jelas

Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet

Cara Merawat Mobil Matic – Bagi anda yang ingin mengetahui cara merawat mobil matic, pasti anda mempunyai mobil matic di garasi rumah anda. Memang kecanggihan teknologi matic, membuat banyak masyarakat yang memilih mobil matic daripada manual. Digunakannya transmisi ini tak hanya menyuguhkan kemudahan berkendara tetapi juga kenyamanan bagi setiap penggunanya. Tak seperti mobil manual yang butuh pengaturan tuas transmisi ketika dikendarai, pengguna mobil matic tak perlu ambil pusing dengan hal tersebut. Karena penggunaannya berbeda dengan mobil manual, maka cara merawat mobil matic pun berbeda. Jika Anda adalah seorang pemilik mobil matic maka Anda sepertinya harus mencurahkan lebih banyak waktu untuk memperhatikan kondisi mobil kesayangan Anda tersebut. Banyak anggapan di kalangan para pecinta otomotif bahwa mobil matic itu memerlukan budget yang lebih mahal dalam perawatan. Selain itu menemukan bengkel khusus untuk mobil matic juga lebih susah karena tak semua bengkel sanggup untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mobil yang menggunakan jenis transmisi tersebut. Hal ini karena transmisi otomatis lebih riskan terhadap kerusakan dan membutuhkan perawatan yang lebih ekstra akibat kinerjanya yang lebih kompleks dari transmisi manual. Karenanya, cara merawat mobil matic sebenarnya wajib diketahui oleh semua pemilik mobil ini.

Cara Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic

Cara merawat mobil matic yang salah dapat memicu kerusakan pada mobil bertransmisi otomatis selain yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang berperan besar dalam memicu kerusakan pada mobil tersebut. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan mobil yang kurang hati-hati . Sedangkan, faktor yang paling banyak mengakibatkan kerusakan pada mobil matic adalah kelalaian pengguna dalam mengganti oli atau pelumas pada transmisi. Sehingga anda harus mengetahui cara merawat mobil matic yang tepat agar mobil anda dapat terhindar dari kerusakan.

Dengan lebih tingginya resiko kerusakan dan budget perawatan yang lebih ekstra, banyak orang yang takut untuk menggunakan mobil ini. Hal ini sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan karena jika cara merawat mobil matic dilakukan dengan benar, perawatannya membutuhkan biaya yang lebih murah dari mobil manual. Sebagai contohnya, set persneling kopling pada mobil manual biasanya harus diganti dalam kurun waktu 2 tahun, sedangkan untuk mobil matic umumnya baru akan diganti dalam kurun waktu 5 tahun. Kali ini Jelas.id akan memaparkan tentang bagaimana cara merawat mobil matic  sehingga bisa lebih awet dan tetap nyaman ketika sedang digunakan untuk berkendara.

Cara Merawat Mobil Matic Dengan Mudah

Masalah Mobil Matic

Sebelum membahas mengenai cara merawat mobil matic, Jelas.id akan membahas masalah pada mobil matic yang sering terjadi. Masalah ini bahkan bisa dibilang masalah klasik karena dapat menyerang berbagai mobil matic dengan spesifikasi mesin yang berbeda bahkan berbagai merek yang berbeda pula. Untuk itu, kamu perlu menghapalkan masalah-masalah ini agar lebih mudah memahami cara merawat mobil matic nantinya.

  • Tarikan mobil yang berat dan menghentak. Inilah salah satu masalah mobil matic yang paling sering terjadi. Kerusakan yang mengakibatkan munculnya kondisi ini pada umumnya terletak pada solenoid pressure dan TCM speed sensor. Kerusakan ini biasanya bisa terdeteksi melalui monitor scanner dengan menyambungkan engine scanner ke soket OBD.
  • Muncul getaran ketika mobil dijalankan. Masalah pada mobil matic ini terutama terjadi ketika pergantian gigi yang menunjukkan bahwa kanvas perlu diganti baik karena kualitasnya sudah menurun atau karena gosong. Meskipun tidak memiliki pedal kopling, mobil matic memiliki jumlah kanvas yang sangat banyak tetapi kinerjanya dilakukan secara otomatis agar tidak merepotkan pengemudi.
  • Mobil tidak dapat mundur juga merupakan salah satu masalah mobil matic yang lumayan sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan karena dua hal yaitu pada sistem elektrik di transmisi atau komponen mekanikalnya. Untuk kerusakan pada komponen elektrik biasanya diakibatkan oleh putusnya kabel solenoid atau hilangnya stroom. Sementara itu, kerusakan mekanikal yang umum terjadi karena rasio gigi yang mundur atau patahnya return shift.

Masalah Pada Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic

Nah, ini saatnya Jelas.id membahas cara merawat mobil matic. Tentu dari beberapa hal di atas Anda sudah paham letak masalah mobil matic yang sering terjadi. Pemahaman tersebut bukan untuk menakut-nakuti para pengguna mobil matic, melainkan sebagai indikasi bahwa terjadi kerusakan pada tunggangan roda empat kesayangannya. Selain itu, dapat menjadi fokus dalam cara merawat mobil matic yang akan dibahas di bawah ini.

  1. Sama seperti mobil manual, mobil matic juga membutuhkan servis yang rutin seperti yang telah dianjurkan oleh produsen dari mobil tersebut. Ini adalah cara merawat mobil matic yang pertama dan utama dari segala cara perawatan yang ada. Selain untuk mengetahui kondisi terkini dari kendaraan Anda, servis secara rutin juga sudah menjadi aturan garansi mesin yang diwajibkan oleh produsen mobil.
  2. Mengganti oli secara rutin juga merupakan hal yang penting untuk menjaga kondisi paket transmisi otomatisnya. Walaupun cara merawat mobil matic ini biasanya jadi satu kesatuan dengan paket service, tapi tak jarang pengguna mobil matic mengabaikan sisi ini karena alasan ekonomis. Padahal penggantian oli ini harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan setiap mobil menempuh jarak 25.000 km dan jarak tempuh maksimal 50.000 km. Untuk jenis oli transmisinya sendiri , lebih baik gunakan yang telah dianjurkan oleh produsen mobil. Jangka waktu penggantian oli ini umumnya didasarkan pada jenis oli yang dipakai serta beratnya medan yang dilalui oleh kendaraan Anda setiap harinya.
  3. Pengguna juga sebaiknya mengganti oli setelah menggunakan mobil maticnya untuk menerjang genangan air atau banjir. Walaupun cara merawat mobil matic ini tidak mutlak, namun tetap disarankan oleh Jelas.id. Hal ini karena air bisa masuk ke dalam gearbox yang menyebabkan kemacetan pada gear atau transmisi.
  4. Mengecek kinerja transmisi juga hal yang penting dan ini bisa dilakukan sendiri oleh para pemilik mobil matic sebagai satu kesatuan cara merawat mobil matic. Caranya adalah dengan memosisikan tuas transmisi pada D atau R, kemudian melepaskan rem. Mobil biasanya akan langsung bergerak dalam kondisi normal atau jika tidak terdapat masalah pada sistem transmisi.

Cara Merawat Mobil Matic Baru

Demikian beberapa cara merawat mobil matic yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada mobil matic serta sejumlah perawatan yang seharusnya Anda berikan pada kendaraan Anda tersebut agar tidak cepat rusak. Dengan begitu, Anda bisa menghindari pengeluaran berlebih yang diakibatkan oleh kerusakan mobil matic. Semoga artikel tentang masalah pada mobil matic dan cara merawat mobil matic ini bisa bermanfaat untuk Anda.