jelas

Cara Mengobati Perut Kembung dan Penyebabnya

Cara Mengobati Perut Kembung – Sebelum jauh membahas tentang bagaimana cara mengobati perut kembung, Jelas.id ingin memberikan sedikit ulasan terkait perut kembung. Masalah perut kembung, pastinya hampir dialami oleh setiap orang. Perut kembung ini biasanya terjadi ketika perut Anda merasa penuh dan sesak. Tentu saja hal tersebut membuat banyak orang ingin mengetahui cara mengobati perut kembung. Bahkan, gejala perut kembung umumnya disertai dengan gejala seperti sering kentut, bersendawa, dan perut terasa seperti menampung banyak beban sehingga membuat setiap orang yang mengalami masalah tersebut akan merasa malu dan tak percaya diri. Lantas, bagaimana sih cara mengobati perut kembung? Jangan kahwatir, Jelas.id akan membagikan infonya kepada Anda semua.

Cara Mengobati Perut Kembung

Cara Mengobati Perut Kembung

Namun, untuk mengawali pembahasan tentang bagaimana cara mengobati perut kembung, Jelas.id akan memberikan beberapa uraian mengenai penyebab perut kembung. Perlu diketahui bahwa menurut ilmu kedokteran, penyebab utama perut kembung yaitu adanya gangguan pada kinerja lambung dan limpa di mana biasanya terjadi akibat makanan yang Anda konsumsi. Akan tetapi jika Anda ingin mengetahui cara mengobati perut kembung, perlu diketahui juga bahwa selain penyebab tersebut, masih ada lagi beberapa penyebab perut kembung yang dialami seseorang. Oleh sebab itu, perlunya mengetahui beberapa penyebab masalah perut kembung menjadi salah satu hal yang sangat perlu untuk dipahami sebagai salah satu langkah atau cara mengobati perut kembung. Apa saja penyebabnya? Berikut Jelas.id akan jelaskan beberapa penyebab masalahnya.

Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Penyebab Perut Kembung

Berikut ini uraian mengenai beberapa penyebab perut kembung yang perlu diketahui, antara lain :

  1. Penyebab perut kembung yang pertama yaitu salah makan atau mengkonsumsi makanan atau pun minuman yang menghasilkan gas. Berikut beberapa makanan yang menghasilkan gas :
  2. Sayuran, Kol, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, biji-bijian utuh.
  3. Gorengan atau makanan berlemak.
  4. Sereal atau roti atau jenis makanan serupa yang mengandung laktosa.
  5. Minuman bersoda.
  6. Pemanis buatan dan gula.
  7. Buah-buahan seperti apel, melon, dan pisang.
  8. Adanya udara yang terlalu banyak masuk dalam tubuh juga menjadi penyebab perut kembung. Umumnya, tubuh akan meresponnya dengan sering kentut dan bersendawa sebagai bentuk respon untuk mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Biasanya, udara bisa masuk dalam tubuh dikarenakan beberapa alasan, seperti makanan dan minum yang terlalu cepat, sering berbicara ketika sedang makan, mengunyah permen karet atau menghisap permen, merokok dan sering mengkonsumsi minuman bersoda.
  9. Sering begadang dan keluar malam juga menjadi salah satu penyebab perut kembung. Jika Anda sering melakukan kedua hal tersebut, tentu akan banyak angin yang masuk ke dalam lambung Anda melalui pori-pori. Maka dari itu, hidari kebiasaan begadang dan keluar malam. Jikalau memang terpkasa, gunakan jaket tebal untuk menghindari serta mencegah udara atau angin masuk kedalam lambung.
  10. Selain itu, ada juga penyebab perut kembung yang diakibatkan karena beberapa kondisi lainnya. Di antaranya yaitu sedang mengalami masa kehamilan, berat badan berlebih (over weight), adanya siklus perubahan hormon pra menstruasi pada wanita, dan sering merasa cemas atau stress.

