jelas

Cara Mengobati Sakit Gigi dan Penyebabnya

Cara Mengobati Sakit Gigi dan Penyebab Sakit Gigi – Hampir semua orang sudah pernah merasakan sakit gigi. Penyakit satu ini adalah penyakit yang banyak disebabkan oleh adanya gigi berlubang. Apa sih yang menyebabkan gigi berlubang sehingga menimbulkan rasa sakit tak tertahankan? Nah, untuk hal ini perlu diketahui bahwa di dalam gigi terdapat bagian yang namanya pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, dan saraf-saraf yang sensitif. Penyebab sakit gigi sendiri, biasanya terjadi jika pulpa mengalami peradangan. Bahkan, terkadang peradangan tersebut terjadi cukup parah, sehingga menyebabkan munculnya rasa ngilu, nyeri dan bahkan bengkak di sekitar area gigi. Rupanya peradangan pada pulpa tersebut juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti penumpukan nanah di bagian dasar gigi akibat terinfeksi bakteri, gigi retak, penyusutan gusi, kerusakan gigi yang menyebabkan lubang, rusaknya tambalan, dan adanya gigi terjepit antara gigi lainnya ketika tumbuh. Selain sakit pada bagian sekitar gigi, yang membuat semakin tersiksa adalah, mereka penderita sakit gigi juga akan merasakan gejala lainnya yang mengganggu seperti sakit kepala bahkan hingga demam juga pembengkakan dan tentu susah untuk mengunyah makanan. Hal tersebut akhirnya mendorong orang dari beratus-ratus tahun yang lalu untuk menemukan cara mengobati sakit gigi yang paling efektif secara ilmiah. Berikut Jelas.id rangkum cara mengobati sakit gigi yang tepat untuk anda yang sedang sakit gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara mengobati sakit gigi sebenarnya tergantung pada tingkat keparahannya. Rasa sakit yang diderita setiap orang yang sakit gigi cukup bervariasi dengan tingkat keparahaan yang ringan hingga berat. Dan jika melihat dari kemunculannya, nyeri tersebut bisa juga timbul dan hilang secara terus menerus (konstan) atau berulang-ulang. Memang sakit gigi adalah penyakit yang paling menyiksa. Namun, Anda tak perlu terlalu cemas karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Kali ini, Jelas.id akan memberi beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami akibat gigi berlubang. Untuk pengobatan secara alami ini, hanya memerlukan beberapa bahan yang ada di sekitar kita. Pembuatan ramuannya juga tidak sulit, jadi untuk perawatannya mudah dan murah serta bisa dilakukan kapan saja dibutuhkan. Mengapa Jelas.id memilih pengobatan alami? Ya, karena dengan obat alami ini tentu saja tidak ada efek samping dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk wanita hamil. Seperti kita ketahui, wanita hamil dan penderita penyakit tertentu terkadang dilarang untuk mengkonsumsi sembarang obat-obatan berbahan kimia. Karenanya, dirasa cara mengobati sakit gigi ala Jelas.id ini dapat membantu untuk menyembuhkan gejala dini.

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum membahas cara mengobati sakit gigi tersebut, ada baiknya kita memahami penyebab sakit gigi. Selain gigi berlubang, masih ada banyak penyebab sakit gigi. Beberapa penyebab yang Jelas.id berhasil rangkum dijelaskan sebagai berikut:

  • Siapa sangka jika penyebab sakit gigi bisa berasal dari proses menyikat gigi. Kebanyakan orang menganggap remeh cara menyikat gigi, namun rupanya salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah menyikatnya dengan memutar-mutar dan diusahakan tidak ada sisa makanan yang terselip di sela gigi. Selain itu, untuk durasinya, menyikat gigi yang baik adalah antara 1-2 menit.
  • Selanjutnya, penyebab sakit gigi yang sudah sering dibicarakan tentu karena jarang menyikat gigi. Menurut rekomendasi pakar, menyikat gigi juga harus rutin dilakukan. Minimal menyikat gigi adalah dua kali sehari. Hal ini, untuk menghindari adanya kerusakan gigi akibat lapisan-lapisan gigi yang rapuh akibat jarang dibersihkan. Untuk waktu yang paling tepat, menyikat gigi adalah 15 menit sebelum makan dan setelah bangun tidur.
  • Penyebab sakit gigi yang sudah hampir dapat dipastikan adalah karena makanan terlalu manis. Siapa sih yang enggak suka makanan manis? Namun, dibalik manisnya makanan tersebut rupanya tersembunyi zat jahat yang menyebabkan gigi berlubang. Jadi, usahakan setelah mengkonsumsi makanan manis gigi dibersihkan sehingga tak ada yang tertimbun di sela-sela gigi Anda.

