jelas

Cara Menghias Tumpeng Agar Terlihat Cantik

Cara Menghias Tumpeng – Tumpeng sangat identik dengan nasi berbentuk kerucut yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk dan sayuran yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menarik dan indah. Hal tersebut akan terwujud jika si pembuat mengetahui cara menghias tumpeng  dengan baik. Tumpeng ini adalah salah satu jenis kudapan khas Indonesia yang cukup populer dan biasanya disajikan dalam acara tertentu. Acara hajatan dan perayaan misalnya akan kurang lengkap tanpa kehadiran nasi tumpeng. Makanan yang satu ini tak hanya disajikan sebagai kudapan namun juga simbolis untuk berbagai acara seperti pernikahan, selamatan, syukuran, sampai pengganti kue ulang tahun. Untuk hal tersebut cara menghias tumpeng akan berbeda dari masing-masing acara tersebut. Meski umumnya tumpeng dibuat dari bahan utama nasi kuning, tumpeng juga sebenarnya bisa dibuat dari nasi putih maupun nasi uduk. Penggunaan nasi kuning sebagai tumpeng memang lebih banyak dipilih karena selain rasanya lebih enak dan khas, tampilannya juga lebih menarik. Nasi kuning juga akan terlihat lebih menyatu jika si pembuat mengetahui cara menghias tumpeng yang bagus dengan berbagai macam lauk pauk dan sayuran. Tumpeng ini pada umumnya akan disajikan dengan menggunakan tampah atau juga bisa mengunakan wadah lain yang sejenis.

Cara Menghias Tumpeng

Cara Menghias Tumpeng

Meski selalu disajikan bersamaan dengan lauk pauk, namun sebenarnya tidak ada jenis lauk pauk pasti yang harus disertakan dalam cara menghias tumpeng. Lauk pauk yang akan dipakai pada tumpeng bisa dipilih sendiri sesuai dengan keinginan pembuat atau kebutuhan acara yang akan diselenggarakan. Meski tidak memiliki aturan baku, namun ada beberapa jenis lauk yang sering digunakan dalam nasi tumpeng. Sebut saja ayam goreng atau bakar, tempe goreng, tahu goreng, dan perkedel dari kentang. Untuk menemani berbagai lauk tersebut, dalam cara menghias tumpeng agar terlihat menarik, pembuat tumpeng juga biasanya ikut menyertakan kerupuk, sambal, dan lalapan segar. Tak hanya hadir dengan deretan lauk pauk yang lezat, nasi tumpeng juga terlihat sangat menarik karena dihias pula dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Beberapa jenis sayuran yang sering digunakan untuk menghias tumpeng antara lain daun selada, parsley, tomat, wortel, mentimun, dan cabai. Nah, buat Anda yang saat ini sedang mencari inspirasi untuk menghias tumpeng, maka kali ini Begawei akan sedikit berbagi informasi mengenai cara menghias tumpeng.

Cara Menghias Tumpeng Yang Unik

Alat-alat Menghias Tumpeng

Berikut ini adalah beberapa alat-alat menghias tumpeng:

  • Alat-alat menghias tumpeng yang pertama adalah cutter, bisa berukuran kecil maupun besar, yang akan digunakan untuk memotong sayuran sebagai hiasan dari tumpeng. Gunakanlah cutter yang bersih dan tajam agar hasil potongannya rapi dan makanan tidak tercemar oleh kotoran yang ada pada cutter.
  • Siapkanlah pisau tajam dan memiliki ujung yang runcing agar bisa dengan mudah ketika dipakai untuk membuat pola dan guratan pada sayuran dan buah-buahan yang agak keras.
  • Selain itu lidi juga termasuk alat-alat menghias tumpeng karena lidi nantinya akan dipakai untuk menempelkan hiasan pada tumpeng dan menyambungkan sayuran dengan hiasan lain. Lidi ini harus dipotong dengan panjang tertentu dan ujungnya dibuat runcing agar bisa digunakan dengan mudah untuk menusuk sayuran atau hiasan lain.
  • Mould atau pisau buah berbentuk bulan juga biasanya diperlukan sebagai alat-alat menghias tumpeng untuk menciptakan hiasan-hiasan berukuran kecil yang memiliki bentuk bulatan.

