jelas

Cara Mengobati Sariawan dan Penyebabnya

Cara Mengobati Sariawan – Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sariawan. Perlu diketahui bahwa sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang pada rongga mulut seseorang, khususnya pada bagian pipi dalam, lidah, lidah bagian bawah, tenggorokan, bibir dalam atau pada bagian gusi pada mulut. Di samping itu, dalam dunia kedokteran sendiri sariawan dikenal dengan sebutan Stomatitis, yaitu sebuah keadaan di mana mulut seseorang mengalami peradangan pada daerah mukosa dan akan terasa sangat perih sekali ketika memakan setiap makanan, terutama makanan pedas dan asam. Sehingga, tak sedikit orang yang mengalami gejala sariawan ini menjadi kehilangan nafsu makannya. Dengan demikian, tak heran jika banyak orang yang mengalami sariawan ini, tentunya bakal mencari cara mengobati sariawan yang bertengger di dalam mulutnya tersebut. Namun, tak sedikit juga orang yang merasa kecewa dengan obat-obatan yang dibeli. Pasalnya, ada juga yang cocok tetapi ada pula yang justru sariawannya semakin bertambah parah. Di sisi lain, sebenarnya masih ada beberapa cara mengobati sariawan secara sederhana dan cenderung alami. Terkait hal tersebut, alam pembahasan kali ini, Jelas.id akan memaparkan tentang bagaimana cara mengobati sariawan secara alami dan mudah.

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan

Akan tetapi, sebelum Jelas.id membahas lebih jauh tentang cara mengobati sariawan, Jelas.id ingin sedikit memberikan sebuah paparan mengenai beberapa penyebab dari timbulnya sariawan ini. Sebenarnya, banyak sekali penyebab atau faktor timbulnya sariawan. Namun, secara umum banyak yang menyebutkan bahwa sariawan disebabkan oleh kurangnya vitamin B12, vitamin C, dan zat besi. Selain itu, sariawan juga bisa disebabkan karena penggunaan pasta gigi atau obat kumur yang tidak cocok dengan mulut Anda yang menimbulkan iritasi atau bahkan bisa juga infeksi pada gusi. Di samping itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas pun juga bisa mendorong timbulnya sariawan. Bahkan, tak jarang juga ketika salah satu bagian pada rongga mulut tergigit pun bisa menyebabkan luka yang kemudian menjadi sariawan. Nah, sebelum membahas tentang cara mengobati sariawan, pertama-tama Jelas.id akan menjelaskan beberapa penyebab sariawan secara detail pada beberapa segmen berikut ini:

Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan

  1. Penyebab sariawan yang utama yaitu kurangnya asupan vitamin B12, vitamin C, dan zat besi. Sebab, ketiga asupan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk memelihara daya tahan tubuh, termasuk ketika sedang mengalami luka.
  2. Kemudian, tergigitnya mulut secara tidak sengaja pun juga bisa menjadi penyebab sariawan karena luka gigitannya.
  3. Selain itu, penyebab sariawan pun juga bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, seperti keripik pedas, sambal, gorengan, sayuran pedas, dan makanan sejenis lainnya yang tergolong pedas dan asam.
  4. Hal yang terkadang tak pernah disangka sebagai penyebab sariawan ialah penggunaan pasta gigi atau obat kumur. Terkadang tak sedikit orang yang beranggapan bahwa dengan menggunakan pasta gigi dan obat kumur bisa menyembuhkan sariawan. Padahal, justru penggunaan pasta gigi maupun obat kumur yang tidak cocok bisa menyebabkan iritasi sehingga timbul infeksi atau luka pada gusi dan akhirnya menyebabkan sariawan.
  5. Di sisi lain, kurang dijaganya kebersihan mulut dan gigi pun juga bisa menjadi salah satu masalah penyebab sariawan, terutama setelah makan. Pasalnya, tak menutup kemungkinan ada bakteri atau kuman yang bisa menjangkiti daerah mulut, khususnya gusi sehingga menyebabkan infeksi pada mulut.
  6. Bahkan, karena benturan yang mengenai mulut pun tak jarang bisa menimbulkan luka sehingga luka tersebut jika didiamkan akan menjadi penyebab sariawan.
  7. Satu hal lagi penyebab sariawan yaitu stres. Beban pikiran akan memicu menurunnya daya tahan tubuh sehingga bisa menimbulkan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan

Jika kita melihat beberapa penyebab sariawan, kini waktunya bagi Jelas.id untuk memaparkan tips tentang cara mengobati sariawan yang aman dan baik. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan dengan metode yang sederhana yang sederhana dan tanpa biaya yang mahal. Bahkan, bisa dibilang cara mengobati sariawan yang akan Jelas.id bagikan ini pun tergolong mudah untuk dilakukan di rumah dan tidak membahayakan sebab cara mengobati sariawan yang akan disampaikan ini cenderung menerapkan cara yang alami dan tanpa efek samping. Di sisi lain, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan, yaitu perbanyaklah mengkonsumsi vitamin C, bersihkan mulut secara teratur dengan menggunakan pasta gigi yang cocok, dan kurangi makanan pedas. Namun, jika Anda sudah terlanjur mengalami sariawan, kali ini Jelas.id akan menguraikan berbagai macam tips mengenai cara mengobati sariawan, antara lain :

  1. Cara mengobati sariawan yang pertama yaitu berkumur dengan air garam. Kandungan yang ada dalam garam diketahui bisa menarik cairan luka sariawan sehingga proses penyembuhan pun akan semakin cepat. Bahkan, bakteri yang ada dalam rongga mulut pun bisa ikut keluar. Caranya yaitu siapkan air hangat dalam satu gelas dan tambahkan 3 sendok garam lalu digunakan untuk berkumur selama beberapa menit.
  2. Cara mengobati sariawan berikutnya yaitu sering lah untuk minum air putih. Hal ini cukup sederhana untuk dilakukan sebab dengan meminum air putih maka mulut tidak kering. Pasalnya, mulut yang kering akan mempermudah bakteri masuk dan berkembang biak dalam mulut.
  3. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bawang dan pepaya. Caranya, potonglah bawang atau pepaya tersebut lalu dioleskan langsung tepat pada luka sariawannya. Kedua buah ini diketahui bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.
  4. Cara mengobati sariawan juga bisa menggunakan campuran baking soda dengan air hangat. Baking soda ini termasuk bahan yang sangat efektif untuk membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut dan mengurangi rasa sakit.
  5. Konsumsilah madu secara rutin. Kandungan dalam madu ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan menyembuhkan sariawan di mulut  Anda.
  6. Yang terakhir yaitu konsumsilah vitamin B12, vitamin C dan zat besi serta asam folat yang terkandung pada buah secara rutin, seperti jeruk.

Cara Mengobati Sariawan dengan Mudah

Bagaimana menurut Anda? Cukup simple kan? Setelah mengetahui tips tentang cara mengobati sariawan tersebut, tentunya Anda sekarang tak perlu lagi repot-repot untuk membeli obat yang bisa jadi kurang cocok. Justru Anda bisa menggunakan tips yang Jelas.id bagikan mengenai cara mengobati sariawan secara alami dan mudah diterapkan di rumah. Apabila beberapa tips tersebut dilakukan dengan baik dan dilakukan secara rutin, tentunya sangat dimungkinkan sekali bahwa masalah sariawan yang mengganggu Anda pun akan cepat teratasi dan akan cepat sembuh. Demikian ulasan yang Jelas.id sampaikan mengenai penyebab sariawan serta cara mengobati sariawan. Sekian dan terimakasih.