jelas

Cara Menghafal Perkalian dengan Mudah & Cepat

Cara Menghafal Perkalian – Menghafal perkalian dasar adalah bekal utama dalam meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam menghitung operasi bilangan, termasuk di dalamnya perkalian dan pembagian. Cara menghafal perkalian dasar ini biasanya merupakan perkalian yang melibatkan angka dari 1 hingga 10. Karena merupakan cara berhitung yang paling mendasar dalam pelajaran matematika, maka biasanya operasi bilangan ini akan diajarkan untuk siswa di Sekolah Dasar. Dalam mengajarkan perkalian ini guru sebagian besar akan menyuruh siswanya dengan cara menghafal perkalian secara manual, namun ada juga guru yang menggunakan trik-trik pembelajaran khusus agar siswanya lebih cepat dalam menghafalkan perkalian. Meski begitu, tak jarang kita menemukan anak Sekolah Dasar yang belum hafal perkalian dasar ini bahkan hingga meneruskan ke jenjang pendidikan yang selanjutnya. Meski cara menghafal perkalian ini terkesan sepele namun kesulitan dalam menghafalkan perkalian tentu akan menggangu kemampuan anak dalam berhitung sehingga tak heran jika anak-anak sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika terutama yang di dalamnya memakai operasi bilangan perkalian dan pembagian.

Cara Menghafal Perkalian

Cara Menghafal Perkalian

Kesulitan dalam mengoperasikan perkalian memang merupakan hal yang wajar, namun sebenarnya cara menghafal perkalian tak terlalu sulit dilakukan asalkan dalam mengajarkannya harus memakai strategi yang tepat dan sistematis. Meski melibatkan banyak angka namun bukan berarti bahwa kita tak mampu menghafalkannya. Asalkan ada tekad dan mau belajar secara rutin maka menghafalkan perkalian bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Cara menghafal perkalian dasar ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika Anda adalah seorang guru atau orang tua yang sedang mengajarkan perkalian ini untuk anak-anak, maka Anda pastikan untuk membuat suasana belajar yang menarik dan menyenangkan agar anak-anak tak merasa terbebani dengan tugas hafalan tersebut. Anda juga bisa mempraktikan beberapa trik yang Anda ketahui untuk membantu anak menghafal perkalian dengan lebih cepat dan mudah. Nah, bagi Anda yang kini masih kesulitan dalam menghafal perkalian atau memiliki anak yang sedang belajar perkalian, maka pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara menghafal perkalian.

Cara Menghafal Perkalian dengan Cepat

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengajarkan Perkalian

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengajarkan perkalian:

  • Agar anak tak merasa terbebani dengan banyaknya perkalian yang harus dihafal salah satu hal yang harus diperhatikan ketika mengajarkan perkalian maka Anda bisa membuat jadwal khusus untuk menghafalkannya. Misalnya hari senin digunakan untuk menghafal bilangan dikali angka 1 dan bilangan dikali angka 2, Selasa untuk bilangan dikali angka 3, dan seterusnya. Dengan begitu Anda tak perlu mengajarkannya seharian penuh, namun hanya 30 menit hingga satu jam setiap harinya.
  • Sebelum mengajarkan mengenai perkaliannya, maka hal yang harus diperhatikan ketika mengajarkan perkalian lainnya sebaiknya Anda mengajarkan terlebih dahulu dasar-dasar dalam perkalian terlebih dahulu. Sebagai contohnya 3×2 itu sama dengan 3+3.
  • Anda pun bisa menjelaskan pola-pola khusus yang ada pada perkalian agar anak nantinya bisa lebih gampang ketika benar-benar menghafalkannya seperti semua angka yang dikalikan dengan angka 10 akan memiliki akhiran nol.
  • Memberikan anak hadiah juga termasuk hal yang harus diperhatikan ketika mengajarkan perkalian hal ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan motivasinya dalam menghafal perkalian. Buatlah target hafalan misalnya hari ini harus hafal perkalian yang mana saja dan jika anak bisa melakukannya Anda bisa memberikan hadiah kecil agar dia kembali bersemangat untuk menghafalkan perkalian yang selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengajarkan perkalian pada anak. Dengan menjelaskan dasar-dasarnya terlebih dahulu maka anak akan memahami konsep-konsep dalam perkalian sehingga nantinya lebih mudah dalam proses hafalan. Memberikan apresiasi seperti hadiah juga bisa dilakukan karena biasanya anak-anak akan bersemangat ketika diberikan hadiah untuk sesuatu yang telah mereka capai. Berikutnya, Anda akan mengetahui cara menghafal perkalian.

Cara Menghafal Perkalian dengan Mudah

Cara Menghafal Perkalian

Berikut ini adalah beberapa cara menghafal perkalian:

  1. Menghafal menggunakan tabel praktis perkalian merupakan cara menghafal perkalian yang paling umum dilakukan. Tabel ini biasanya sudah didesain khusus misalnya dengan mengelompokkan sesuai dengan angka yang dikalikan. Ada juga yang dibuat lebih praktis dengan menghilangkan angka perkalian yang merupakan kebalikan sehingga Anak akan lebih mudah dan cepat dalam menghafalkannya.
  2. Ada anak yang cenderung tidak suka dengan hafalan, maka untuk mengatasinya Anda bisa mengajarkan perkalian dengan menggunakan lagu. Selain lebih mudah untuk diingat, lagu juga biasanya akan menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga anak tidak akan merasa terbebani.
  3. Cara menghafal perkalian lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan jari tangan. Ada trik-trik khusus yang nantinya bisa diajarkan ketika menghitung hasil perkalian dengan memakai jari tangan. Misalnya dengan menekuk jari tertentu yang merupakan pengali dan menekuk kembali sejumlah jari setelah dikali dengan 2, maka jari yang masih tersisa merupakan hasilnya.
  4. Permainan angka juga menjadi sarana yang tepat dalam cara menghafal perkalian. Ada banyak sekali permainan angka menarik yang syarat pemainnya harus hafal perkalian dasar. Dengan memainkan permainan ini mau tak mau Anda juga harus menghafalkan perkalian agar bisa memenangkannya.

Keempat cara menghafal perkalian di atas merupakan contoh cara-cara yang bisa dilakukan untuk membantu hafalan perkalian dengan mudah. Ternyata menghafalkan perkalian tak hanya bisa dilakukan dengan hafalan manual saja, namun masih ada cara-cara menarik yang bisa disesuaikan dengan cara belajar yang Anda sukai sehingga lebih cepat diingat.

Cara Menghafal Perkalian dengan Mudah dan Cepat

Nah, cara menghafal perkalian dasar ternyata tak begitu sulit, bukan? Bahkan Anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang menyenangkan. Dengan mempraktikan cara-cara yang sudah Jelas.id paparkan di atas Anda tak hanya akan bisa menghafalkan perkalian dengan cepat tetapi juga bisa mengetahui cara-cara untuk mengajari perkalian pada anak-anak. Itulah sedikit informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang cara menghafal perkalian. Semoga bermanfaat dan terima kasih.