jelas

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman yang Menyegarkan

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman – Berbicara tentang cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman tentu tak lepas dari status Lidah Buaya yang merupakan sejenis tanaman sukulen yang biasanya hidup di daerah tropis atau kering. Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini identik dengan bentuk batangnya yang panjang dan memiliki semacam gerigi pada ujungnya. Selain dibudidayakan sebagai tanaman hias, Lidah Buaya juga sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini yang mendorong banyak orang mencari cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman. Walaupun demikian, selama ini Lidah Buaya sering dipakai dalam bidang kecantikan maupun dijadikan sebagai obat-obatan. Sebagai contohnya, tanaman ini dimanfaatkan sebagai salah satu jenis perawatan untuk rambut baik itu secara langsung maupun dijadikan salah satu komposisi dalam produk perawatan rambut. Tak hanya bisa digunakan untuk menyuburkan rambut, Lidah Buaya juga ampuh digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit seperti membantu menghilangkan bekas luka bakar. Nah, tahukah Anda kalau ternyata tanaman yang memiliki bau khas ini juga bisa dikonsumsi? Kira-kira bagaimana cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ya?

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman yang bisa dikonsumsi memang tengah diburu oleh banyak orang akhir-akhir ini. Pasalnya, Lidah Buaya ini berbeda dengan tanaman yang lainnya. Lidah Buaya memiliki daging seperti gel yang berlendir dengan baunya yang cenderung khas. Agar bisa menciptakan santapan yang lezat, tentu perlu trik khusus dalam mengolahnya untuk menghilangkan lendir dan baunya tersebut. Banyak orang yang tertarik untuk mencari tahu cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman yang benar karena ingin mendapatkan manfaat dari makanan hasil olahan dari tanaman ini. Tanaman yang juga sering disebut dengan Aloe Vera ini mengandung nutrisi yang lengkap seperti protein, vitamin, mineral, serta asam amino. Daging dari tanaman ini juga memiliki kandungan senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Lidah Buaya umumnya dibuat ke dalam berbagai olahan minuman dan manisan. Nah, kali ini Jelas.id akan memberikan satu resep tentang cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman lho!

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Segar

Bahan Membuat Minuman Lidah Buaya

Berikut ini adalah bahan membuat minuman Lidah Buaya yang setidaknya Anda persiapkan:

  • Tidak usah ditanya lagi, bahan membuat minuman Lidah Buaya tentu saja Lidah Buayanya. Setidaknya Anda perlu menyiapkan ¼ kg Lidah Buaya untuk menerapkan resep ini.
  • 5 sendok makan gula pasir atau bisa diganti dengan gula diet.
  • 5 sendok makan sirup bisa juga diganti dengan sirup diet.
  • ¼ sendok teh garam juga menjadi bahan membuat minuman Lidah Buaya yang tak boleh digantikan.
  • 2 lembar Daun Pandan untuk menyegarkan aroma Lidah Buaya ini.
  • Air secukupnya sesuai dengan selera.
  • Es batu merupakan bahan membuat minuman Lidah Buaya yang bersifat opsional. Namun kesan segar tentu sulit didapat tanpa adanya bahan yang satu ini.

Itulah tadi beberapa bahan membuat minuman Lidah Buaya yang perlu anda persiapkan sebelum membuat minuman berbahan dasar Lidah Buaya. Bahan-bahannya tak terlalu banyak dan cukup mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Bahan-bahan tersebut tentunya bukan patokan khusus karena Anda pun bisa menambahkan bahan lain ke dalamnya jika menginginkan minuman yang lebih kaya rasa. Nah, setelah mengetahui daftar bahan membuat minuman Lidah Buaya, kini saatnya Anda mengetahui tentang bagaimana cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman yang lezat.

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Yang Sehat

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Berikut ini adalah cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ala Jelas.id:

  1. Cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman yang pertama, kupas terlebih dahulu Lidah Buaya untuk memisahkan daging dari kulit dan durinya. Setelah itu, cuci bersih dagingnya hingga seluruh lendir yang ada pada daging tersebut hilang. Rendam daging Lidah Buaya dengan air yang sudah diberi garam selama kurang lebih 20 menit.
  2. cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman yang selanjutnya adalah dengan mencuci daging Lidah Buaya dengan air mengalir dan potonglah daging tersebut menjadi bentuk dadu dan bilas dengan air sekali lagi.
  3. Panaskan kurang lebih 500 ml air dan biarkan hingga mendidih. Lalu, masukkan 1 lembar daun pandan ke dalam air yang mendidih itu untuk membantu menghilangkan aroma khas dari Lidah Buaya. Lanjutkan cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ini dengan memasukkan potongan Lidah Buaya berbentuk dadu ke dalam panci yang berisi air mendidih tersebut. Masak dalam waktu kurang lebih 5 menit dengan memakai api yang kecil saja.
  4. Setelah 5 menit, angkat potongan Lidah Buaya dan tiriskan sebentar. Rebus sekitar 500 ml air lagi dengan memakai wadah yang berbeda. Tambahkan gula dan 1 lembar daun pandan ke dalam air rebusan itu, kemudian aduk agar tercampur dengan rata. Ketepatan waktu dalam tahap ini sangat berpengaruh terhadap hasil dari cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ini lho.
  5. Masukkan potongan Lidah Buaya yang sudah ditiriskan tadi ke air rebusan kedua dan masak kurang lebih 3 menit dengan memakai api sedang.
  6. Dinginkan potongan Lidah Buaya tersebut sebentar. Letakkan dalam gelas atau mangkuk saji dan tambahkan sirup beserta es batunya. Jika dirasa masih kurang manis, Anda pun bisa menambahkan madu ke dalamnya.
  7. Tuangkan air secukupnya dan es Lidah Buaya bisa segera disajikan dan selesailah sudah cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ala Jelas.id ini.

Itulah cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman ala Jelas.id. Cara pengolahan di atas merupakan salah satu resep untuk membuat minuman dari Lidah Buaya yang cukup simpel yaitu dengan dijadikan sebagai es Lidah Buaya. Resep di atas bisa menjadi pilihan yang cocok untuk membuat minuman segar pada siang hari dan tentunya menyehatkan karena dibuat dengan memakai bahan dasar Lidah Buaya. cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman tersebut di atas juga bisa Anda modifikasi sesuai selera Anda.

Cara Mengolah Lidah Buaya Jadi Minuman

Bagaimana cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman di atas, tertarik untuk membuatnya? Jika Anda mengikuti cara mengolah Lidah Buaya yang Jelas.id telah berikan dengan benar, maka anda bisa membuat resep minuman berbahan Lidah Buaya yang lezat di rumah. Selain itu, anda tak perlu khawatir lagi dengan bau Lidah Buaya yang akan membuat minuman Anda terasa tidak enak. Nah, itu tadi informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang bagaimana cara mengolah Lidah Buaya menjadi minuman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.