubah JPEG ke PDF secara offline, Anda biasanya memerlukan software tertentu, misalnya Foxit Reader. Pengkonversian ini juga bisa dilakukan melalui smartphone Android dengan aplikasi tertentu yang bisa diunduh di Play Store.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Offline

Bagaimana, simpel bukan? Dengan mengikuti cara merubah JPEG ke PDF yang telah Jelas.id paparkan di atas, Anda bisa mengubah file berformat JPEG ke PDF dengan cepat dan mudah. Bahkan, Anda tak perlu mengunduh dan menginstal software tertentu terlebih dahulu karena proses ini bisa dilakukan secara online. Nah, itulah informasi yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara merubah JPEG ke PDF. Semoga artikel ini bermanfaat.