jelas

Cara Menghias Aquarium dengan Kreasi Sendiri

Cara Menghias Aquarium – Sebelum membahas cara menghias aquarium tentunya anda mengetahui jika aquarium merupakan tempat yang dipakai untuk memelihara ikan, terutama jenis ikan hias. Ukuran Aquarium sendiri bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga yang besar bisa dijumpai dengan mudah, namun ukurannya tentu masih memungkinkan untuk diletakkan di dalam ruangan. Kehadiran dari aquarium dengan ikan-ikan di dalamnya tentu bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pemilik rumah. Apalagi jika tampilan dari aquarium ini indah, maka sudah pasti keberadaannya akan menjadi dekorasi yang semakin mempercantik ruangan di dalam rumah. Kini dengan semakin populernya aquarium hias, maka orang kemudian mencari berbagai cara menghias aquariumnya agar tampil semenarik mungkin. Bahkan, tak jarang orang yang memang sudah hobi memelihara ikan hias rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa memberikan tempat hidup yang istimewa bagi ikan-ikan hias peliharaannya. Meski terkesan simpel memilih hiasan untuk aquarium terkadang cukup memusingkan. Hal ini biasanya terjadi ketika kita sudah sampai ke toko ikan dan justru malah kebingungan untuk menentukan hiasan mana yang akan dipakai sebab terlalu banyak jenis yang ditawarkan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami cara menghias aquarium agar terlihat lebih indah.

Cara Menghias Aquarium

Cara Menghias Aquarium

Sebenarnya ada banyak sekali cara menghias aquarium yang dapat dilakukan. Bahkan, Anda pun bisa mempercantik tampilan aquarium tanpa harus membeli berbagai macam aksesoris. Pada dasarnya hal penting yang perlu diperhatikan ketika mendekorasi aquarium adalah bagaimana membuat tampilan yang terlihat indah dan menarik sesuai dengan keinginan kita. Mungkin bagi sebagian orang yang kurang kreatif dan suka dengan sesuatu yang instan akan lebih memilih untuk membeli aquarium hias yang sudah jadi. Namun, bagi mereka yang memiliki kreatifitas tinggi justru akan sangat menyukai cara menghias aquarium yang satu ini karena mereka bisa memberikan sentuhan kreatifnya ke dalam aquarium tersebut. Jika Anda sebelumnya belum pernah menghias dan masih kekurangan ide, maka banyak sekali sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan inspirasi seperti majalah dan internet. Bahkan, untuk tahu lebih jelas mengenai langkah dalam menghias aquarium ini, Anda bisa mencari tutorial di Youtube. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mempercantik tampilan aquarium di rumah, kali ini Jelas.id akan menjelaskan tentang cara menghias aquarium.

Cara Menghias Aquarium Kecil

Alat dan Bahan Menghias Aquarium

Berikut ini adalah alat dan bahan menghias aquarium yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu :

  • Aquarium
  • Lampu neon atau LED
  • Filter
  • CO2
  • Colokan listrik
  • Bakteri pengurai
  • Tanaman air
  • Pasir silika
  • Pupuk
  • Bebatuan
  • Kayu
  • Ikan atau udang

Nah itulah alat dan bahan menghias aquarium yang harus lebih dahulu dipersiapkan sebelum mulai menghias. Untuk jenis dekorasi bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Contoh di atas merupakan alat dan bahan menghias aquarium untuk jenis dekorasi yang paling umum dipakai. Setelah kita mengetahui alat dan bahan yang dipakai dalam proses dekorasi, kini saatnya Jelas.id akan memaparkan bagaimana cara menghias aquarium agar terlihat indah.

Cara Menghias Aquarium Minimalis

Cara Menghias Aquarium

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghias aquarium :

  1. Cara menghias aquarium yang pertama, siapkan aquarium lalu tebarkan bakteri pengurai di permukaan aquarium secara merata.
  2. Lalu, taburkan pasir silika hanya untuk sekeliling aquarium saja dengan ketebalan sekitar 3 cm. Langkah ini bertujuan agar pasir yang sudah diberi pupuk tidak terkena sinar maupun tercampur dengan lumut.
  3. Di tempat yang berbeda, campurkan pupuk konsentrat Florapol ke dalam pasir silika sesuai dengan kadar yang dianjurkan dan setelah tercampur merata tuangkan pasir tersebut ke dalam aquarium.
  4. Cara menghias aquarium selanjutnya, taburkan pasir silika dengan ketebalan maksimum sekitar 2 cm dari permukaan aquarium tersebut sehingga kontur pasir akan tampak lebih bagus.
  5. Kemudian, susun kayu dan bebatuan di atasnya sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Masukkan air ke dalam aquarium dengan ketinggian sekitar 6 cm. Lalu, tatalah tanaman air dari ukuran yang paling besar terlebih dahulu ke ukuran yang lebih kecil.
  7. Setelah itu isi aquarium dengan air perlahan-lahan hingga penuh dan pasanglah perlengkapan untuk aquarium seperti lampu, filter, dan CO2.
  8. Nah cara menghias aquarium yang terakhir masukkan ikan atau udang yang akan dipelihara ke dalam aquarium.

Cara menghias aquarium ini harus mempertimbangkan keseimbangan antara unsur yang satu dengan unsur lainnya, baik itu unsur biologi maupun unsur kimiawinya. Sementara itu, pada aquarium hias cenderung menekankan pada penataan tanaman dan dekorasi lain serta perawatannya. Jadi, sebenarnya ikan atau makhluk air lain yang dipelihara di dalam aquarium hanya sebagai pelengkap dari aquarium tersebut.

Cara Menghias Aquarium Mini

Bagaimana ternyata menghias aquarium cukup mudah bukan? Apabila Anda mengikuti langkah-langkah cara menghias aquarium yang telah Jelas.id paparkan dengan seksama dan merawat aquarium dengan benar, maka tanaman air di dalam aquarium akan tumbuh subur dalam beberapa bulan dan dekorasinya akan terlihat seperti kehidupan air yang nyata. Karena tanaman yang dipakai adalah tanaman sungguhan dan bukan tanaman hias maka Anda perlu membersihkan aquarium tersebut secara berkala agar tetap terlihat bersih dan enak dipandang mata. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan terkait cara menghias aquarium. Semoga bermanfaat dan terima kasih.