jelas

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak dan Gejalanya

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak – Hai kawan. Kali ini Jelas.id akan membahas tentang bagaimana cara mengobati cacar air pada anak. Tapi tunggu dulu, sebelumnya perlu diketahui dulu apa sih cacar air itu? Sebenarnya, secara ilmu medis cacar air ini disebut juga dengan varisela yang disebabkan oleh virus yang bernama varicella zoster di mana pada umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. cara mengobati cacar air pada anak sebenarnya tergolong mudah namun, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa dan biasanya gejala yang muncul lebih berat daripada anak-anak. Akan tetapi, hampir semua orang yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi atau hanya sekali dalam seumur hidup. Nah, lantas bagaimana ya cara mengobati cacar air pada anak? Jangan khawatir, Jelas.id akan menjelaskan caranya.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

Seperti dengan yang sudah dikatakan di atas, cara mengobati cacar air pada anak yang disebabkan oleh virus ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Bisa dikatakan bahwa semua orang pasti mengalami penyakit ini sekali seumur hidup. Di samping itu, penularannya sangat cepat dan siapa saja yang belum mengalami cacar air ini akan dengan mudahnya tertular melalui kontak udara atau pakaian dan cairan yang mengenai kulit. Selain itu, cacar air ini ditandai dengan munculnya ruam pada kulit sebagai salah satu gejala utamanya. Jika sudah mulai muncul gejala tersebut cara mengobati cacar air pada anak ini tidak akan sesulit ketika ruam tersebut sudah  menjadi bintik merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada, perut, lengan, serta kaki. Lalu, kira-kira apa saja ya tanda dan gejala cacar air ini? Nah, sebelum jauh membahas mengenai cara mengobati cacar air pada anak maka Jelas.id juga akan menjelaskan beberapa gejala yang ditimbulkan pada anak yang mengalami cacar air.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami

Gejala dan Tanda Cacar Air

Ada beberapa gejala dan tanda cacar air yang dicirikan dengan beberapa tanda, antara lain :

  1. Gejala dan tanda cacar air yang pertama yaitu awalnya, anak akan demam dan cepat merasa pusing serta lesu. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.
  2. Selanjutnya, biasanya warna kemerahan pada kulit tersebut nantinya akan berubah menjadi bintik-bintik kecil berisi cairan yang lama-kelaman kian membesar dan mengakibatkan tubuh terasa sangat gatal.
  3. Selain itu, gejala dan tanda cacar air yang ditimbulkan pun akan ditandai dengan adanya pecahnya benjolan di mulut cepat pecah dan membentuk luka terbuka (ulkus), yang seringkali menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga bisa ditemukan di kelopak mata, saluran pernafasan bagian atas, rektum dan vagina. Papula pada pita suara dan saluran pernafasan atas kadang menyebabkan gangguan pernafasan.
  4. Pada umumnya, gejala dan tanda cacar air ini akan sembuh dengan sendirinya ketika memasuki minggu ke 3 atau ke 4 ditandai dengan mulai terpecahnya bintik-bintik tadi dan meninggalkan bekas ruam yang biasanya meninggalkan bercak hitam. Namun, lama-kelamaan bercak tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Beberapa gejala dan tanda cacar air di atas memang bisa dikatakan merupakan proses atau siklus cacar air. Umumnya, seorang anak yang mengalami penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya setelah melalui proses siklus selama 3 – 4 minggu sejak ditemukannya gejala tersebut. Namun, proses pengobatan juga perklu diterapkan meski penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Nah, untuk lebih jelasnya, menginjak segmen di bawah ini, Jelas.id akan menjelaskan cara mengobati cacar air pada anak.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Kecil

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak

Di bawah ini, beberapa langkah dalam cara mengobati cacar air pada anak. Di antaranya yaitu :

  1. Cara mengobati cacar air pada anak yang pertama yaitu dengan meningkatkan konsumsi air puith dan hindari makanan asin. Pencegahan dehidrasi bagi anak yang mengidap cacar air ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi atau menekan gejala yang ditimbulkan.
  2. Untuk mengurangi rasa gatal dan rasa terbakar maka bisa dilakukan pengompresan dengan air es. Atau bisa juga dengan menaburkan bedak salycil atau bedak lain yang mengandung mentol dan fenol ke seluruh tubuh.
  3. Ketika mandi, gunakan selalu sabun yang mengandung anti bakteri, seperti detol. Langkah ini juga merupakan cara mengobati cacar air pada anak yang cukup efektif guna menekan bakteri atau virus yang tersebar agar tak menular ke bagian tubuh lain.
  4. Rajin untuk mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin C dan vitmin E. Konsumsi vitamin C plasebo ataupun yang langsung dari buah-buahan segar seperti minum jeruk, juice jambu biji, juice tomat dan anggur. Vitamin E untuk kelembaban kulit bisa diperoleh dari placebo atau minuman dari lidah buaya, rumput laut dan alpukat.
  5. Nah, cara mengobati cacar air pada anak yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi beberapa obat, yaitu :
    • Obat antivirus acyclovir. Obat ini bisa meringankan gejala cacar air jika diberikan dalam kurun waktu 24 jam setelah ruam muncul. Acyclovir diketahui cukup efektif guna meringankan gejala-gejala cacar air.
    • Selain itu, cara mengobati cacar air pada anak juga bisa dilakukan dengan terapi immunoglobulin. Cara ini juga biasanya dianjurkan oleh para dokter di mana terapi ini varicella-zoster immunoglobulin (VZIG) yang mengandung antibodi untuk virus cacar air akan diberikan melalui infus.

Namun, perlu diingat bahwa jangan berikan aspirin kepada anak yang sedang menderita cacar air ini karena dapat menyebabkan sindrom Reye. Penyakit ini menyebabkan kerusakan serius pada otak dan hati. Selain itu, proses cara mengobati cacar air pada anak dengan rajin mengkonsumsi vitamin C dan E secara alami dinilai lebih efektif dan aman untuk dilakukan mengingat tak ada efek samping yang ditimbulkan. Akan tetapi, beberapa obat yang disebutkan di atas pun bisa menjadi slah satu alternatif yang cukup baik sebagai cara mengobati cacar air pada anak mengingat beberapa obat tersebut merupakan anjuran langsung dari dokter.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Bayi

Setelah mengetahui beberapa gejala dan cara mengobati cacar air pada anak, tentu Anda sekarang tak perlu kaget. Sebab, penyakit yang disebabakan oleh virus varicella zoster ini memang hampir setiap orang mengalaminya. Bahkan, umumnya usai sembuh dari penyakit ini maka seseorang akan memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit cacar air ini sehingga tak akan mnejangkiti lagi. Di sisi lain, konsultasi ke dokter pun menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi cacar air ini mengingat dokter akan selalu memberikan tips guna mengurangi atau mengatasi penyakit ini. Itulah tadi ulasan mengenai cara mengobati cacar air pada anak. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Terimakasih.