jelas

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 dengan Mudah dan Cepat

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 – Siapa yang tak tahu rubik? Permainan puzzle dadu ini sempat sangat populer beberapa waktu yang lalu sehingga Anda bisa dengan mudah menjumpai orang yang membawa rubik dalam kesehariannya dan memainkannya di waktu senggang. Saking populernya, lomba menyelesaikan rubik pun banyak diselenggarakan. Walaupun Anda sudah mengetahuinya namun belum tentu Anda tahu bagaimana cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan mudah bukan? Rubik sendiri merupakan puzzle kubus 3 dimensi yang diciptakan oleh seorang arsitek berkebangsaan Hungaria bernama Erno Rubik. Meski permainan ini dibuat pada tahun 1974, tetapi permainan puzzle yang satu ini masih populer hingga sekarang. Rubik memang terkesan sebagai permainan yang sederhana dan mudah, namun sebenarnya cukup rumit untuk diselesaikan sehingga tak jarang banyak orang mencari cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan cepat. Rubik pada umumnya memiliki warna atau gambar yang berbeda pada setiap sisinya. Rubik juga memiliki berbagai macam jenis seperti rubik 2×2, 3×3, hingga 7×7. Bentuk puzzlenya juga bervariasi, dari yang berbentuk kubus, piramid, hingga octahedron. Namun, inti permainan dari semua jenis rubik tersebut sama yaitu membongkarnya hingga warnanya tak beraturan, kemudian menyusunnya kembali ke bentuk semula. Itulah sebabnya kali ini Jelas.id ingin membahas mengenai cara menyelesaikan rubik 3×3 ini.

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3

Mengapa harus cara menyelesaikan rubik 3×3? Di antara sekian banyak jenis rubik, rubik 3×3 merupakan jenis yang paling banyak digunakan karena ini merupakan rubik standar. Rubik dengan ukuran 3×3 ini terdiri dari 36 kotak kecil. Untuk menyelesaikan permainan ini, pemain biasanya akan memutar kotak-kotak kecil tersebut pada porosnya. Masing-masing sisi dari rubik 3×3 hadir dengan warna yang berbeda dan terdiri dari 9 permukaan kotak kecil. Meski rubik jenis ini tergolong ke dalam rubik standar, tetapi Anda tak bisa sembarangan dalam memainkannya. Anda tak boleh asal memutar kotak-kotak kecil sesuai dengan keinginan Anda. Pasalnya ada sejumlah cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan mudah yang wajib Anda ketahui. Mempelajari trik menyelesaikan rubik 3×3 sangat penting karena jika Anda sudah mengetahuinya bagaimana pun rubik diacak, Anda akan selalu bisa mengembalikannya ke posisi semula. Nah, buat Anda yang belum tahu cara memainkan rubik sebelumnya atau kini tengah belajar untuk menyelesaikan rubik, Jelas.id akan membagikan cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan cepat. Tapi sebelumnya, perhatikan dulu ya beberapa catatan berikut.

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 Dengan Mudah

Skill dalam Bermain Rubik

Berikut ini beberapa skill dalam bermain rubik yang dibutuhkan agar Anda bisa memainkanya secara benar:

  • Skill dalam bermain rubik yang pertama adalah Anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai rubik yang juga terdiri dari notasi-notasi dan lambang-lambang yang digunakan dalam permainan ini. Jika Anda belum tahu tentang hal tersebut, Anda bisa mencari dari berbagai sumber atau bertanya pada teman Anda yang sudah bisa.
  • Hal yang paling penting sebagai skill dalam bermain rubik adalah Anda juga harus memiliki kemampuan berkonsentrasi dan mengingat yang baik
  • Anda paling tidak juga harus menghafalkan algoritma tambahan agar lebih menguasai skill dalam bermain rubik tersebut.
  • Membiasakan untuk memainkan rubik dengan fingertick atau memutar rubik dengan jari bukan genggaman tangan. Skill dalam bermain rubik ini lebih efisien dan mampu menjaga posisi rubik agar tidak mudah berubah.

Mengetahui skill dalam bermain rubik merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam menyelesaikan permainan rubik apapun jenisnya. Setelah, mengetahui jenis-jenis skill tersebut Anda lebih baik segera mengasah skill Anda agar bisa segera menyelesaikan puzzle-puzzle pada rubik dengan baik dan benar. Bagaiman? Sudah menguasai skill dalam bermain rubik tersebut? Asumsi Anda sudah mampu melakukannya atau setidaknya merasa mampu, inilah cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan mudah yang Anda cari dari tadi.

