jelas

Cara Merawat AC Mobil dengan Benar

Cara Merawat AC Mobil – AC (Air Conditioner) adalah perangkat mobil yang sangat umum sekali ditemukan pada mobil di masa kini. Fungsi AC mobil sangatlah penting karena AC berfungsi untuk menjaga kabin mobil agar memiliki suhu udara yang tetap dingin, sehingga para pengemudi dan penumpang tidak merasa kepanasan saat di jalan. Namun seringkali penggunaan mobil dengan rentang waktu lama atau tanpa henti menyebabkan kerusakan pada komponen AC ini, seperti AC menjadi kurang dingin ataupun menimbulkan bau yang tidak nyaman dihidung. Untuk sebab itu kita harus cermat dalam merawat AC Mobil ini karena jika AC sudah mengalami kerusakan kita harus membawanya ke bengkel untuk memperbaiki, yang kadang memerlukan biaya yang cukup besar. Nah kali ini Jelas.id ingin membagikan kepada kalian mengenai cara merawat AC mobil dengan benar sehingga komponen AC pada mobil kalian tetap bagus. Cara merawat AC mobil yang Jelas.id bagikan ini sangat mudah untuk diikuti dan diterapkan pada mobil anda.

Cara Merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil

Sebelum kita mengetahui cara merawat AC mobil alangkah baiknya apabila kita mengetahui masalah-masalah umum yang sering diderita oleh komponen AC pada mobil. Masalah yang pertama biasanya adalah AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga anda kurang nyaman saat berada di kabin. Tentunya ini sangat mengganggu sekali karena seringkali akan menyebabkan pusing atau berkendara menjadi kurang nyaman. Selanjutnya masalah umum yang biasanya kita temui adalah AC mobil kurang dingin dalam mengeluarkan hawa sehingga anda mungkin akan merasakan kepanasan saat berada di dalam mobil. Nah tentunya kita perlu mengetahui cara merawat AC mobil yang benar sehingga masalah-masalah tersebut tidak kembali pada mobil anda. Namun sebelum kita mengetahui cara merawat AC mobil dengan benar, Jelas.id ingin menjelaskan penyebab-penyebab kenapa AC mobil bisa mengeluarkan bau tidak sedap dan kurang dingin. Berikut ini penyebabnya:

AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Mengeluarkan Bau

  • AC Mobil mengeluarkan bau biasanya dikarenakan anda menggunakan pengharum mobil yang tidak tepat dan berkualitas rendah. Pengharum mobil yang asal-asalan tersebut biasanya memiliki kualitas bahan yang rendah sehingga seringkali dapat membuat kotor bagian evaporator mobil anda sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Penyebab kedua AC mobil mengeluarkan bau adalah kebiasaan anda membuka jendela mobil saat berkendara. Padahal debu dan kotoran dari luar sangat mudah sekali masuk ke dalam mobil ataupun rongga-rongga komponen AC mobil anda melalui udara yang terhembus.
  • Kemudian penggunaan sepatu ataupun sandal yang kotor ke dalam mobil dapat menyebabkan AC mobil anda mengeluarkan bau, karena kotoran dan debu dari sepatu ataupun sandal biasanya akan menempel pada mobil dan dalam waktu yang lama dapat merusak komponen AC anda.
  • Lalu yang tidak kalah penting adalah anda sebaiknya menghindari rokok saat berkendara, karena rokok mengandung nikotin yang biasanya sisanya akan menempel pada evaporator dan seiring waktu jika kebiasaan anda sering dilakukan nikotin dalam evaporator tersebut akan menjadi berlendir.

Cara Merawat AC Mobil

AC Mobil Tidak Dingin

  • AC mobil tidak dingin tentunya sangat mengganggu sekali saat berkendara, penyebab masalah AC mobil tidak dingin biasanya dikarenakan usia, dimana terdapat komponen pada AC seperti selang ataupun pipa yang biasanya dalam kondisi kurang baik atau bukan asli sehingga tidak pas.
  • Penyebab AC mobil tidak dingin yang kedua biasanya dikarenan evaporator ataupun kondensor mengalami kerusakan baik itu dikarenakan usia atau terdapat benda atau kotoran yang menghinggap pada kedua komponen AC mobil tersebut, sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.
  • Lalu penyebab yang ketiga adalah terdapat kerusakan pada komponen kompresor. Gejala dari kerusakan kompresor ini biasanya mengeluarkan bunyi-bunyi dari ruang mesin dan AC mobil menjadi tidak dingin.

