jelas

Cara Menghias Puding Ultah dengan Cantik dan Enak

Cara Menghias Puding Ultah – Siapa yang tak suka dengan puding khususnya puding ultah? Apalagi kalau cara menghias puding ultah tersebut sangat menarik, tentunya akan sangat di sukai khususnya oleh anak-anak. Makanan pencuci mulut yang satu ini memang menjadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat siapa saja ingin mencicipinya. Selain rasanya yang sangat enak, puding juga tinggi akan kandungan serta gizi sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Puding juga cukup mudah dibuat dan bisa dikreasikan dengan berbagai bahan untuk menghasilkan cita rasa yang lebih kaya. Tak hanya itu tampilan dari puding juga menjadi salah satu daya tarik dari makanan yang satu ini, untuk itu Anda harus mengetahui cara menghias puding ultah. Seperti makanan pencuci mulut pada umumnya, puding juga dibuat dengan tampilan yang menarik dan biasanya menggunakan warna-warna yang cerah. Puding juga bisa dibuat ke berbagai bentuk yang unik karena dicetak dengan menggunakan bentuk-bentuk cetakan yang lucu. Tak heran jika terkadang puding ini menjadi cara yang efektif bagi orang tua untuk memasukkan serat ke dalam menu keseharian anak-anak jika mereka tidak suka mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Lantas bagaimana sih cara menghias puding ultah?

Cara Menghias Puding Ultah

Cara Menghias Puding Ultah

Cara menghias puding ultah ini sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda mau mempelajarinya. Tidak hanya disukai oleh anak-anak, puding ini pun sangat diminati oleh orang dewasa. Penyajian puding pun cukup fleksibel karena bisa dijadikan camilan teman minum teh atau makanan pencuci mulut dalam berbagai acara. Puding ternyata bisa juga dipakai sebagai pengganti kue ulang tahun. Puding ulang tahun bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang bosan dengan rasa kue ulang tahun yang itu-itu saja. Selain itu, puding ulang tahun bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin merayakan pesta ulang tahun namun dengan budget yang pas-pasan. Jika Anda mengetahui cara menghias puding ultah tentu bakal menghemat budget yang telah Anda persiapkan dibandingkan dengan memesan kue ulang tahun di toko kue yang biasanya harganya mahal. Tampilan dari puding ultah pun bakal tak kalah menarik dengan tampilan kue ulang tahun asalkan Anda bisa menghiasnya dengan cara yang tepat. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mempercantik tampilan dari puding ulang tahun, kali ini Jelas.id akan memberikan tips tentang cara menghias puding ultah.

Cara Menghias Puding Ulang Tahun

Bahan Menghias Puding Ultah

Berikut ini adalah bahan bahan menghias puding ultah:

  • 7 gram bubuk agar-agar plain
  • 3 gram bubuk jelly
  • 70 gram gula
  • 300 ml susu cair
  • 400 ml air
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Potongan buah-buah

Di atas merupakan bahan menghias puding ultah yang perlu disiapkan sebelum Anda menghias puding. Bahan-bahan tersebut akan dipakai untuk membuat puding utamanya sebagai pengganti kue dan hiasan-hiasan yang akan ditata diatasnya. Selain bahan menghias puding ultah diatas tersebut, Anda juga harus menyiapkan berbagai macam cetakan lucu untuk digunakan mencetak hiasan-hiasan yang akan diletakkan di atas puding utamanya. Misalnya saja, Anda bisa menyiapkan berbagai bentuk cetakan seperti ikan koi, bunga, serta cetakan huruf dan angka. Nah, selanjutnya Anda akan mengetahui bagaimana cara menghias puding ultah.

Cara Menghias Puding Ultah Anak

Cara Menghias Puding Ultah

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghias puding ultah:

  1. Langkah pertama cara menghias puding ultah adalah masak semua bahan kecuali pewarna makanan dan potongan buah dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
  2. Setelah matang, tuang bahan puding yang telah dimasak itu pada beberapa wadah berbeda dan beri pewarna pada masing-masing wadah sesuai dengan selera.
  3. Untuk membuat puding utamanya, tuangkan bahan puding berwarna putih terlebih pada cetakan berbentuk kotak.
  4. Sembari menunggu lapisan pertama dingin, cara menghias puding ultah selanjutnya adalah tuangkan juga bahan puding putih pada cetakan ikan koi
  5. Setelah lapisan puding pertama dingin, tuangkan bahan puding misal dengan warna merah di atasnya.
  6. Sambil menunggu lapisan kedua dingin, tuangkan bahan puding merah pada cetakan bunga.
  7. Setelah lapisan kedua dingin, langkah selanjutnya dari cara menghias puding ultah adalah tuangkan kembali bahan puding di atasnya dengan warna lain sesuai selera begitu seterusnya hingga mencapai ketinggian puding yang diinginkan.
  8. Tuangkan bahan puding dengan warna lain sesuai dengan keinginan pada cetakan huruf dan angka.
  9. Setelah semua puding yang dicetak dingin, keluarkan masing-masing dari cetakan-cetakannya.
  10. Warnai ikan koi terlebih dahulu memakai cotton bud yang bersih dengan menggunakan pewarna makanan.
  11. Setelah melakukan tahapan 1- 10 dari cara menghias puding ultah diatas kemudian siapkan puding utamanya dan tata puding yang telah dicetak seperti ikan koi, bunga, huruf dan angka serta potongan buah di atasnya sesuai dengan selera.
  12. Terakhir, tambahkan lilin ulang tahun di atasnya.

Itulah tahapan cara menghias puding ultah dan cara membuatnya. Untuk puding utamanya sendiri akan terlihat seperti pelangi karena terdiri dari beberapa lapis dengan warna yang berbeda. Nah, untuk semenarik apa puding ulang tahun yang ingin dibuat, semua itu tergantung dari bagaimana Anda mengkreasikan jenis hiasannya dan penataannya di atas puding utama.

Cara Menghias Puding Ultah Lucu

Cara menghias puding ultah ini ternyata sangat mudah ya? Kini tak menjadi masalah jika Anda tak bisa membeli kue ulang tahun, karena sudah ada pengganti yang tak kalah enak dan menarik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id telah paparkan di atas, Anda tak hanya bisa membuat puding ulang tahun tetapi juga bisa menghiasnya. Sekian dulu informasi yang Jelas.id berikan mengenai cara menghias puding ultah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.