jelas

Cara Menghubungkan Laptop ke TV Menggunakan Kabel HDMI

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Mungkin, sebagian besar orang bertanya-tanya, bagaimana ya agar laptop dapat terhubung te TV? Nah, terkait hal tersebut, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan mengajak kalian semua untuk membahas cara menghubungkan laptop ke TV dengan menggunakan HDMI yang sangat mudah diterapkan. Dengan menyambungkan antara laptop ke TV tentu Anda pun bisa menonton video, streaming youtube, dan masih banyak lagi yang tentunya dengan layar yang lebih lebar di TV, bahkan ke proyektor sekalipun. Sebenarnya, cara menghubungkan laptop ke TV bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan HDMI. Cara ini terbilang cara terbaik untuk koneksi laptop ke TV. Pasalnya, di era sat ini, baik laptop maupun TV sudah menyediakan slot atau port HDMI sehingga dirasa lebih mudah karena tinggal memasang kabel HDMI saja. Lantas, bagaimana sebenarnya cara menghubungkan laptop ke TV menggunakan HDMI?

Cara Menghubungkan Laptop Ke Tv

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV

Tunggu dulu, jangan terburu-buru. Sebelum kita jauh membahas mengenai cara menghubungkan laptop ke TV dengan HDMI, tentunya alat yang dibutuhkan yaitu kabel HDMI. Biasanya, ketika Anda membeli perangkat atau TV yang sudah menyediakan port HDMI, pada perangkat atau TV tersebut sudah dilengkapi dengan aksesoris kabel HDMI. Namun sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu cara menghubungkan laptop ke TV ada beberapa TV yang hanya menyediakan port HDMI saja namun tak dilengkapi dengan kabel HDMI. Oleh sebab itu, tentunya Anda harus membeli kabel HDMI secara terpisah. Anda dapat membeli kabel HDMI ini di toko elektronik tentunya. Nah, supaya Anda tak salah dalam membeli kabel HDMI maka sebelum jauh membahas mengenai cara menghubungkan laptop ke TV, Jelas.id akan membagikan tips memilih kabel HDMI yang berkualitas.

Cara Menghubungkan Laptop Ke Tv Menggunakan Kabel Hdmi

Cara Memilih Kabel HDMI yang Berkualitas

Berikut cara memilih kabel HDMI berkualitas :

  1. Cara memilih kabel HDMI yang berkualitas pada tahap pertama yaitu Anda harus mengetahui versi kabel HDMI itu sendiri. Sebab, ada beberapa versi kabel HDMI yang beredar, yaitu versi 1.0, 1.2, 1.3, dan 1.4. Semakin tinggi versinya, maka semakin tinggi pula bandwith dan kemampuannya dalam pengiriman data.
  2. Berikutnya, memilih jenis konektor kabel HDMI. Pasalnya, jenis konektor kabel HDMI berbeda dari sisi kompabilitas port HDMI dan warna plate konektornya. Maka dari itu, perhatikan jenis port HDMI yang ada di perangkat Anda: mini atau micro.
  3. Memperhatikan panjang kabel HDMI juga termasuk dalam cara memilih kabel HDMI yang berkualitas. Sebab, panjang atau tidaknya kabel HDMI ini sangat berpengaruh pada kualitas video dan video. Biasanya, kabel yang terlalu panjang maka akan membuat kualitas audio maupun videonya menurun.
  4. Selain itu, cara memilih kabel HDMI yaitu harus mengetahui kabel HDMI. Secara umum, Kabel HDMI memakai tembaga sebagai pengantar data, bila terlalu tipis dapat menurunkan kualitas sinyal sehingga akan berdampak padai kualitas audio dan gambar. Maka dari itu, segera lakukan perbandingan kabel HDMI yang akan dibeli dengan cara memeriksa dan menekannya agar diketahui ketebalannya. Bila sulit dilakukan, mintalah kabel HDMI dengan ketebalan kategori 1 dan 2 yang merupakan standar resmi dari HDMI.
  5. Cara memilih kabel HDMI yang berkualitas yang terakhir yaitu memilih merk kabel HDMI. Dalam hal ini, Jelas.id menyarankan Anda untuk memilih kabnel HDMI dengan merk yang sudah diketahui kualitasnya meskipun harganya mahal, seperti Phillips, Samsung, Sony, dan Toshiba.