Sebelum menghias tumpeng, Anda sebaiknya menyiapkan alat-alat menghias tumpeng di atas terlebih dahulu. Ini karena alat-alat tersebut akan sangat membantu Anda dalam memotong berbagai macam sayur, membentuk hiasan, serta membuat pola-pola hiasan tertentu sesuai dengan apa yang ingin kita buat. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara menghias tumpeng agar terlihat lebih menarik.

Cara Menghias Tumpeng Nasi Kuning

Cara Menghias Tumpeng

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghias tumpeng:

  1. Cara menghias tumpeng pertama yang harus dilakukan adalah membuat alas tumpeng. Alas yang digunakan untuk menyajikan tumpeng ini bisa dibuat dengan mempersiapkan tampah yang dilapisi dengan daun pisang. Selain dengan tampah, Anda juga bisa memanfaatkan triplek dan styrofoam sebagai alasnya. Agar terlihat menarik, gunakan daun pisang untuk melapisi styrofoam tersebut. Selain itu, Anda bisa membuat segitiga lancip dari daun pisang untuk menghiasi pinggiran alas. Agar semakin indah, buatlah pagar dari kacang panjang yang bisa ditempatkan untuk memberi batas area penyajian dengan alas.
  2. Selanjutnya, Anda bisa membuat hiasan bunga mawar yang nanti bisa diletakkan di beberapa bagian tumpeng. Sayuran yang digunakan untuk membuatnya adalah tomat dan timun jepang. Kupas tomat dengan arah melingkar dari bagian tangkai hingga ke ujung dengan hati-hati agar kulitnya tidak terpotong. Gulung kulit tomat tersebut untuk membentuk kelopak bunga mawar. Cara Menghias Tumpeng selanjutnya adalah dengan mengiris timun jepang secara tipis. Letakkan irisan timun di bagian tertentu tumpeng dan posisikan mawar dari kulit tomat itu di atas irisan timun.
  3. Cara menghias tumpeng selanjutnya juga dapat dilakukan dengan membuat hiasan bunga teratai dari tomat dan peterseli. Caranya adalah belah tomat dan potong lagi masing-masing bagian menjadi dua. Sayat kulit tomat pada setiap potongan hingga tersisa setengahnya. Tekuk kulit tomat ke bagian luar untuk membentuk kelopak bunga. Anda bisa menyusun kelopak-kelopak ini disekeliling tumpeng yang dikombinasi dengan daun peterseli.
  4. Hiasan lain yang bisa dibuat adalah bunga aster dari wortel yang berukuran besar. Caranya adalah potong wortel dengan ketebalan sekitar 3 mm. Pakailah cetakan kue berbentuk bunga untuk menciptakan lengkungan disekeliling potongan wortel. Iris-iris bagian tengah wortel dengan pisau agar terlihat seperti bagian tengah bunga aster. Pada cara menghias tumpeng yang terakhir tersebut memang membutuhkan beberapa tambahan alat.

Itulah beberapa cara menghias tumpeng yang bisa Anda buat dari beberapa macam sayuran. Sebelum membuatnya menjadi hiasan, lebih baik Anda merendam sayuran yang akan dipakai dengan air dingin. Dengan begitu, sayuran akan terlihat lebih menarik dan tetap segar ketika dibentuk.

Cara Menghias Tumpeng Sederhana

Apakah cara menghias tumpeng yang Jelas.id paparkan cukup membuat Anda tertarik? Hiasan-hiasan tersebut memang terkesan sulit untuk dibuat, namun jika Anda mengikuti langkah-langkah cara menghias tumpeng dari Jelas. id di atas maka menghias tumpeng kini bisa dengan mudah dilakukan. Anda juga bisa mempraktikan cara-cara di atas dengan menggunakan sayuran lain seperti cabai, lobak, dan sebagainya. Demikian tips yang Jelas.id bisa paparkan tentang cara menghias tumpeng. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.