jelas

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebab Masalahnya

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebab Gusi Bengkak – Gusi bengkak umum dialami oleh hampir dialami oleh setiap orang yang biasa ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Gusi bengkak atau disebut dengan Gingivitis ini umumnya merupakan sebuah penyakit peradangan dan infeksi pada jaringan gusi di mana sumber infeksi tersebut berasal dari bakteri yang masuk ke dalam rongga mulut dan sangat mengganggu aktivitas kita sehingga membuat Anda yang mungkin sedang mengalaminya merasa tidak nyaman sepanjang hari. Maka, tak mengherankan jika sekarang ini banyak sekali produk yang dijual di pasaran sebagai obat untuk mengatasi atau menyembuhkan gusi bengkak tersebut. Namun, perlu diketahui dan dicermati bahwa tidak semua obat itu cocok dan aman untuk dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang aman? Sebenarnya ada tips yang bermanfaat tentang bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Nah, terkait hal tersebut, kali ini Jelas.id akan membagikan tips mengenai bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang baik dan aman.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Namun, sebelum menginjak jauh pada pembahasan mengenai cara mengobati gusi bengkak, Jelas.id akan mengajak Anda untuk menilik apa sih penyebab umum dari gusi bengkak. Seperti yang sudah diuraikan di atas bahwa penyebab utama dari gusi bengkak yaitu perdagangan atau infeksi gusi yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada plak kemudian menginfeksi jaringan gigi sehingga dapat menyebabkan infeksi pada gigi yang membuat gusi bengkak, kemerahan, sakit dan mudah berdarah. Selain itu, ada juga beberapa keadaan di mana gejalanya tak hanya karena bakteri melainkan juga kehamilan, kurang gizi dan vitamin C, pemasangan gigi palsu yang tidak tepat bahkan penggunaan pasta gigi yang tak cocok pun bisa menyebabkan gusi bengkak. Tentunya, hal-hal tersebut tidak diinginkan oleh setiap orang. Namun, bagi Anda yang mungkin sudah terlanjur mengalami gusi bengkak, tentunya membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang baik dan aman. Jangan khawatir, kali ini Jelas.id akan membagikan informasi terkait cara mengobati gusi bengkak. Tetapi, alangkah lebih baiknya kita akan membahas penyebab dari penyakit gusi bengkak terlebih dahulu. Berikut ini penyebab gusi bengkak :

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab Gusi Bengkak

  1. Penyebab gusi bengkak yang utama adalah menumpuknya plak pada gigi di mana plak yang dikenal sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika seseorang sedang makan atau minum. Plak ini diketahui mengandung banyak sekali bakteri yang sebagian besar di antaranya bisa mengganggu kesehatan gusi.
  2. Mal nutrisi atau kurangnya asupan vitamin, terutama vitamin B dan C. Pasalnya, vitamin C sangat berpengaruh dan mendukung peran penting dalam pemeliharaan maupun perbaikan gigi serta gusi. Bahayanya jika kekurangan vitamin C ini, Anda justru akan mendorong berkembangnya penyakit Scurvy yang dapat menyebabkan anemia dan penyakit gusi.
  3. Hal yang sulit dipercaya, penyebab gusi bengkak juga bisa karena kehamilan. Sebab, hormon tubuh selama kehamilan berlangsung bisa meningkatkan aliran darah di gusi sehingga menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi.
  4. Gusi bengkak karena infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus sangat berpotensi menyebabkan gusi menjadi bengkak. Jika Anda memiliki herpes (virus), bisa menyebabkan kondisi yang disebut herpes akut gingivostomatitis, yang juga menyebabkan gusi bengkak. Oral Thrush, yang merupakan hasil dari pertumbuhan berlebihan jamur alami di dalam mulut (jamur candida), juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Benar

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab gusi bengkak, kini saatnya waktu yang tepat bagi Jelas.id untuk memberikan info mengenai bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang aman dan tanpa efek samping. Sebenarnya, untuk mengatasi gusi bengkak ini cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. Bahkan, bisa dibilang tidak membahayakan mengingat cara yang akan disampaikan ini cenderung mengadopsi cara alami dalam mengobati gusi bengkak. Jika gusi bengkak belum terlalu parah, Anda pun bisa melakukan dengan menyikat gigi secara rutin. Namun, jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara mengobati gusi bengkak secara keseluruhan. Tak perlu berlama-lama, mari simak cara-cara yang Jelas.id uraikan berikut ini :

  1. Cara mengobati gusi bengkak yang pertama yaitu berkumur dengan menggunakan air garam. Cara ini tergolong sangat efektif untuk meredakan atau mengobati pembengkakan gusi. Hal tersebut dikarenakan dalam garam mengandung zat antiseptik yang mampu melawan kuman atau bakteri penyebab gusi bengkak tadi. Anda bisa berkumur menggunakan air garam ini 2-3 kali sehari yang dilanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih.
  2. Kemudian, cara berikutnya yaitu bisa menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan 10 lembar daun sirih dan campurkan kunyit serta garam secukupnya saja. Setelah ketiga bahan tersebut dipersiapkan, segera masukkan ke dalam 500 cc air dan rebus hingga mendidih. Setelah dirasa mendidih, saring airnya dan gunakan air yang sudah disaring tersebut untuk berkumur atau diminum.
  3. Cara mengobati gusi bengkak yang lebih dipercaya dapat menggunakan lada hitam dan minyak cengkih. Caranya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan mengoleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang bengkak tadi.
  4. Lalu, dengan melakukan pijatan gusi. Metode ini memang jarang dilakukan oleh sebagian besar orang namun jika dilakukan, pijatan gusi ini sangat bagus untuk mengurangi rasa sakit pada gusi. Caranya yaitu gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar. Namun, sebelum tangan digunakan untuk memijit, pastikan tangan Anda sudah bersih.
  5. Di sisi lain, hidrogen peroksida atau disebut dengan baking soda pun juga bisa dipakai sebagai alternatif cara mengobati gusi bengkak. Bahkan, bahan ini mampu mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya penyakit. Caranya pun cukup simple dan mudah kok yaitu digunakan dengan cara berkumur menggunakan baking soda ini.
  6. Yang terakhir yaitu rutin untuk selalu menyikat gigi. Dengan menyikat gigi secara rutin maka kebersihan gigi dan kesehatan gusi pun akan menjadi lebih terawat.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Tepat

Cukup mudah bukan? Keenam cara mengobati gusi bengkak yang Jelas.id sampaikan tersebut bisa Anda terapkan di rumah sebagai media alami dalam mengobati sakit gusi. Jika Anda memang tengah mengalami sakit gusi, tentunya beberapa tips dan cara mengobati gusi bengkak tersebut bisa dipilih salah satu sesuai dengan keadaan. Jika beberapa cara mengobati gusi bengkak di atas sudah dilakukan secara benar dan teratur, bisa dipastikan bahwa penyakit gusi berlubang ini akan hilang dengan sendirinya. Itulah penjelasan mengenai cara mengobati gusi bengkak yang telah Jelas.id sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.