jelas

Cara Menghapus Virus dengan CMD untuk Pemula

Cara Menghapus Virus dengan CMD – Jika komputer atau laptop Anda terinfeksi virus, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghapus virus, yaitu dengan CMD. Lantas, bagaimana cara menghapus virus dengan CMD? Tenang, kali ini Jelas.id akan menjelaskan caranya. Akan tetapi, sebelum jauh membahas cara hapus virus dengan CMD, kita ketahui terlebih dahulu mengenai CMD. Sebenarnya, CMD adalah kependekan dari Command Prompt. Salah satu manfaat dari CMD yaitu untuk membantu para pengguna komputer sebagai bentuk antisipasi dalam melindungi komputer yang salah satu media penularannya adalah melalui flashdisk. Pasalnya, kebanyakan virus yang masuk pada komputer atau laptop disebabkan dari flashdisk yang kita pasang dari tempat umum, seperti warnet atau laptop orang lain yang tidak memiliki sistem antivirus. Bisa ditebak hasilnya, virus jenis shortcut pun dapat menyalur ke flashdisk kita. Itulah sebabnya banyak orang mencari cara menghapus virus dengan CMD ini. Parahnya lagi, ketika kita memasukkan flashdisk yang terinfeksi virus tersebut pada komputer maka dengan cepat virus tersebut menyebar pada komputer. Sehingga yang semula hanya berkutat pada virus di dalam flashdisk, menjadi masalah baru karena komputer ikut terinfeksi. Tentu, hal ini tak diinginkan bagi setiap orang, termasuk Anda bukan? Itu sebabnya Jelas.id dengan ikhlas akan membagikan cara menghapus virus dengan CMD ini.

Cara Menghapus Virus Dengan CMD

Cara Menghapus Virus Dengan CMD

Hubungan cara menghapus virus dengan CMD ini sejatinya tak jauh dari hal tersebut. Secara umum, banyak orang yang menginstall anti virus sebagai alat atau tool untuk mengatasi virus yang masuk pada PC atau laptop kita. Namun, seperti dengan apa yang sudah Jelas.id katakan di atas, tentu ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghapus virus pada komputer yang salah satunya dengan menggunakan CMD. Cara menghapus virus dengan command prompt atau biasa dikenal dengan CMD ini sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja untuk melakukannya. Namun, bagi sebagian orang yang masih belum mengetahui caranya, mungkin juga termasuk Anda, jangan khawatir. Sebab, pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan membagikan info terkait cara menghapus virus dengan CMD yang bisa Anda terapkan di rumah. Namun, sebelumnya Jelas.id akan memberikan beberapa penyebab virus dengan mudahnya masuk ke PC atau laptop. Berikut ulasannya.

Cara Hapus Virus Dengan CMD

Penyebab Virus Masuk ke PC/Laptop

Berikut ini beberapa penyebab virus masuk ke PC/Laptop :

  • Penyebab virus masuk ke PC/Laptop yang pertama yaitu software bajakan di mana biasanya software bajakan ini mengandung virus dari komputer tempat software tersebut digandakan jika komputer asal tersebut telah terkena virus. Untuk itu Anda harus selalu waspada dan hati-hati dengan program-program bajakan, terlebih lagi dengan program games yang menggunakan crack.
  • Selain itu, penyebab virus masuk ke PC/Laptop juga bisa dikarenakan flashdisk atau pun CD yang digunakan secara bergantian, antara satu PC dengan PC lain. Di mana, di antara PC tersebut memiliki segudang virus yang akan menjangkiti CD atau flashdisk sehingga Anda harus berhati-hati ketika memasukkan flashdisk atau CD ke PC Anda.
  • Di samping itu, email yang diterima dari internet pun bisa juga menjadi penyebab virus masuk ke PC/Laptop. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan email tersebut memuat script virus atau bahkan mengandung attachment berupa program terinfeksi virus.
  • Penyebab virus masuk ke PC/laptop yang terakhir yaitu bisa jadi karena anti virus. Pasalnya, sifat beberapa anti virus yang hanya mengadakan pengujian pada awal byte, tidak memproses aktivitas self-check, program virus dapat diuninstall dan tidak memiliki batas kadaluarsa sehingga justru sangat potensial sekali menjadi penyebab virus masuk ke PC/Laptop. Maka dari itu, update anti virus harus rajin dilakukan untuk mencegah virus-virus berkeliaran di PC Anda.