Dengan mengetahui serta memahami cara memilih kabel HDMI yang berkualitas maka Anda akan bisa mengetahui ciri kabel HDMI yang baik. Pasalnya, kualitas kabel HDMI nantinya sangat berpengaruh pada performa ketika digunakan untuk menghubungkan laptop ke TV. Oleh sebab itu, jangan sembarangan dalam memilih kabel HDMI. Nah, berikutnya Jelas.id akan menginjak pada segmen pembahasan mengenai cara menghubungkan laptop ke TV dengan menggunakan HDMI.

Cara Menghubungkan Laptop Ke Tv Led

Cara Menguhubungkan Laptop ke TV

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara menghubungkan laptop ke TV menggunakan HDMI

  1. Cara menghubungkan laptop ke TV yang pertama yaitu hubungkan kabel HDMI dari laptop ke TV. Dalam proses awal ini, Anda harus memastikan bahwa laptop dan TV Anda sudah menyediakan port HDMI.
  2. Langkah berikutnya yaitu bukalah desktop laptop. Ketika sduah tersambung maka Anda bisa masuk ke desktop dan klik kanan lalu pilih Screen Resolution.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan ‘Change The Apperance of Your Display di laptop. Ketika tampilan tersebut muncul, nantinya akan ditawarkan beberapa pilihan menu. Pada cara menghubungkan laptop ke TV tahap ini anda harus melakukan beberapa hal, yang Pertama yaitu pilihan display di mana Anda bisa memilih display TV yang disambungkan. Kemudian, pada pilihan Multiple displays, kamu pilih “Show desktop only on 2”. Ini artinya, tampilan di laptop Anda akan sepenuhnya tampil hanya di layar TV. Jika ingin tampil di dua-duanya maka pilih “Duplicate these display”. Jika sudah silahkan Apply dan OK.
  4. Jika sudah selesai maka biasanya TV Anda akan muncul sebuah tampilan seperti pada desktop laptop Anda.
  5. Nah, menginjak cara menghubungkan laptop ke TV yang terakhir yaitu segera munculkan suara di TV dengan cara mengatur atau mengubahnya melalui icon speaker yang ada pada desktop laptop Anda. Kemudian, klik kanan dan pilih Playback Device. Sampai di sini, Anda bisa memilih Digital Audio (HDMI) lalu diatur ke default saja.

Setelah mengetahui kelima cara menghubungkan laptop ke TV dengan HDMI yang telah dijelaskan Jelas.id di atas maka Anda bisa menikmati tayangan laptop di layar TV Anda yang lebih besar. Selain itu, dengan mengetahui cara tersebut, tentu Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah jika anda ingin menikmati tayangan yang ada pada laptop namun dengan versi yang lebih lebar tanpa perlu bantuan orang lain. Namun, dengan catatan bahwa cara menghubungkan laptop ke TV tersebut harus dilakukan secara urut dan benar.

Cara Menghubungkan Laptop Ke Tv Biasa

Nah, cukup mudah kan kawan? Jika Anda memahami cara menghubungkan laptop ke TV yang telah Jelas.id uraikan di atas maka Anda pun bisa melakukannya sendiri. Itulah tadi penjelasan mengenai tips dalam memilih kabel HDMI yang berkualitas dan cara menghubungkan laptop ke TV dengan menggunakan HDMI. Dan semoga langkah-langkah yang sudah di paparkan oleh Jelas.id dapat Anda fahami dan mudah diterapkan dirumah.