jelas

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Awet

Cara Merawat Mesin Mobil – Sebelum kita ke topik pembahasan yaitu cara merawat mesin mobil, tentunya anda sebagai pemilik mobil mengetahui bahwa perawatan mobil menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, tak peduli mobil tersebut baru anda beli maupun telah lama anda miliki. Perawatan mobil ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang di dalamnya sehingga harus dilakukan dengan benar. Merawat mobil dengan baik dan berkala akan menghindari masalah-masalah yang mungkin timbul ketika anda sedang berkendara. Tak hanya itu, dengan rajin merawat dan melakukan pengecekan pada mobil, anda bisa mendeteksi sedini mungkin jika terjadi kerusakan atau gangguan pada mobil yang anda miliki. Dengan begitu, anda bisa sesegera mungkin menentukan penanganan yang tepat dari gangguan tersebut. Salah satu komponen mobil yang harus mendapatkan perawatan khusus adalah mesinnya. Hal ini karena sebagian besar masalah yang terjadi pada mobil seperti mogok, tidak bisa dihidupkan atau timbulnya suara yang sangat bising biasanya berhubungan dengan berbagai masalah yang terjadi pada bagian mesin dari mobil tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, sejatinya pecinta roda empat perlu tahu mengenai cara merawat mesin mobil.

Cara Merawat Mesin Mobil

tentu wajib dipelajari oleh setiap pecinta roda empat. Pasalnya, mesin menjadi salah satu komponen paling vital di mobil. Mesin layaknya jantung yang harus benar-benar dijaga kesehatannya sehingga segala aktivitas yang dilakukan pada mobil bisa berjalan dengan efektif. Meskipun begitu, tampaknya tak semua pemilik mobil menyadari hal itu. Karena masih banyak pemilik mobil yang menggunakan kendaraannya ini secara sembarangan sehingga berakibat kerusakan pada mesinnya. Untuk menjaga agar mesin mobil dalam keadaan terbaiknya dan bisa berfungsi secara efektif, maka anda harus mempelajari cara merawat mesin mobil yang benar untuk melakukan perawatan mesin secara rutin dan menyeluruh. Perawatan mesin yang menyeluruh tentu membutuhkan waktu yang tak sedikit sehingga kemungkinan tak bisa dilakukan setiap saat terlebih jika anda orang yang sibuk. Namun, ini tak berarti bahwa anda tak bisa mengurangi potensi kerusakan mesin yang terjadi pada mobil anda. Kali ini Jelas. id akan membagikan informasi kepada anda tentang bagaimana menjaga mesin mobil. Informasi ini mencakup kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil sehingga berakibat kerusakan mesin dan cara merawat mesin mobil itu sendiri.

Cara Merawat Mesin Mobil Dengan Benar

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak

Sebelum membahas cara merawat mesin mobil, anda harus mengetahui sejumlah penyebab mesin mobil cepat rusak yang mungkin sering anda lakukan namun jarang disadari akan menjadi pintu gerbang kematian kendaraan tercinta Anda. Hal ini wajar karena sedikit banyak para pemilik mobil tak punya banyak waktu untuk memahami seluk beluk tunggangan roda empat mereka. Nah, beberapa penyebab di bawah ini hakikatnya menjadi satu kesatuan yang sedikit perlu dipisahkan dari cara merawat mesin mobil nantinya agar tidak membingungkan.

  • Menyalakan AC pada saat Rotation Per Minute (RPM) tinggi

Kondisi ini merupakan penyebab mesin mobil cepat rusak yang tak pernah disadari. Walaupun tidak signifikan, kondisi ini bisa mengakibatkan gesekan yang keras pada pulley dan pressure plate yang ada pada kompresor AC dan membuat kinerja mesin mobil menjadi lebih berat.

  • Menyalakan Mesin Mobil Sambil Menginjak Rem

Aktivitas ini ternyata menyebabkan mesin mobil cepat rusak lho. Padahal, tindakan ini sering sekali dilakukan oleh pemilik mobil ketika memanaskan mesin mobilnya pada pagi hari. Jika aktivitas ini sering dilakukan maka akan menimbulkan efek negatif pada kendaraan anda terutama mesinnya. Pasalnya, mesin mobil belum terlumuri pelumas dengan sempurna sehingga gesekan yang diberikan bisa mengurangi usia mesin.

