jelas

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Fondant yang Sedang Tren

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Fondant – Menghias kue ulang tahun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk menghias kue ulang tahun adalah dengan menggunakan krim berbagai warna. Namun, jika Anda bosan dengan kue berhiaskan krim maka Anda bisa mencoba cara menghias kue ulang tahun dengan fondant. Kue yang dihias dengan menggunakan fondant memang sedang populer akhir-akhir ini. Apalagi dengan hasil kue yang dihasilkan jika Anda menggunakan cara ini dinilai lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional menggunakan krim. Jika dibandingkan menghias kue ulang tahun dengan mengandalkan butter krim, cara menghias kue ulang tahun dengan fondant dinilai lebih praktis sehingga proses pembuatan kue ulang tahun jadi lebih efisien. Banyak orang yang menyukai kue ulang tahun dengan hiasan seperti ini sebab kue berhiaskan lapisan fondant memang tampak lebih indah dan menarik ketika dilihat. Tak hanya tersedia dalam berbagai warna, cara menghias kue ulang tahun dengan fondant juga memungkinkan Anda membentuk kue menjadi bermacam-macam bentuk. Tak heran jika kue ulang tahun berhiaskan fondant ini disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun Dengan Fondant

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Fondant

Cara menghias kue ulang tahun dengan fondant memang sekarang sedang menjadi tren. Fondant atau yang biasa disebut dengan icing sugar atau pasta gula merupakan salah satu jenis dekorasi kue yang berbentuk adonan elastis sehingga terlihat seperti mainan yang terbuat dari lilin. Bedanya adalah fondant bisa dimakan dan rasanya manis. Orang biasanya bisa dengan mudah mendapatkan pasta gula ini dengan membelinya di toko kue. Namun, sebenarnya fondant bisa dibuat sendiri dengan mudah. Fondant terbuat dari campuran bahan-bahan seperti gelatin, sirup glukosa, gliserin, mentega, ekstrak vanilla, gula khusus untuk kue, serta air dingin. Jika Anda lebih memilih menggunakan fondant siap pakai untuk digunakan dalam cara menghias kue ulang tahun dengan fondant maka terkadang tekstur fondant setelah dikeluarkan dari kemasannya cukup keras. Sehingga, anda perlu menguleni adonan fondant tersebut lebih dulu sebelum menggunakannya untuk menghias kue. Fondant sebagian besar memang berwarna putih sehingga Anda harus memberi warna sendiri jika menginginkan warna tertentu. Fondant bisa dibuat warna-warni dengan sedikit mencampurkan pewarna makanan ke dalamnya. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi tentang cara menghias kue ulang tahun dengan fondant.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Fondant

Bahan dan Alat Menghias Kue Ulang Tahun dengan Fondant

Berikut ini adalah bahan dan alat menghias kue ulang tahun dengan fondant yang harus Anda persiapkan:

  • Cake atau kue dasar
  • Fondant
  • Tepung maizena
  • Pewarna makanan
  • Rolling pin atau penggilas adonan
  • Pisau
  • Gunting
  • Rolling cutter
  • Meja dekorasi kue

Sebelum menghias kue dengan menggunakan fondant, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat menghias kue ulang tahun dengan fondant di atas karena nantinya akan sangat membantu proses penghiasan. Pastikan jangan sampai ada alat yang tertinggal karena jika ada salah satu bahan dan alat menghias kue ulang tahun dengan fondant diatas yang tertinggal, tentu nantinya akan menghambat atau mempengaruhi hasil hiasan fondant yang dibuat. Nah, berikutnya Anda akan mengetahui cara untuk menggunakan fondant sebagai dekorasi kue ulang tahun.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun Anak Dengan Fondant

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Fondant

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghias kue ulang tahun dengan fondant:

  1. Cara menghias kue ulang tahun dengan fondant yang pertama yaitu letakkan kue dasar yang akan dihias di atas meja dekorasi khusus kue, Anda bisa memilih kue dasar sesuai dengan keinginan tetapi akan lebih baik jika Anda memakai kue yang kokoh.
  2. Siapkan gambar atau pola-pola yang akan dipakai untuk menghias kue. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah nantinya untuk menghias kue tersebut.
  3. Cara menghias kue ulang tahun dengan fondant selanjutnya adalah mewarnai fondant sesuai dengan keinginan yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes pewarna makanan dengan warna tertentu dan uleni adonan tersebut hingga warna tercampur dengan merata.
  4. Jika tekstur fondant masih terasa keras, Anda bisa menguleninya kembali agar adonan lebih elastis dan mudah ketika dibentuk.
  5. Agar cara menghias kue ulang tahun dengan fondant ini berjalan sesuai harapan, jangan lupa taburi permukaan meja dengan tepung maizena agar nantinya fondant tidak lengket ketika diletakkan di atasnya.
  6. Giling fondant di atas permukaan meja tersebut dengan menggunakan rolling pin dengan ketebalan tertentu sesuai dengan selera. Namun, pastikan jangan terlalu tipis agar lapisan fondant tidak mudah sobek ketika digunakan.
  7. Olesi cake dasar dengan selai atau krim tertentu dengan pisau sesuai dengan keinginan dan letakkan lapisan fondant yang sudah digiling tersebut hingga seluruh kue dasar tertutup olehnya. Ratakan fondant dengan tangan hingga tidak ada bagian yang menggelembung dan fondant dengan pas menutupi kue. Potong fondant yang tersisa di bagian sekeliling kue dengan gunting atau pisau lalu tekan bagian potongannya ke kue agar terlihat lebih rapi.
  8. Dalam cara menghias kue ulang tahun dengan fondant ini Anda juga dapat membuat pita dari fondant dengan cara memotong fondant yang telah digiling dengan menggunakan rolling cutter dan membuatnya ke dalam bentuk pita.
  9. Anda juga bisa membuat hiasan lain seperti bunga dan karakter tertentu dengan fondant. Namun, jika Anda belum bisa membuatnya Anda bisa membeli hiasan kue yang sudah jadi di toko kue.
  10. Letakkan hiasan pita fondant pada kue dan tempel nama serta ucapan ulang tahun di atas atau bagian samping kue. Kemudian, Anda bisa menyusun hiasan-hiasan lainnya sesuai dengan selera.
  11. Nah akhirnya cara menghias kue ulang tahun dengan fondant ini pun selesai, dan kue ulang tahun fondant ala Jelas.id siap dihidangkan.

Itulah salah satu contoh cara menghias kue ulang tahun dengan fondant yang bisa dicoba di rumah. Langkah-langkah di atas bisa dibilang cara yang paling standar dalam memakai fondant untuk menghias kue. Anda pun bisa bereksplorasi dengan desain kue ulang tahun Anda sendiri dan mempraktekkan cara tersebut untuk menciptakan dekorasi kue ulang tahun yang unik dan menarik.

Cara Mudah Menghias Kue Ulang Tahun Dengan Fondant

Apakah sudah mulai tertarik untuk mempraktekan cara menghias kue ulang tahun dengan fondant yang dijelaskan diatas? Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id paparkan tersebut Anda bisa membuat sendiri kue ulang tahun yang indah berhiaskan fondant. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kue ulang tahun fondant yang kini sedang tren tersebut. Itulah sedikit informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara menghias kue ulang tahun dengan fondant. Semoga bermanfaat dan terima kasih.