Cara Mengobati Sakit Gigi Anda

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi memang banyak macamnya. Kali ini Jelas.id hanya akan menjelaskan beberapa macam cara saja untuk pertolongan pertama di rumah, diantaranya adalah :

  • Cara mengobati sakit gigi yang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang adalah dengan menggunakan garam. Di balik rasanya yang asin dan tidak enak, air garam ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai obat sakit gigi alami. Seperti diketahui, garam memiliki kandungan yodium tinggi yang dapat meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bahkan, dengan penggunaan rutin, garam ini bisa membantu membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi. Berikut adalah cara mengobati sakit gigi menggunakan air garam:
    1. Siapkan garam sebanyak 3-4 sendok makan
    2. Larutkan garam dengan segelas air hangat
    3. Aduk hingga garam dan air bisa larut secara sempurna, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih satu menit.

Catatan :

  • Cara mengobati sakit gigi ini tidak dianjurkan dengan mengunyah garam secara langsung karena penyebaran yodium tidak akan sampai pada sela-sela gigi.
  • Hentikan pemakaian jika sakit gigi telah sembuh, karena penggunaan garam secara berlebihan menyebabkan gigi keropos.
  • Cara mengobati sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Seperti kita ketahui, bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang hampir tak pernah terlewatkan ketika memasak. Bawang putih ini memiliki kandungan antiseptik tinggi, dan kandungan inilah yang akan membantu membunuh segala jenis kuman penyebab radang di area gigi berlubang. Berikut adalah cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih.
    1. Sediakan 1-2 siung bawang putih
    2. Kupas bawang putih lalu ditumbuk atau dihaluskan
    3. Tempelkan pada area gigi yang sakit selama 10 menit
    4. Untuk hasil maksimal, bisa juga ditambahkan garam halus
    5. Setelah 10 menit, berkumurlah dengan menggunakan air hangat dan lihat hasil dari cara mengobati sakit gigi dengan metode ini.

Catatan : Penggunaan bawang putih bisa diganti dengan bawang merah, karena keduanya memiliki kandungan yang sama

  • Siapa sangka jika jeruk nipis masuk dalam salah satu cara mengobati sakit gigi? Selain bisa dimanfaatkan untuk bumbu masak, membuat minuman segar dan masker wajah, rupanya jeruk nipif juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Buah yang rasanya asam ini juga mnegandung zat antibiotic alami yang dapat meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri. Di bawah ini adalah cara mengobati sakit gigi dengan jeruk nipis yang dapat kamu gunakan.
    1. Sediakan 1 jeruk nipis yang masih segar, potong menjadi dua bagian
    2. Peras jeruk nipis, ambil sarinya tambahkan satu sendok makan garam
    3. Larutkan dan oleskan pada area gigi yang sakit selama 10-15 menit
    4. Selanjutnya, cara mengobati sakit gigi dengan jeruk nipis ini dilakukan dengan berkumur air hangat untuk mengilangkan sisa jeruk nipis tadi.
3 Penyebab Sakit Gigi

3 Penyebab Sakit Gigi

Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, ada juga alternatif cara mengobati sakit gigi, seperti meminum obat sakit gigi atau penghilang rasa nyeri (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen, bisa menggunakan obat sakit gigi topical yaitu obat sakit gigi yang berbentuk gel atau cair yang bisa diaplikasikan langsung pada gigi yang sakit atau kompres dengan air dingin. Jika gejala sakit gigi semakin parah, sebaiknya segera tindak lanjut ke Dokter karena cara mengobati sakit gigi ini hanya bersifat pengobatan darurat di rumah.

Demikian cara mengobati sakit gigi secara alami yang Jelas.id sampaikan! Sangat mudah, bukan? 3 cara pengobatan sakit gigi secara alami ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama saat Anda mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang. So, inilah beberapa tips yang semoga bisa membantu. Semoga cara mengobati sakit gigi ini dapat mengurangi rasa sakitnya ya!