jelas

Cara Merawat Anak Kucing yang Benar dan Baik

Cara Merawat Anak Kucing – Bagi Anda pecinta kucing mungin sudah mengetahui bagaimana cara merawat anak kucing yang benar. Kelahiran anak kucing tentu menjadi momen yang membahagiakan terutama bagi para pemilik kucing. Ada kalanya induk kucing memiliki banyak anak sehingga kita harus turun tangan untuk membantu mengurus anak-anaknya. Namun, banyak juga induk kucing yang setelah melahirkan meninggalkan anaknya begitu saja sehingga anaknya yang masih bayi tersebut menjadi terlantar. Ada juga yang sengaja mengadopsi anak kucing karena ingin memiliki peliharaan di rumah. Apapun alasannya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda memutuskan akan merawat anak kucing. Cara merawat anak kucing khususnya yang baru saja dilahirkan memang tidak mudah. Pasalnya, anak kucing membutuhkan perhatian khusus tak seperti kucing yang sudah besar. Memelihara anak kucing yang masih memiliki induk tentu jauh lebih mudah karena anak kucing tersebut bisa mendapatkan susu dari induknya sendiri. Yang perlu Anda lakukan biasanya hanya membantu menjaga kebersihan kandangnya sehingga menyediakan tempat yang nyaman baginya untuk tumbuh serta memastikan bahwa asupan makanannya terpenuhi sehingga anak kucing ini bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Karena cara merawat anak kucing yang benar juga akan mejadikan si kucing tersebut tumbuh dengan sehat.

Cara Merawat Anak Kucing

Cara Merawat Anak Kucing

Namun, lain halnya dengan cara merawat anak kucing yang sudah tidak memiliki induk lagi, baik karena sengaja ditinggalkan oleh induknya atau karena induknya telah mati. Tentu anak kucing yang ada dalam kondisi ini lebih membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Meski pekerjaan ini memang sedikit merepotkan, namun bagi Anda yang memang menyukai hewan yang satu ini dan telah mengetahui cara merawat anak kucing dengan benar tentu tak akan merasa terbebani sedikit pun. Bahkan, Anda akan merasa bahwa merawat anak kucing dan melihat tumbuh kembangnya merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Seperti diketahui, kucing bukan hewan yang menjijikkan namun hewan yang lucu. Tak heran jika banyak orang yang ingin memeliharanya, bahkan banyak yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan favoritnya. Meski terkesan mudah tentu ada berbagi faktor yang harus diperhatikan selama proses pemeliharaannya. Nah, bagi Anda yang sedang mempunyai anak kucing di rumah, maka pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat anak kucing sehingga mampu tumbuh dengan baik dan sehat.

Cara Merawat Anak Kucing yang Benar

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemeliharaan Anak Kucing

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan anak kucing :

  • Layaknya manusia, anak kucing juga rentan sekali terhadap berbagai macam pemyakit sehingga untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap baik maka nutrisi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan anak kucing. Nutrisi paling penting yang dibutuhkan tentu adalah kolostrum yang didapatkan dari air susu induknya.
  • Berat badan anak kucing juga merupakan faktor lain yang harus diperhatikan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi berat badan anak kucing lamanya masa mengandung dan jumlah bayi yang dilahirkan. Namun, berat normal untuk bayi kucing biasanya sekitar 500 gram. Selain itu, dalam beberapa hari umumnya berat badannya akan bertambah sebanyak dua kali lipat.
  • Hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan anak kucing lainnya yakni mata bayi kucing. Pasalnya, mata bayi kucing setelah dilahirkan biasanya masih tertutup selama 5 hingga 10 hari. Mata merupakan indra yang paling sensitif pada kucing sehingga jika terkena sinar matahari secara langsung setelah dilahirkan maka akan menyebabkan kebutaan. Jadi, jika matanya telah terbuka tak lama setelah dilahirkan maka harus diwaspadai.
  • Perawatan tambahan juga termasuk hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan anak kucing seperti pemberian makanan khusus untuk anak kucing.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan anak kucing. Banyak yang biasanya tak terlalu memperhatikan hal-hal tersebut sehingga pertumbuhan dari anak kucing menjadi kurang maksimal. Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas maka Anda akan mengetahui apa yang penting untuk menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembangnya. Berikutnya, Anda akan mengetahui cara merawat anak kucing yang baik dan benar.

Cara Merawat Anak Kucing dengan Baik

Cara Merawat Anak Kucing

Berikut ini adalah beberapa cara merawat anak kucing yang baik dan benar:

  1. Cara merawat anak kucing yang pertama dan paling penting adalah membersihkan kotoran yang keluar dari matanya. Hal tersebut merupakan hal penting yang harus dilakukan sebab anak kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur sehingga sering kali dijumpai kotoran di sekitar area matanya. Basahi kapas dengan sedikit air hangat dan usapkan secara perlahan ke area matanya untuk membersihkan kotoran tersebut.
  2. Susu khusus untuk anak kucing ini juga bisa diberikan terutama jika anak kucing tersebut sudah tidak memiliki induk. Caranya adalah dengan melarutkan susu tersebut terlebih dahulu dengan air hangat. Jika kucingnya masih bayi, Anda bisa menggunakan dot kecil untuk memberikan susunya. Namun, jika anak kucing sudah bisa berjalan sendiri, Anda bisa menempatkannya pada wadah berukuran kecil dan letakkan di kandangnya agar bisa diminum sepuasnya.
  3. Cara merawat anak kucing yang selanjutnya adalah memahami anak kucing. Salah satunya dengan memahami ketika anak kucing yang masih lapar bisa ditandai dari suaranya. Jika anak kucing masih mengeong dengan suara yang lantang setelah diberi susu maka ini menandakan bahwa ia masih lapar.
  4. Cara merawatnya yang lain adalah dengan memberikan makanan yang sesuai dengan usianya. Maka sebaiknya sediakan makanan khusus untuk anak kucing.
  5. Cara merawat anak kucing selanjutnya yakni dengan membiasakan anak kucing untuk membuang kotoran di tempat yang benar dengan menyediakan kotak berisi pasir di kandangnya.

Itulah beberapa cara merawat anak kucing yang baik dan benar. Merawat tak hanya memberikan makanan dan tempat tinggal yang layak saja bagi si anak kucing, namun Anda juga harus melatih kebiasaan-kebiasaan yang baik pada anak kucing seperti membuang kotoran pada tempat yang semestinya. Pasalnya, jika sudah dilatih sejak kecil maka ketika tumbuh kucing tersebut tentu sudah tebiasa untuk melakukannya.

Cara Merawat Anak Kucing yang Sakit

Ternyata cara merawat anak kucing tak begitu sulit dan cukup menyenangkan untuk dilakukan bukan? Masalah-masalah mungkin saja Anda temui, namun jika Anda sudah mengetahui cara merawatnya, Anda pasti bisa mengatasinya dengan baik. Jika Anda mengikuti cara perawatan yang telah Jelas.id paparkan di atas, maka Anda bisa merawat anak kucing agar tumbuh baik dan mandiri serta tidak merepotkan ketika tumbuh dewasa. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara merawat anak kucing. Semoga bermanfaat dan terima kasih.