Jika kita mengetahui dan menyimak dari beberapa penyebab virus masuk ke PC/laptop tersebut, biasanya yang paling banyak terjadi yaitu karena flashdisk yang sering digunakan dari satu PC/laptop ke PC/laptop lain yang kemungkinan di antaranya memiliki virus yang bisa menginfeksi flashdisk. Dengan demikian, Anda harus selalu melakukan scan ketika flashdisk Anda akan dimasukkan dalam port USB pada PC atau laptop Anda. Selain itu, dengan mengetahui beberapa penyebab virus masuk ke PC/Laptop di atas maka Anda pun akan lebih waspada dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan virus. Nah, jika anti virus tidak sukses, nampaknya Anda harus mencoba cara menghapus virus dengan CMD di bawah ini.

Cara Menghapus Virus Dengan Command Prompt

Cara Menghapus Virus dengan CMD

Setelah kita mengetahui penyebab virus masuk ke PC atau laptop, pada segmen berikutnya ini Jelas.id akan memberikan info tentang cara menghapus virus dengan CMD:

Perhatian : Cara menghapus virus dengan Command Prompt berikut merupakan cara yang akan melakukan pemindaian ke seluruh sistem Anda. Itu artinya, penggunaan cara ini memiliki potensi menghilangkan data Anda baik sistem maupun file pribadi karena terbaca oleh sistem sebagai ‘virus’. Dengan demikian, Anda dituntut terlebih dahulu memahami konsekuensi ini sebelum menerapkan cara di bawah ini.

  1. Cara menghapus virus dengan CMD yang pertama adalah dengan masuk ke program Command Prompt (CMD). Caranya yaitu Anda bisa menekan tombol Windows+R pada keyboard lalu ketik CMD dan enter. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan opsi yang kedua, caranya klik start kemudian ketik CMD pada “search programs and files”. Jika sudah muncul program CMD, maka langsung klik saja.
  2. Nah, menginjak cara menghapus virus dengan CMD yang kedua ini, setelah muncul CMD maka ketik “F :” jika flashdisk atau hardisk berada di F. Lalu, tekan tombol enter.
  3. Selanjutnya, Anda harus mengetikkan kode attrib -s -h -r -a *.* /s /s. Setelah itu, Anda tunggu beberapa detik saja ketika sistem bekerja dengan sendirinya. Di sini terlihat betapa canggihnya cara menghapus virus dengan Command Prompt ini.
  4. Jika sudah, maka seluruh folder yang disembunyikan atau “hidden” oleh kelakuan dari virus shortcut dan shortcut-shortcut folder akan segera muncul, termasuk juga dengan auto.inf. Pada proses ini, Anda tinggal menghapus virus shortcut tersebut secara permanen dan selesailah sudah cara menghapus virus dengan CMD ini.

Satu lagi, secara umum agar tidak muncul lagi, Anda bisa menghapusnya dengan cara shift+delete. Selain itu, cara menghapus virus dengan CMD yang telah Jelas.id sampaikan di atas bisa Anda terapkan sendiri di rumah jika PC atau laptop Anda terjangkiti virus. Tetapi, mungkin bagi Anda yang baru pertama kali akan sedikit bingung. Namun, jika dilakukan dengan hati-hati dan benar maka Anda bisa menghapus virus dengan CMD secara mandiri meskipun pemula. Itu artinya cara menghapus virus dengan CMD ini bisa diterapkan oleh siapa saja.

Cara Menghapus Virus Dengan Cmd Untuk Pemula

Tak sesulit yang dibayangkan bukan? Jika beberapa cara menghapus virus dengan CMD yang telah dijelaskan di atas dilakukan secara urut dan hati-hati maka Anda pun akan berhasil menghapus semua virus yang membandel, khususnya virus shortcut yang suka menyembunyikan file atau folder. Demikian, artikel mengenai cara menghapus virus dengan CMD. Semoga bermanfaat dan terimakasih.