  • Mengganti Oli Tanpa Rutin Servis

Penyebab mesin mobil cepat rusak yang selanjutnya adalah rajin mengganti oli agar mobilnya lancar ketika digunakan namun tidak dibarengi dengan servis secara berkala demi mengurangi pengeluaran. Hal ini tentu saja kurang bagus bagi mesin mobil karena berbagai komponen di dalam mesin pun butuh dibersihkan dan diganti agar kinerjanya optimal.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak

Cara Merawat Mesin Mobil

  1. Cara merawat mesin mobil yang pertama adalah dengan mengganti oli secara rutin. Keberadaan oli sangat berpengaruh besar pada prima atau tidaknya kinerja dari mesin mobil. Fungsi oli di dalam mobil ini mengurangi gesekan-gesekan yang terjadi saat mesin mobil sedang bekerja. Tanpa kondisi oli yang bagus, gesekan-gesekan tersebut bisa menyebabkan mesin cepat panas dan rusak. Oleh sebab itu, oli harus diganti secara rutin sesuai standar dari masing-masing mobil. Setiap mobil memiliki batas jarak tempuh tertentu untuk sekali ganti oli, biasanya berkisar antara 3.000 km hingga 5.000 km. Cara merawat mesin mobil yang ini merupakan hal yang wajib yang tak bisa ditinggalkan sama sekali.
  2. Memeriksa kondisi radiator merupakan cara merawat mesin mobil yang selanjutnya. Radiator merupakan salah satu komponen yang esensial pada mesin karena berfungsi untuk menjaga suhu di dalam mesin agar tetap dingin. Jika radiator tidak bekerja secara efektif, maka mesin akan cepat panas dan mengakibatkan kerusakan yang serius. Pemeriksaan yang rutin perlu untuk komponen ini agar tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Biasanya pemeriksaan radiator mencakup kebocoran, pengurasan, dan penggantian air. Penggantian air radiator biasanya dilakukan setelah jarak tempuh mencapai sekitar 10.000 km. Cara merawat mesin mobil yang ini biasanya sering terlupakan karena jarak 10ribu kilometer terlalu jauh untuk mengingat air radiator.
  3. Mengecek filter karburasi juga tak bisa dilupakan dari cara merawat mesin mobil ini. Masalah yang timbul akibat gangguan yang terjadi pada komponen ini biasanya adalah mesin yang susah dihidupkan. Ini terjadi karena filter kaburasi tersebut kotor sehingga harus dibersihkan. Cara membersihkannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada saringan tersebut hingga bersih. Jika cara merawat mesin mobil ini tak Anda lakukan, sangat mungkin terjadi mesin kemasukan kotoran saat pembakaran.
  4. Membersihkan kerak mesin merupakan cara merawat mesin mobil yang bisa dilakukan secara tidak rutin. Kerak ini umumnya bisa ditemukan di ruang pembakaran pada mobil-mobil yang sudah lama digunakan. Untuk mengurangi atau menghilangkan kerak tersebut, anda bisa menginjak pedal gas dengan kuat sehingga kerak mesin akan berjatuhan dan keluar dengan sendirinya lewat knalpot. Walaupun demikian, akan lebih baik jika cara merawat mesin mobil ini juga dibarengi dengan penggunaan cairan penghilang kerak khusus mobil.
  5. Memeriksa timing belt adalah cara merawat mesin mobil yang selanjunya. Fungsi dari komponen mesin ini adalah untuk meneruskan perputaran roda-roda gigi yang berhubungan dengan mesin bagian dalam. Gangguan pada komponen ini bisa dideteksi lewat suara bising yang timbul ketika mesin mobil dihidupkan. Jika anda menjumpai hal tersebut, maka anda harus segera menggantinya untuk menghindari putusnya timing belt tersebut yang juga bisa merambah ke kerusakan komponen yang lain. Berhubung timing belt bisa dibilang jarang rusak, maka cara merawat mesin mobil yang ini dapat dilakukan sesekali saja.

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Awet

Itulah cara merawat mesin mobil sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga mesin mobil. Apabila anda mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id telah sampaikan maka anda bisa melakukan perawatan mesin mobil sendiri di rumah. Dengan memraktikan cara-cara tersebut, anda bisa mengurangi kemungkinan kerusakan mesin mobil dan menghemat budget yang harus dikeluarkan untuk mengatasi kerusakan tersebut. Semoga informasi penyebab mesin mobil cepat rusak dan cara merawat mesin mobil ini bermanfaat dan bisa segera anda praktekkan.