jelas

Cara Merubah Format Video dengan Mudah

Cara Merubah Format Video – Apabila Anda ingin merubah format dari sebuah video tapi tidak tahu caranya maka cara merubah format video pun pastinya akan menjadi topik yang Anda cari bukan? Jika benar demikian jangan khawatir kawan. Pasalnya, pada ulasan kali ini Jelas.id akan membahas mengenai hal ini yang mungkin menjadi sesuatu yang dicari-cari sobat. Memang, merubah format video itu umumnya dilakukan karena beberapa kebutuhan. Seperti untuk menunjang edit video maupun untuk hal-hal lain dalam bidang video. Namun, terkadang yang menjadi masalah yaitu bagi para pemula yang ingin merubah format dari sebuah video tapi belum tahu cara merubah format video tersebut, mungkin juga termasuk Anda. Selain itu, kadang-kadang ada juga yang sudah tahu alat pengubah format video namun tak tahu cara menggunakannya. Atau mungkin, sudah bisa diformat tetapi justru videonya tak bisa diputar, tentu menjengkelkan bukan? Maka dari itu, Jelas.id pun akan hadir untuk membantu Anda semua dengan memberikan informasi seputar topik yang terkait bagaimana cara merubah format video dengan mudah.

Cara Merubah Format Video

Cara Merubah Format Video

Perlu diketahui bahwa dengan mengetahui cara merubah format video maka Anda pun dapat mengubah beberapa video sesuai dengan selera maupun kebutuhan Anda. Selain itu, umumnya pun cara ini dilakukan dengan beberapa aplikasi ataupun software. Biasanya, langkah ini dilakukan untuk mengubah atau convert format dari sebuah video yang tak mendukung ketika diputar di beberapa media player. Di sisi lain, cara merubah format video perlu dilakukan untuk membuat sebuah format baru agar mudah diputar di media manapun, seperti di Android misalnya yang tak jarang kebanyakan format video tak bisa diputar di sistem operasi Android ini. Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa alat atau software sebagai media yang bisa digunakan untuk mengubah format video. Apa saja itu? Tak perlu berlama-lama, berikut di bawah ini beberapa software yang diperlukan dalam cara merubah format video.

Cara Merubah Format Video Di PC

Software untuk Mengubah Format Video

Di bawah ini beberapa jenis software untuk mengubah format video:

  1. Format Factory

Software untuk mengubah format video yang pertama yaitu Format Factory. Aplikasi yang satu ini dinilai cukup populer dan kaya akan beragam fitur pendukung. Sehingga, tak heran jika software ini bisa mengubah sebuah video ke berbagai macam format.

  1. Free Make Video Converter

Nah, program yang satu ini pun juga merupakan salah satu software untuk mengubah format video yang memiliki tampilan keren. Tak hanya itu saja, keunggulan dari software yang satu ini pun terletak pada cara kerjanya yang mudah dan proses konversinya yang begitu cepat, baik format AVI, MP4, WMV, MKV, 3GP, DVD, MP3, iPad, iOS pada iPhone, PSP maupun Android phones. Maka dari itu, wajar jika software yang satu ini banyak sekali digunakan oleh kebanyakan orang yang ingin merubah format video.

  1. Any Video Converter

Program atau aplikasi yang satu ini pun juga bisa digunakan sebagai salah satu cara merubah format video. Bahkan, meski namanya tak setenar dengan alat converter video lainnya namun software untuk mengubah format video yang satu ini pun sepertinya memang patut untuk dicoba karena program ini mampu mengkonvert video dengan cepat. Tentu saja, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai cara merubah format video sesuai dengan format atau ukuran maupun kualitas yang dibawanya pun.

Selain kedua software untuk mengubah format video yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada lagi beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah format video. Contohnya saja seperti Super v2014, Internet Video Converter HD dan masih banyak lagi. Akan tetapi, dari sekian banyak software atau aplikasi tersebut, tampaknya Format Factory dan Free MAKE Video Converter merupakan software untuk mengubah format video yang paling banyak digunakan mengingat kedua program tersebut memiliki kelebihan yang lebih unggul daripada software lain. Sehingga, dalam pembahasan ini, kali ini kita akan lebih fokus untuk membahas mengenai cara merubah format video melalui dua program atau aplikasi di atas.

