jelas

Cara Merawat Lovebird ­Agar Memiliki Kicauan Merdu

Cara Merawat Lovebird ­– Bagi Anda yang merupakan kicau mania, tentu sudah tak sing lagi dengan burung Lovebird, atau bahkan Anda memilikinya dirumah dan telah paham bagaimana cara merawat Lovebird tersebut. Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang memang lebih ditujukan sebagai hiburan di rumah. Namun, ada juga yang memang memelihara burung ini untuk diikutkan dalam perlombaan. Lovebird atau yang biasa disebut sebagai burung cinta ini merupakan spesies burung yang masuk dalam genus Agarponis dan berasal dari Afrika. Lovebird memiliki karakteristik unik dan membedakannya dengan jenis burung yang lain. Selain tubuhnya yang mungil, burung yang satu ini juga mempunyai tampilan fisik yang cukup menarik dan mempesona yang mebuat cara merawat Lovebird ini juga perlu trik agar menjadi juara dalam lomba. Tak hanya itu, paruhnya yang bengkok itu ternyata mampu menghasilkan suara yang indah. Lovebird ini memiliki ciri khas menghasilkan suara ‘ngekek’ yang cukup panjang. Bahkan semakin panjang maka akan membuat burung ini semakin menarik di mata banyak orang. Kombinasi antara warna tubuhnya yang indah serta kicaunya yang begitu unik membuat burung yang satu ini sangat populer di mata para pecinta burung berkicau. Tak heran meskipun cara merawat Lovebird ini membutuhkan usaha dan waktu, burung ini kini sangat dicari tak hanya bagi para penggemar burung kicau saja tetapi juga burung hias.

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird

Cara merawat Lovebird bisa dibilang tak terlalu sulit dan pada dasarnya hampir sama dengan merawat jenis burung lainnya. Akan tetapi lain halnya jika Anda ingin merawat burung cinta ini untuk dijadikan sebagai burung kicauan dan diikusertakan dalam berbagai perlombaan. Tentu butuh waktu dan usaha yang lebih keras untuk merawatnya. Selain harus memberikan asupan nutrisi dari pakan-pakan yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan pola perawatannya agar bisa membuat burung ini ngekek panjang. Jika Anda sudah mengetahui cara merawat Lovebird ini dengan baik dan konsisten maka peluang Anda untuk mendapatkan lovebird yang mampu berkicau dengan indah dan panjang akan semakin besar. Perawatan yang dibutuhkan untuk membuat lovebird menjadi burung kicau sebenarnya tak jauh berbeda dengan perawatan yang diterapkan oleh para kicau mania kebanyakan. Tentu saja ada beberapa cara yang memang harus dilakukan agar perawatan tersebut membuahkan hasil yang maksimal. Nah, kali ini Jelas.id akan memberikan informasi kepada Anda terutama para pecinta Lovebird tentang bagaimana cara merawat Lovebird ini.

Cara Merawat Lovebird Lomba

Jenis Perawatan Lovebird

Berikut ini merupakan jenis perawatan lovebird yang umum diberikan:

  • Perawatan harian

Jenis perawatan lovebird yang pertama yakni perawatan harian, burung ini biasanya diangin-anginkan dua kali sehari yaitu pagi sekitar pukul 07.30 dan sore sekitar pukul 15.30. Burung tersebut juga harus dijemur sekitar 1 hingga 2 jam pada pagi hari dan diangin-anginkan kembali selama 10 menit. Jenis perawatan lovebird yang satu ini memang harus rutin di lakukan agar peliharaan Anda tersebut tetap berkicau dengan bagus. Pada saat dijemur, sebaiknya burung dimandikan terlebih dahulu dan jangan sampai melihat jenis burung lain. Bersihkan kandangnya, lalu berikan voer, buah, dua ekor jangkrik dan air minum dengan menggunakan cepuk EF. Suara master burung lain bisa diperdengarkan pada sore hari atau malam hari setelah beristirahat.

  • Perawatan mendekati lomba

Ketika akan diikutkan lomba, jenis perawatan lovebird yang baik yakni dengan memberikan biji-bijian ekstra tiga hari sebelumnya agar lebih cepat gacor. Untuk dua hari sebelum perlomabaan, burung sebaiknya hanya dijemur selama 20 menit saja. Selain itu, saat perlombaan lovebird diberi makan dengan kangkung segar.

Nah, seperti yang dijelaskan diatas, Jenis perawatan lovebird biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu perawatan harian dan menjelang lomba. Jika akan diikutkan lomba, maka lovebird memerlukan perawatan khusus yang tentu ditujukan untuk membuatnya agar lebih cepat gacor sehingga bisa maksimal dalam perlombaan yang diikuti. Selanjutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara merawat lovebird yang benar.

Cara Merawat Lovebird Agar Ngekek Panjang

Cara Merawat Lovebird

Berikut ini beberapa cara merawat lovebird yang dapat Anda lakukan agar bisa berkicau dengan indah:

  1. Cara merawat lovebird yang pertama adalah dengan memandikan hingga basah kuyup secara rutin. Cara memandikan ini ternyata bermanfaat untuk memicu stamina burung sehingga membuatnya bisa ngekek panjang. Cara memandikannya pun tak jauh berbeda dengan burung kicau lainnya. Namun, karena harus basah kuyup maka harus dilakukan tepat waktu dan segera dijemur. Untuk pagi hari bisa dilakukan mulai pukul 7, kemudian dijemur selama 3 jam, dan diangin-anginkan selama 15 menit. Sementara pada siang hari, pemandian bisa dilakukan pukul 12.00 dan diangin-anginkan kembali. Sore hari bisa dipakai untuk memperdengarkan master burung lain.
  2. Cara merawat lovebird yang benar juga mencakup mengenai pakan. Sebaiknya burung diberikan makanan yang bervariasi agar berbagai macam nutrisinya terpenuhi. Hal ini bisa diakali dengan memberikan pakan secara selang-seling untuk setiap harinya agar menghindari resiko obesitas. EF (ekstra fooding) atau makanan tambahan yang berupa buah dan sayuran segar juga disarankan untuk diberikan. Makanan terseebut dianggap mampu membuatnya jadi lebih rajin buka paruh.
  3. Cara merawat lovebird yang benar juga harus memberikan vitamin untuk menjaga kesehatan dan mendukung perkembangannya terutama pada kemampuan berkicau. Meski hanya berperan sebagai pendukung, namun multivitamin tentu akan lebih efektif untuk membuatnya cepat gacor.

Itulah bebarapa cara merawat lovebird yang harus dilakukan jika Anda ingin menjadikan Lovebird sebagai burung kicauan. Cara tersebut akan lebih efektif jika didukung dengan kebersihan sangkarnya. Selain itu, yang paling penting dalam mempengaruhi kesehatan dan kemampuannya dalam berkicau tentu saja pola perawatan hariannya sehingga memang harus dilakukan dengan benar.

Cara Merawat Lovebird Agar Cepat Gacor

Bagimana cara merawat Lovebird di atas? Tak terlalau sulit bukan? Memang sebenarnya tak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau pada umumnya, namun Anda hanya perlu konsistensi dalam melakukannya. Dengan menikuti langkah-langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas maka Anda pun bisa mempersiapkan Loverbird untuk menjadi salah satu burung kicau di setiap perlombaan. Demikianlah informasi yang bisa Jelas. id berikan mengenai cara merawat lovebird. Sekian dan terima kasih.