jelas

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat – Penyakit asam urat atau gout adalah fenomena yang sering juga terjadi di masyarakat. Penyakit ini bukanlah sebuah penyakit yang menular, namun sakit asam urat cukup membuat penderita atau mereka yang terserang asam urat merasa sangat tidak nyaman. Biasanya, asam urat akan menyerang pada mereka yang sudah mulai berumur atau lansia, tetapi juga tidak menutup kemungkinan yang mereka yang masih muda juga bisa terserang penyakit ini. Sehingga bisa dikatakan bahwa cara mengobati asam urat ini memang perlu untuk diketahui oleh segala jenjang usia. Untuk gejalanya sendiri, penderita asam urat biasanya akan merasakan ngilu pada bagian persendian, radang, hingga terkadang menjadi kemerahan dan bengkak. Rasa ngilu tersebut biasanya akan hadir saat pagi atau malam hari atau bisa juga terjadi pada saat cuaca terasa dingin. Untuk sendi-sendi yang biasanya diserang adalah bagian pergelangan tangan, sendi jari tangan, jari kaki, siku juga dengkul atau lutut. Rasa ngilu yang menyerang bisa tak tertahankan, bahkan untuk menggerakkan sendi yang terserang untuk beraktivitas saja susah. Hal ini, tentu membuat rasa tidak nyaman sehingga banyak orang mencari cara mengobati asam urat.

Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat

Sebelum memahami cara mengobati asam urat, perlu kiranya untuk mengetahui bagaimana asam urat bisa terjadi. Asam urat sendiri, sebetulnya bukan penyakit yang datang begitu saja. Ada beberapa faktor penyebab yang memicu terserangnya asam urat. Gejala nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada penyakit asam urat ini sendiri adalah disebabkan oleh tusukan Kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Biasanya, pemicu terbentuknya kristal-kristal dari penumpukan zat asam urat tersebut dipicu dari konsumsi makanan dengan kandungan asam urat tinggi, misalnya saja seperti jeroan, hidangan laut, daging merah dan tentu saja alkohol. Selain beberapa faktor tersebut, asam urat ini sendiri rawan terjadi pada mereka yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi ataupun penyakit ginjal kronik. Selain itu, faktor genetika atau keturunan juga bisa terjadi. Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penderita asam urat bisa saja memiliki riwayat yang sama. Sehingga, bagi yang memiliki riwayat keturunan asam urat, nampaknya cara-cara mengobati asam urat menjadi kamus wajib dalam kehidupan ke depan. Sebagai informasi, biasanya laki-laki lebih rawan terkena penyakit ini dibandingkan dengan perempuan terutama saat usia mereka mulai menginjak 30 tahun ke atas. Hal ini mungkin bisa menjadi suatu pembenar bahwa cara mengobati asam urat ini lebih diperlukan untuk dipelajari kaum Adam ketimbang kaum Hawa.

Stadium Penyakit Asam Urat

Stadium Penyakit Asam Urat

Cara mengobati asam urat sebenarnya dibagi dalam beberapa metode pengobatan asam urat. Metode yang digunakan juga tergantung pada tingkat stadium penyakit asam urat yang diderita oleh pasien. Penanganan dari penyakit ini juga harus cepat agar tidak menjelma menjadi penyakit yang lebih berbahaya karena penumpukan zat asam urat yang semakin banyak. Nah, beberapa pengobatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Stadium Penyakit Asam Urat Tingkat Akut

Ketika terjadi serangan asam urat akut, penderita akan diberikan terapi untuk mengurangi peradangan. Obat antiradang yang sering digunakan adalah kolkisin. Selain itu, obat lain yang bisa digunakan juga dari golongan anti-inflamasi non steroid. Namun, bisa terjadi kontraindikasi dari penggunaan kedua jenis obat tersebut maka pasien biasanya akan diberikortikosteroid yang didampingi dengan obat penghilang rasa sakit (analgesic). Pemberian analgesik ini sangat diperlukan dalam stadium penyakit asam urat tingkat akut karena rasa sakitnya hampir tidak tertahankan.

  1. Stadium Penyakit Asam Urat Jangka Panjang

Pengobatan jangka panjang yang dimaksudkan ini adalah untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi. Pengobatan tersebut dilakukan setelah serangan akut berakhir.

  1. Stadium Penyakit Asam Urat Jangka Panjang dengan Pengobatan Tradisional

Langkah ini biasanya adalah cara aman bagi mereka yang kurang menyukai obat-obatan berbahan kimia. Kontraindikasi yang ditimbulkan oleh obat-obatan herbal ini juga terbilang sangat minim. Melalui hasil penelitian, juga telah terdapat beberapa tanaman yang terbukti brkhasiat pada stadium penyakit asam urat jangka panjang.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat

Dari beberapa stadium penyakit asam urat, diketahui bahwa dalam menyembuhkan penyakit ini kita memiliki berbagai alternatif cara mengobati asam urat. Nah, kali ini Jelas.id akan mengulas langkah-langkah pengobatan asam urat dengan menggunakan ramuan tradisional. Karena, selain lebih aman, ramuan ini juga bisa dibuat sendiri di rumah sehingga pengobatan ataupun pencegahan menjadi lebih mudah. Sehingga cara mengobati asam urat ini nampaknya memang lebih cocok untuk digunakan sebagai penanganan darurat dikala belum sempat ke dokter.

  1. Cara Mengobati Asam Urat Menggunakan Daun Kumis Kucing :
    • Siapkan 20 gram daun kumis kucing segar
    • 20 gram daun meniran
    • 30 gram jahe merah (tumbuk halus)
    • 10 gram kapulaga kering
    • Campurkan semua bahan dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih
    • Pastikan sisa air tinggal separuh dari semula lalu angkat
    • Minum ramuan sebanyak 3 kali sehari

Catatan : Selain berkhasiat untuk menghancurkan batu pada saluran kencing, sifat diuretic pada tanaman kumis kucing mampu melarutkan asam urat dalam tubuh melalui kencing.

  1. Cara Mengobati Asam Urat Menggunakan Daun Salam :
    • Siapkan 17 lembar daun salam
    • Siapkan 3 gelas air
    • Rebus daun salam dengan air tersebut sampai mendidih sisakan hingga air hanya tinggal 1 gelas
    • Minum ramuan setiap pagi dan sore hari

Catatan : Daun salam banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh, seperti flavonoid, tannin, dan minyak atsiri.

  1. Cara Mengobati Asam Urat Menggunakan Daun Bidara :
    • Siapkan 10 gram daun bidara
    • 10 gram temulawak
    • 1 gram buah lada
    • 9 gram daun komfrey
    • 5 gelas air
    • Rebus semua bahan hingga mendidih dan air tersisa 3 gelas saja
    • Minum ramuan tersebut pagi, siang, dan malam hari menjelang tidur.

Catatan : Tanaman bidara mengandung senyawa seperti aldehid, alkane, flavonoid, keton, dan beberapa jenis mineral seperti kalium, kalsium dan natrium.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Mudah

Begitulah beberapa cara mengobati asam urat yang telah Jelas.id paparkan. Selain rutin mengkonsumsi ramuan di atas, Anda juga harus tetap melakukan tindakan untuk mengurangi serangan asam urat agar tidak menyerang lagi dengan cara, mengkonsumsi banyak makanan berserat, mengkonsumsi vitamin C, mengkonsumsi makan dengan antioksidan tinggi. Jika setelah menjalani beberapa cara mengobati asam urat tersebut dirasa tak kunjung membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.