jelas

Cara Mengobati Keputihan dan Penyebabnya

Cara Mengobati Keputihan – Sebenarnya, gejala keputihan merupakan hal yang wajar dan hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Meskipun bukan tergolong suatu gejala penyakit namun keputihan ini sebenarnya merupakan suatu tanda dari adanya sedikit masalah di dalam organ intim seorang wanita. Keputihan atau dalam ilmu kedokteran disebut dengan flour albus diketahui merupakan suatu keadaan di mana keluarnya cairan yang mirip lendir dari dalam organ intim wanita. Cairan yang keluar tersebut bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, virus bahkan parasite. Apabila keadaan ini didiamkan begitu saja, justru bisa menimbulkan peradangan pada saluran kencing sehingga akan timbul rasa perih ketika buang air kecil. Selain itu, tak sedikit kaum hawa yang merasa tidak nyaman ketika mereka sedang mengalami keputihan. Pasalnya, ketika keputihan ini dialami oleh para wanita maka tak sedikit mereka yang mengeluhkan akan rasa gatal dan panas di sekitar organ intim sehingga akan menyebabkan aktivitas mereka terganggu. Oleh sebab itu, banyak sekali kaum hawa yang mencari cara mengobati keputihan, baik menggunakan obat kimia, ramuan tradisional, bahkan sabun khusus keputihan. Namun, ada baiknya jika cara mengobati keputihan dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang tanpa efek samping dan mudah dilakukan di rumah seperti yang akan Jelas.id utarakan pada pembahasan ini.

Cara Mengobati Keputihan

Cara Mengobati Keputihan

Sebelum jauh membahas mengenai cara mengobati keputihan, Jelas.id ingin memberikan paparan terkait penyebab dari keputihan. Hal ini dirasa penting agar Anda mengetahui penyebabnya dan bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Sebagaimana yang diketahui, penyebab utama gejala keputihan pada wanita ini secara umum dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan pada daerah kewanitaan. Sehingga, memancing kuman atau bakteri masuk dalam vagina dan mendorong tumbuhnya jamur. Selain itu, organ intim yang terlalu lembap pun juga mendorong pertumbuhan jamur. Bahkan, jika Anda sering mengganti pembalut pun juga bisa menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap timbulnya gejala keputihan ini. Nah, sebelum membahas cara mengobati keputihan, ada baiknya untuk menyimak dulu penyebab keputihan di bawah ini.

Penyebab Keputihan

Penyebab Keputihan

  1. Penyebab keputihan yang utama yaitu disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan pada daerah organ intim wanita. Sehingga akan memancing pertumbuhan jamur, virus, atau bakteri jahat yang akan menimbulkan infeksi.
  2. Organ intim yang lembap pun juga bisa menjadi salah satu faktor menunjang pertumbuhan jamur. Sehingga, untuk mencegahnya, Anda harus mengurangi penggunaan celana ketat yang bisa menimbulkan keringat di daerah organ intim wanita.
  3. Penyebab keputihan selanjutnya adalah karena tidak mengganti pembalut selama menstruasi lebih dari 3 jam maka hal itu harus dihindari. Pasalnya, ketika menstruasi tentunya kelembapan pada daerah sekitar organ intim kaum hawa ini akan meningkat sehingga pengantian pembalut dalam jangka waktu yang tidak lama bisa menjadi alternatif sebagai tindakan pencegahan keputihan.
  4. Apabila Anda ingin membasuh atau membersihkan vagina maka ada baiknya basuhlah bibir luar vaginanya saja, bukan masuk ke dalam vaginanya. Jika membasuh hingga airnya masuk ke dalam, dikhawatirkan justru akan memancing tingkat kelembapannya semakin tinggi yang menjadi penyebab keputihan.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Cara Mengobati Keputihan

Berkaitan dengan cara mengobati keputihan, perlu diingat baik-baik bahwa penyebab keputihan adalah kurangnya kebersihan pada area sekitar organ intim. Maka dari itu, sangat perlu dilakukan tindakan pencegahan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan sesuai dengan cara yang baik dan benar. Akan tetapi, jika memang sudah terlanjur mengalami gejala keputihan, jangan khawatir. Pasalnya, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi terkait cara mengobati keputihan secara alami dan aman. Bahkan, cara yang akan dijelaskan kali ini pun cukup mudah diterapkan di rumah. Nah, berkaitan dengan itu, mari kita simak bersama beberapa tips atau cara mengobati keputihan pada uraian berikut ini :

  1. Cara mengobati keputihan secara alami dan aman yaitu dengan menggunakan bahan alami, seperti daun sirih. Tanaman ini dikenal cukup ampuh dalam mengobati keputihan pada wanita mengingat kandungan gula, kavikol, minyak atsiri, seskuiterpen yang ada di dalamnya bisa menjadi pembasmi jamur atau bakteri penyebab keputihan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus daun sirih tersebut hingga air rebusan berwarna sedikit kemerahan, Setelah itu, tunggu sampai air rebusan tadi terasa hangat suam-suam kuku. Setelah itu, rebusan tersebut bisa digunakan untuk membasuh vagina. Namun, perlu diketahui jangan terlalu sering membasuh vagina Anda dengan air rebusan daun sirih sebab jika terlalu sering justru bisa membunuh bakteri yang baik. Alangkah lebih baiknya jika lakukan cara mengobati keputihan dengan sirih hanya diterapkan 3 kali dalam seminggu.
  2. Cara mengobati keputihan selanjutnya dapat menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibiotik alami. Untuk mengatasi bakteri pada organ intim kewanitaan sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih sebagai sumber suplemen serta menggunakan ekstrak dari bawang putih sekitar 400 mg sebanyak dua hingga tiga kali di dalam satu hari. Ini sangat berguna mengganti antibiotik guna mengatasi bakteri pada organ kewanitaan. Akan tetapi Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada paramedis sebelum mempraktikan cara mengobati keputihan dengan ramuan ini.
  3. Selama proses pengobatan, Jelas.id sangat menyarankan Anda untuk selalu menghindari penggunaan cairan pembersih vagina. Pasalnya, pada cairan pembersih vagina ini justru banyak mengandung bahan kimia yang bisa merusak Ph murni.
  4. Satu hal lagi yang penting dalam cara mengobati keputihan adalah dengan menjaga kebersihan pakaian luar dan dalam. Hal ini seperti sepele namun sangat penting dalam proses mengobati keputihan. Selain itu, sangat disarankan untuk selalu menggunakan pakaian yang longgar, terutama pada celana dalam supaya vagina tidak lembap.

Cara Mengobati Keputihan dengan Mudah

Jika beberapa langkah atau cara mengobati keputihan secara alami dan sederhana itu dilakukan secara rutin, bisa dipastikan jika Anda mengalami gejala keputihan maka akan sembuh dengan cepat. Selain itu, beberapa cara mengobati keputihan yang Jelas.id paparkan di atas tersebut bisa dilakukan juga sebagai tindakan pencegahan. Itulah tadi ulasan mengenai cara mengobati keputihan yang Jelas.id sampaikan kepada Anda. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.