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 Dengan Cepat

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3

Berikut ini adalah beberapa cara menyelesaikan rubik 3×3 secara umum:

Cara menyelesaikan rubik 3×3 yang utama adalah tahapan pengenalan akan gerakan. Pada proses ini Anda harus mengetahui jenis-jenis putaran pada rubik seperti berikut ini :

  • R yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer kanan 90 derajat searah jarum jam
  • L yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer kiri 90 derajat searah jarum jam
  • U yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer atas 90 derajat searah jarum jam
  • F yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer depan 90 derajat searah jarum jam
  • ‘ yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer berlawanan dengan jarum jam
  • 2 yakni cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan memutar layer 90 derajat dikalikan dengan 2, yang berarti 180 derajat
  1. Asumsi Anda telah menghafalkan gerakan tersebut, maka cara menyelesaikan rubik 3×3 yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat cross putih dan center berwarna kuning. Lalu, samakan warna yang ada pada sisi kaki. Jika kaki berwarna hijau, maka samakan warna dari sisi hijau itu dengan center yang warnanya merah. Kemudian, putar sebanyak 2 kali untuk menuju center yang warnanya putih.
  2. Setelah berhasil membentuk cross putih, cara menyelesaikan rubik 3×3 yang selanjutnya adalah menyelesaikan layer pertama. Posisikan cross putih di bagian bawah dan temukan empat sudut yang memiliki warna putih. Rumus yang bisa digunakan pada langkah ini adalah F’ U’ F, R U R’, (R U’ R’) U2 (R U R’), dan R U R’ U’ R U R’.
  3. Setelah layer pertama terbentuk, Anda harus menyelesaikan layer kedua untuk melanjutkan cara menyelesaikan rubik 3×3 ini. Rumus yang biasa digunakan untuk layer kedua adalah U R U’ R’ U’ F’ U F atau U’ L’ U L U F U’ F’.
  4. Langkah berikutnya adalah membuat cross pada sisi atas. Anda bisa menggunakan rumus (F R U) (R’ U’ F’) untuk dua edge yang berseberangan. Sedangkan, untuk dua edge yang bersebelahan, pakailah rumus (F U R) (U’ R’ F’). Ingat, jangan salah dalam menerapkan rumus ini agar cara menyelesaikan rubik 3×3 ini bekerja dengan baik.
  5. Setelah itu, Anda harus memosisikan corner di layer atas dengan menggunakan rumus R U R’ U R U2 R’. Jika corner belum juga terletak di atas, Anda bisa membenarkan posisinya lagi dan mengulang rumus tersebut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar cara menyelesaikan rubik 3×3 ini dapat berhasil.
  6. Langkah berikutnya adalah memosisikan corner pada layer ketiga agar sama dengan warna akhir pada rubik. Jika Anda menemukan stiker yang sama, gunakanlah rumus x’ (R U’ R) D2 (R’U R) D2 R2 x. Apabila Anda telah melalui langkah ini, sejatinya hasil rubik yang baik tetap terlihat. Sekarang Anda tinggal mengikuti langkah terakhir cara menyelesaikan rubik 3×3 ini saja.
  7. Langkah terakhir adalah merampungkan tiga atau empat edge yang masih tersisa. Perhatikan edge tersebut, apabila searah dengan jarum jam, gunakanlah rumus F2 U L R’ F2 L’ R U F2. Akan tetapi jika kondisinya berlawanan dengan jarum jam, maka rumus yang digunakan adalah F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2. Jika yang tersisa adalah empat edge, ulangi algoritma tersebut sekali lagi sehingga cara menyelesaikan rubik 3×3 ini selesai dengan sempurna.

Itulah beberapa cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan cepat yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan rubik yang memiliki ukuran 3×3. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk memahami istilah dan menerapkan langkah-langkah tersebut. Akan tetapi, jika Anda sudah menguasainya maka rubik 3×3 akan bisa Anda selesaikan dengan cepat. Itu artinya, tak ada yang sulit bukan dalam cara menyelesaikan rubik 3×3 ini?

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 Dengan Cepat Dan Mudah

Bagaimana cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan mudah di atas? Tak begitu sulit untuk dipraktikan bukan? Jika langkah-langkah tersebut dipraktikan secara benar, maka Anda akan semakin mudah untuk memainkan rubik 3×3. Itulah tadi beberapa cara yang Jelas.id bisa bagikan terkait cara menyelesaikan rubik berukuran 3×3. Semoga cara menyelesaikan rubik 3×3 dengan mudah dan cepat yang sudah dipaparkan di atas bisa membantu Anda. Sekian dan terima kasih.