jelas

Cara Mengurangi Sakit Gigi Secara Alami dengan Cepat

Cara Mengurangi Sakit Gigi – Banyak dari Anda mungkin yang bertanya-tanya bagaimana sih cara mengurangi sakit gigi secara alami ketika rasa sakit itu datang. Sakit gigi adalah salah satu jenis penyakit yang mungkin pernah di dialami oleh sebagian besar orang di Indonesia. Sampai saat ini pun rasanya masih cukup mudah untuk menemukan orang yang menderita sakit gigi. Meski bukan termasuk penyakit yang membahayakan layaknya kanker, namun menderita sakit gigi tentu sangat mengganggu sekali bahkan bisa jadi akan menghambat aktivitas keseharian dari penderitanya. Cara mengurangi sakit gigi sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi sakit gigi yang dialami oleh orang yang memiliki masalah gigi berlubang. Meski begitu, orang yang sudah rajin gosok gigi sekalipun tak lepas dari masalah yang satu ini. Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi sakit gigi yang muncul adalah akibat cara menggosok gigi yang salah sehingga menimbulkan lubang tak kasat mata dan menjadi rumah untuk para bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Menggosok gigi memang sering dianggap sepele karena bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, teknik menggosok gigi yang salah akan membuat hasilnya kurang maksimal sehingga bisa memicu timbulnya sakit gigi, untuk itu penting bag Anda untuk mengetahui cara mengurangi sakit gigi ini yang disebabkan Karena cara menggosok gigi yang salah.

Cara Mengurangi Sakit Gigi

Cara Mengurangi Sakit Gigi

Selain gigi berlubang dan cara menyikat gigi yang salah, sakit gigi juga bisa disebabkan karena faktor-faktor lain seperti tidak rutin menggosok gigi, pemilihan sikat gigi yang salah, serta adanya karies gigi. Cara mengurangi sakit gigi secara alami akan berbeda tergantung penyebab sakit tersebut. Apapun penyebabnya, sakit gigi ini akan menimbulkan ketidaknyaman tersendiri bahkan terkadang rasa nyeri yang ditimbulkan dari sakit gigi ini sampai bisa membuat penderitanya menangis. Hal ini karena bakteri yang menginfeksi gigi merusak bagian enamel dan masuk ke bagian dalam hingga mencapai syaraf yang berada pada gusi.  Tak heran jika karena rasa sakit yang mengganggu ini, banyak penderita sakit gigi yang rela melakukan berbagai macam cara mengurangi sakit gigi agar bisa menghilangkan rasa sakit tersebut, mulai dari mengonsumsi obat-obatan untuk sakit gigi hingga menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah satu ini dan mencari tahu cara yang tepat untuk mengatasi sakit gigi, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengurangi sakit gigi secara alami.

Cara Mengurangi Sakit Gigi Berlubang

Cara Mencegah Sakit Gigi

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah sakit gigi yang bisa dilakukan:

  • Cara mencegah sakit gigi yang pertama dan peling mudah adalah membersihkan gigi dengan teratur. Apabila Anda tidak menyikat gigi secara rutin dan membersihkannya dengan benang, maka plak dan bakteri akan menumpuk di gigi dan bisa memicu gigi berlubang serta infeksi.
  • Mencegah sakit gigi juga bisa dilakukan dengan fluoride. Fluoride ini biasanya terkandung dalam pasta gigi sehingga usahakan memakai pasta gigi yang berflouride. Selain itu, suplemen fluoride juga biasanya bisa diminta melalui dokter gigi.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat juga termasuk cara mencegah sakit gigi yang dapat dilakukan. Kurangi makanan yang mengandung gula dan pati sebab kedua kandungan tersebut menjadi makanan untuk bakteri. Selain itu, konsumsi lebih banyak sayuran dan buah untuk meningkatkan kesehatan gigi Anda.
  • Cara mencegah sakit gigi yang terakhir yaitu memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali juga penting untuk mengetahui lubang tak kasat mata pada gigi yang bisa menimbulkan infeksi dan menyebabkan sakit gigi.

Di atas merupakan beberapa cara mencegah sakit gigi yang dapat Anda lakukan sebelum timbulnya masalah pada gigi. Banyak orang yang mengabaikan hal tersebut sehingga tak heran jika mudah terkena penyakit yang satu ini. Padahal sebenarnya jika mau melakukan upaya pencegahan tersebut maka Anda tak perlu repot-repot membeli obat atau mencari cara lain untuk meredakan sakit gigi sebab Anda tidak akan terkena sakit gigi. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara mengurangi sakit gigi di bawah ini.

Cara Mengurangi Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengurangi Sakit Gigi

Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi sakit gigi secara alami yang dapat anda jadikan referensi:

  1. Garam

Cara mengurangi sakit gigi yang pertama adalah menggunakan Garam. Garam sudah terkenal sebagai zat alami yang ampuh mengatasi berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri sejak lama. Kandungan yang ada di dalam garam sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri perusak gigi di dalam mulut. Anda bisa membuat air garam, yaitu dengan melarutkan garam secukupnya ke dalam satu gelas air. Pakailah larutan air garam ini untuk berkumur setiap hari agar mengurangi rasa sakit gigi.

  1. Bawang Putih

Cara mengurangi sakit gigi yang kedua adalah menggunakan bawang putih yang memang sudah terkenal sebagai salah satu obat tradisional yang cukup ampuh untuk berbagai macam penyakit. Bawang putih mengandung zat antiseptik alami yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri. Untuk mengurangi rasa sakit, lumatkan satu siung bawang putih dan beri sedikit garam, kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dapat digunakan dalam cara mengurangi sakit gigi. Hal ini Karena jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang tak hanya efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri tetapi juga membunuhnya. Selain itu, jeruk nipis mengandung zat antiseptik alami. Siapkan segelas air hangat dan campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan gunakan untuk berkumur setiap hari agar sakit gigi mereda.

Itulah beberapa cara mengurangi sakit gigi secara alami yang bisa Anda praktekan. Memanfatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda ini sangat bermanfaat sekali terutama jika Anda sedang tidak memiliki persediaan obat sakit gigi. Hasilnya pun tak kalah efektif dengan obat antobiotik dalam meredekan rasa nyeri akibat sakit gigi asalkan dilakukan secara rutin.

Cara Mengurangi Sakit Gigi Dengan Cepat

Ternyata cara mengurangi sakit gigi pun bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain ketiga bahan di atas, masih banyak bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit gigi seperti daun sirih, biji asam jawa, belimbing wuluh, dan sebagainya. Dengan mengikuti setiap langkah yang telah Jelas.id paparkan di atas maka Anda bisa mengurangi sakit gigi sendiri di rumah. Demikianlah informasi mengenai cara mengurangi sakit gigi secara alami yang bisa Jelas.id bagikan. Semoga bermanfat dan terima kasih.