jelas

Cara Merubah Format Video di Android dengan Mudah & Cepat

Cara Merubah Format Video di Android – Video merupakan salah satu file hiburan yang sering kita simpan dan putar melalui smartphone atau tablet. Para pengguna perangkat Android memang sepertinya tak hanya hobi menyimpan berbagai macam video yang menjadi favorit mereka namun juga mengunduhnya dari internet sehingga langsung untuk itu sangat penting untuk mengetahui cara merubah format video di Android agar video bisa dinikmati melalui perangkat tersebut. Bahkan mereka yang eksis di sosial media pun sangat senang untuk membuat video-video lucu hanya dengan berbekal smartphone atau tab. Memutar video di perangkat Android memang sepertinya memberikan kesenangan tersendiri. Pasalnya, Anda bisa menonton video yang disukai kapan saja dan dimana saja. Meski begitu, Jika tidak mengetahui cara merubah format video di Android terkadang akan menemukan masalah yang cukup menjengkelkan yaitu tidak bisa memutar video yang ada di perangkat Anda tersebut akibat format yang tidak didukung oleh perangkat. Hal ini biasanya terjadi saat Anda memindahkan video tersebut dari PC atau laptop ke perangkat Android. Masalah ini juga bisa terjadi ketika Anda mendownload video tertentu dari internet dengan memakai ponsel atau tab Android Anda. Namun masalah tersebut sebenarnya bukan hal yang rumit jika Anda mengetahui cara merubah format video di Android dengan mudah.

Cara Merubah Format Video Di Android

Cara Merubah Format Video di Android

Jika Anda tidak mengetahui cara merubah format video di Android, maka video-video tersebut tidak bisa diputar di perangkat yang berbasis Android karena memang video itu hadir dengan format yang tidak mendukung untuk gadget Android. Dari sekian banyak format video, Avi, FLV, dan WMV merupakan contoh format yang sebagian besar tidak bisa dimainkan di Android. Video yang formatnya tidak mendukung di Android biasanya tampilannya berbeda ketika sudah masuk ke gadget Android Anda sehingga bisa dengan mudah dibedakan dengan video yang support untuk Android. Video dengan format-format yang tidak mendukung tersebut sebenarnya masih bisa dimainkan dengan cara merubah format video di Android tersebut. Caranya tak lain Anda harus merubahnya dahulu ke format video yang support untuk Android seperti FLV atau MP4. Baru setelah dirubah formatnya Anda bisa memainkan video itu melalui perangkat Anda. Merubah format video agar bisa dimainkan di Android sebenarnya cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan aplikasi pengubah format video. Bagi Anda yang sering menghadapi masalah video yang tak bisa diputar ini, Jelas.id kali ini akan memberikan informasi mengenai cara merubah format video di Android.

Cara Merubah Format Video Android

Aplikasi Untuk Mengubah Format Video Android

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi untuk mengubah format video Android:

  • Format Factory for Android

Aplikasi untuk mengubah format video Android ini sebelumnya dipakai untuk mengubah format video di PC, namun sekarang aplikasi ini juga hadir untuk perangkat Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengubah format video melalui smartphone atau tab Android. Aplikasi yang satu ini disebut-sebut sebagai aplikasi terbaik untuk merubah video di Android sehigga menjadi aplikasi favorit yang dipakai oleh banyak orang. Cara penggunaan aplikasi untuk mengubah format video Android ini pun cukup mudah dan jenis video yang bisa diconvert pun beraneka ragam seperti FLV, MP4, AVI, MKV, Flac, MP3, Ogg, WMA, M4a, Aac, APE, WAV, dan AC3. Selain bisa dipakai untuk merubah format video, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur untuk mengedit video.

  • Video Converter MP3

Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk merubah format video di Android. Seperti namanya, video yang ada di Android juga bisa dirubah ke format MP3 sehingga aplikasi untuk mengubah format video Android ini sangat cocok untuk mengkonversi video musik yang tersimpan di galeri perangkat Android. Meski namanya menggunakan embel-embel MP3 namun aplikasi ini mendukung jika dipakai untuk merubah video dengan format lain seperti 3gp, mp4, mpec, vob, dan masih banyak lagi.

Di atas adalah merupakan contoh aplikasi untuk mengubah format video Android. Video yang tidak support di Android pun sebenarnya bisa dimainkan tanpa merubah terlebih dahulu formatnya, namun untuk bisa melakukannya, perangkat Android Anda juga harus diisntal dengan aplikasi khusus. Dengan merubah formatnya terlebih dahulu, justru Anda bisa memainkan video tersebut kapanpun tanpa harus memakai perantara aplikasi lain lagi. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara merubah format video di Android.

Cara Merubah Format Video Di Android Dengan Aplikasi

Cara Merubah Format Video di Android

Berikut ini adalah cara merubah format video di Android dengan memakai aplikasi Format Factory for Android:

  1. Jika Anda belum memliki aplikasinya, maka unduhlah terlebih dahulu aplikasi bernama Format Factory for Android di Google Play untuk mengawali cara merubah format video di Android ini.
  2. Install aplikasi tersebut di perangkat Android Anda dan bisa langsung dijalankan.
  3. Pilih opsi ‘Video’ jika Anda ingin merubah format dari video itu. Namun, jika Anda ingin mengubah video ke format suara maka yang dipilih adalah opsi ‘Audio’.
  4. Kemudian, carilah video yang Anda ingin ubah formatnya.
  5. Pilih opsi ‘MP4 Medium Quality’ pada menu ‘preset’. Opsi pada cara merubah format video di Android ini berfungsi untuk mengubah video ke format baru yang bisa disesuaikan dengan otomatis.
  6. Pastikan, Anda juga menyesuaikan detail dari video yang dirubah tersebut agar hasil video setelah dikonversi tetap terlihat jernih. Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Convert Now!’ agar proses konversinya bisa langsung dimulai.
  7. Tunggu hingga proses konversi video selesai. Apabila cara merubah format video di Android ini sudah selesai, video langsung akan tersimpan di memori internal perangkat Android. Jadi, pastikan space memori di perangkat Anda memadai.

Itulah salah satu contoh cara merubah format video di Android dengan memanfaatkan salah satu aplikasi pengubah video bernama Format Factory for Android. Aplikasi ini memang paling banyak dipakai oleh para pengguna Android karena selain mudah digunakan juga mampu menyuguhkan hasil konversi video yang berkualitas.

Cara Merubah Format Video Di Android Dengan Mudah

Nah, setelah mempraktekan cara merubah format video di Android diatas file video yang tidak support di perangkat Android pun bisa dengan mudah di putar. Dengan mengikuti cara yang telah Jelas.id paparkan di atas, Anda bisa dengan mudah mengkonversi video di Android dalam waktu singkat. Itulah infomasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara merubah format video di Android. Semoga bermanfaat dan terima kasih.