Dengan mengetahui serta memahami ketiga penyebab perut kembung yang telah Jelas.id uraikan dan jelaskan di atas, tentu Anda bisa lebih mengantisipasi untuk mencegah masalah perut kembung ini. Selain itu, dari penjelasan di atas penyebab umum yang paling sering terjadi yaitu karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang menghasilkan gas. Di samping itu, terlalu sering begadang dan keluar rumah pun menjadi penyebab seseorang mengalami masalah ini. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan tersebut. Selanjutnya Jelas.id akan menguraikan cara mengobati perut kembung.

Penyebab Perut Kembung

Cara Mengobati Perut Kembung

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kini saatnya Jelas.id menjelaskan cara mengobati perut kembung. Berikut penjelasannya :

  1. Pertama, cara mengobati perut kembung bisa dilakukan dengan menambah jumlah cairan dalam tubuh, yaitu dengan rajin mengkonsumsi air putih. Mungkin, banyak orang yang beranggapan terlalu banyak minum air putih akan menyebabkan kembung, padahal tidak sama sekali. Malah justru sebaliknya, dengan menambah volume air yang diminum, tentu akan mampu mengatasi perut kembung tersebut.
  2. Mengatur porsi makan dan mengunyahnya secara perlahan.
  3. Mengurangi konsumsi makanan yang menghasilkan gas. Langkah ini dinilai efektif sebagai cara mengobati perut kembung. Dengan demikian, Anda harus membatasi dan mengontrol jumlah konsumsi beberapa makanan yang menghasilkan gas tersebut.
  4. Selain itu, rajin berolah raga secara rutin pun akan membantu tubuh dalam proses pembuangan gas berlebih yang terdapat di lambung Anda. Pasalnya, dengan gerak tubuh yang aktif maka secara tak langsung gas akan keluar melalui pori-pori bersamaan dengan keringat.
  5. Jika langkah di atas masih juga belum mampu mengatasi masalah perut kembung, maka cara mengobati perut kembung juga bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi beberapa obat yang bisa dibeli di apotek. Beberapa obat untuk mengatasi perut kembung antara lain :
    • Alpha D-galactosidase. Obat ini akan membantu lambung dalam menguraikan atau mencerna beberapa makanan yang menghasilkan gas, seperti kacang-kacangan dan sayur-sayuran.
    • Simethicone. Nah, obat ini juga akan membantu tubuh dalam untuk meringankan atau mengurangi jumlah gas yang terlalui banyak dalam sistem pencernaan.
    • Dan yang terakhir yaitu suplemen lactase. Suplemen enzim laktase ini diketahui sangat efektif mencerna laktosa dalam tubuh. Suplemen ini akan membantu bagi yang menderita intoleransi laktosa.

Nah, dari beberapa langkah cara mengobati perut kembung yang telah Jelas.id uraikan di atas, cara yang paling mudah yaitu dengan meningkatkan aktivitas gerak atau berolah raga. Pasalnya, dengan rutin gerak dan berolah raga maka kelebihan gas yang terkandung dalam lambung akan keluar bersaman dengan keringat. Selain itu, cara mengobati perut kembung lain yang dinilai efektif untuk mengatasi perut kembung yaitu dengan mengkonsumsi beberapa obat di atas yang bisa dibeli di apotek. Namun, perlu diingat bahwa meski efektif akan tetapi Anda harus membatasi penggunaan obat-obat tersebut mengingat efek samping yang akan ditimbulkannya.

Cara Mengobati Perut Kembung Dengan Mudah

Nah, bagaimana kawan? Tak terlalu sulit bukan? Nah, dari beberapa uraian di atas, mulai dari penyebab perut kembung dan cara mengobati perut kembung di atas, tentu bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun, jika beberapa cara di atas masih saja kurang efektif maka Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui diagnosa secara lebih jelas. Itulah tadi ulasan mengenai cara mengobati perut kembung yang telah Jelas.id sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.