AC Mobil Mengeluarkan Bau

Cara Merawat AC Mobil

Nah itulah beberapa penyebab yang menyababkan AC mobil anda mengeluarkan bau dan menjadi tidak dingin. Sekarang waktu yang tepat bagi Jelas.id untuk menjelaskan mengenai cara merawat AC mobil dengan benar sehingga AC mobil anda tetap mengeluarkan hawa yang dingin dan tentunya awet. Cara merawat AC mobil anda sendiri cukup banyak dan apabila anda mengikutinya dengan benar dan teratur dapat dipastikan AC mobil anda tetap awet dan mengeluarkan hawa dingin yang tentunya akan menjadikan perjalanan anda terasa nyaman. Lalu bagaimanakah cara merawat AC mobil yang tepat? Yuk langsung saja ikuti cara-cara yang Jelas.id sampaikan dibawah ini:

  1. Cara merawat AC mobil yang pertama adalah dengan rutin membersihkan kabin anda dari kotoran dan debu yang menghinggap. Seperti pada karpet yang biasanya terdapat kumpulan debu kotoran yang banyak karena sepatu atau sandal yang kotor.
  2. Kemudian sebaiknya anda jangan membuka jendela anda saat berkendara, karena debu dan kotoran sangat mudah sekali masuk ke dalam kabin mobil anda melalui udara.
  3. Cara merawat AC mobil yang tidak kalah penting adalah matikan rokok anda saat berkendara, untuk menghindari nikotin yang bisa menghinggap pada evaporator mobil anda.
  4. Apabila anda ingin menghidupkan mobil, maka pastikan AC mobil pada posisi mati dan tunggu sampai kerja mesin mobil anda stabil baru menghidupkan AC.
  5. Saat anda mencuci mobil maka jangan lupa untuk membersihkan kondensor mobil anda dari kotoran dan debu yang menempel karena jika dibiarkan akan menyebabkan korosi dan kebocoran.
  6. Kemudian cara merawat AC mobil yang tidak kalah penting adalah jika anda memarkirkan mobil anda, maka diusahakan untuk mencari tempat yang teduh dan sejuk sehingga mesin mobil anda tidak kepanasan. Apabila mesin mobil anda hidupkan saat kondisi panas, itu tidak baik karena membuat mesin menjadi tidak awet.
  7. Langkah antisipasi yang sangat baik juga untuk menghindari AC mobil anda dari kerusakan yaitu dengan memasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran yang menghinggap.
  8. Jika anda membersihkan mobil anda, maka jangan lupa untuk membersihkan filter kabin secara rutin dengan cara disemprot dengan angin atau vacuum, jika sudah terlalu kotor maka sebaiknya ganti dengan yang baru.
  9. Apabila mobil anda menggunakan extra fan, maka anda harus selalu cek extra fan atau kipas kondensor. Extra fan ini berfungsi untuk membuang panas kondensor disaat AC mobil dinyalakan.

Namun jika mobil tidak menggunakan extra fan seperti mobil Vioz, Avanza, dan Xenia maka periksa kipas radiator berputar saat ac mobil anda hidup. Kipas radiator ini juga memiliki fungsi sama dengan kipas radiator.

  1. Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah hindari menggunakan sirkulasi udara dari luar, karena udara dari luar biasanya mengandung debu dan kotoran.

Bagaimana cara merawat AC mobil yang Jelas.id sampaikan mudah untuk diikuti bukan? Tentunya karena 10 cara merawat AC mobil ini dapat anda praktekan sendiri kepada mobil anda untuk membuat AC mobil anda tetap awet dan mengeluarkan hawa dingin sehingga perjalanan anda menjadi terasa nyaman dan menyenangkan. Apabila anda mengikuti cara merawat AC mobil anda dengan rutin dan benar seperti yang Jelas.id sampaikan diatas maka AC mobil anda akan terhindar dari kerusakan dan tetap awet. Semoga dengan 10 cara tersebut AC mobil tidak mengalami kerusakan lagi dikemudian hari.