Cara Merubah Format Video Dengan Free Make Video Converter

Cara Merubah Format Video          

Setelah kita tahu jenis programnya, kini waktunya Jelas.id menjelaskan langkah-langkah cara merubah format video:

  1. Cara Merubah Format Video via Format Factory
  • Pertama, cara merubah format video via Format Factory ini, download dulu program tersebut lalu instal sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu membuka programnya dan mendrag atau memindah video dengan cara klik video yang akan diubah dan letakkan lalu dilepaskan pada menu format factory.
  • Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan ubahan. Contohnya saja jika akan dirubah menjadi format yang bisa diputar di Android biasanya formatnya adalah 3gp dan sesuaikan dengan layar HP. Selain itu, apabila format yang bisa diputar di DVD player biasanya MP4 sementara kalau di Android bisa 3GP maka Anda bisa menyesuaikan pengaturan pada settingan videonya menjadi format yang diinginkan.
  • Lalu, cara merubah format video via Format Factory selanjutnya, untuk mengecek kembali pengaturannya maka bisa dilihat di output setting.
  • Jika pengaturannya sudah diatur sesuai keinginan maka langkah selanjutnya yaitu dengan menekan tombol start untuk melakukan convert format. Tunggu beberapa saat sampai proses convert selesai.
  • Nah, apabila cara merubah format video via Format Factory pada langkah sebelumnya sudah dilakukan dan videonya sudah berhasil diubah formatnya melalui convert, maka Anda bisa mengambil hasil ubahan videonya tersebut di output folder. Dalam folder tersebut Anda akan melihat ekstensi video yang sebelumnya FLV menjadi 3GP.

Cara merubah format video via format factory yang telah dijelaskan di atas tampaknya cukup mudah. Bahkan, dengan aplikasi di atas maka Anda bisa melakukan perubahan format sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, gubahan hasil converter dari proses via Format Factory tersebut tampaknya juga cukup mampu menghasilkan kualitas video yang memuaskan. Tak hanya itu saja, Maka, tak ada salahnya Anda mencoba cara merubah format video dengan aplikasi tersebut.

  1. Cara Merubah Format Video dengan Free Make Video Converter
  • Cara merubah format video dengan Free Make Video Converter ini, tentunya yang pertama kali Anda perlu persiapkan yaitu download aplikasi Free Make Video Converter dan install aplikasi tersebut sampai selesai.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa membuka programnya dan akan muncul laman utama dengan beberapa pilihan format. Di bawahnya juga ada beberapa pilihan platform. Pilih dan klik menu video untuk melakukan format video.
  • Setelah itu, nantinya akan ada tampilan pilihan folder. Carilah folder atau tempat Anda menyimpan video yang akan Anda format. Jika sudah ketemu maka klik to tombol Open.
  • Kemudian, cara merubah format video dengan Free Make Video Converter berikutnya yaitu nantinya video yang sudah dipilih akan langsung muncul di tengah-tengah halaman Freemake. Ketika sampai laman ini, Anda akan melihat file video yang sudah Anda upload tadi. Di situ kita bisa memilih format audio, menghilangkan audio atau menambahkan file audio ke dalam video yang ingin kita convert. Bahkan, Anda pun bisa memilih file subtitle untuk langsung dimasukkan ke dalam video jika ada.
  • Menginjak tahapan selanjutnya, Anda akan diperlihatkan halaman baru dengan beberapa pilihan pada saat convert video akan dimulai. Setelah itu, pilih dan klik saja tombol Convert yang berada di bawah.
  • Sampai di sini, Anda hanya perlu menunggu sampai proses convert selesai dengan sempurna. Biasanya, lamanya proses ini snagat tergantung dari format video, durasi video, ukuran resolusi, besar ukuran file, dan VGA komputer yang sedang Anda gunakan untuk convert video.
  • Cara merubah format video dengan Free Make Video Converter pun selesai dan berhasil.

Sedikit tambahan pada panduan cara merubah format video bahwa jika laptop atau CPU yang Anda gunakan menggunakan VGA NVidia CUDA maka kecepatan proses ketika melakukan convert pun akan sangat jauh lebih cepat. Bahkan, kualitas video yang dihasilkannya pun juga mampu memberikan hasil output video dengan kualitas yang cukup memukau dan menawan. Tentu, cara merubah format video melalui aplikasi ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan alternatif jika Anda ingin mengubah format sebuah video dengan secara mudah dan cepat. Namun, hal terpentingnya adalah pada proses pemilihan video di mana pilihlah kualitas video yang cukup bagus agar hasil output dari proses convert pun juga tak mengecewakan.

Cara Merubah Format Video Di Any Video Converter

Bagaimana kawan? Tak terlalu sulit kan cara merubah format video itu? Tentu, dari kedua langkah tersebut, Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan maupun kemudahan dalam proses pengoperasiannya. Di sisi lain, langkah mengubah format video dengan beberapa aplikasi tersebut pun sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil convert video yang memuaskan meski masih ada juga beberapa cara merubah format video dengan aplikasi lain yang bisa digunakan. Namun, seperti yang sudah Jelas.id katakan di atas bahwa kedua aplikasi tersebut, baik Format Factory maupun Free Make Video Converter dinilai yang paling bagus dalam memberikan hasil output dari convert format video. Nah, itulah tadi ulasan yang telah Jelas.id jelaskan di atas mengenai cara merubah format video dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan semakin menambah wawasan kepada Anda. Sekian dan sampai jumpa.