jelas

Cara Menghafal dengan Cepat dan Masuk ke Otak dengan Mudah

Cara Menghafal dengan Cepat – Bagi kamu yang masih sekolah cara menghafal dengan cepat tentu menjadi salah satu hal yang sangat ingin diketahui. Menghafal bisa dibilang merupakan aktivitas yang dibenci oleh sebagian besar orang terutama para siswa jika disuruh untuk menghafalkan materi pelajaran. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengherankan sebab menghafal sendiri sebenarnya adalah aktivitas yang memang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, bukan berarti kita tak bisa sukses dalam melakukan hafalan. Cara menghafal dengan cepat memang cukup menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Masalah paling besar yang menyebabkan kita kesulitan dalam menghafal adalah karena kita terlanjur percaya dengan pendapat jika menghafal itu susah dilakukan dan apa yang dihafal akan cepat lupa. Jika kita terlanjur percaya dengan pendapat-pendapat negatif seperti ini, bukan hanya menghafal aktivitas yang sebetulnya gampang sekalipun bakal terasa sulit untuk dilakukan. Padahal jika kita memiliki kemauan yang kuat dan tekad untuk berusaha dengan keras maka hafalan sesulit apapun tentu bisa ditaklukkan. Cara menghafal dengan cepat pun memiliki teknik-teknik sendiri dan tidak semua orang bakal cocok dengan satu teknik hafalan. Orang yang satu dengan orang yang lain biasanya memiliki teknik menghafal andalan yang berbeda-beda.

Cara Menghafal dengan Cepat

Cara Menghafal dengan Cepat

Untuk para siswa sendiri ada sejumlah mata pelajaran yang melibatkan aktivitas menghafal yang cukup sering seperti geografi, sosiologi, sejarah, dan kewarganegaraan. Hal ini yang biasanya membuat siswa ingin mengetahui cara menghafal dengan cepat. Bahkan, berbagai mata pelajaran eksak seperti Biologi, Matematika, Kimia, dan Fisika juga tak bisa dilepaskan dari aktivitas yang satu ini meski yang dihafalkan sebagian besar berupa rumus dan angka. Dengan banyaknya mata pelajaran yang memerlukan keterampilan menghafal yang baik, maka Anda memang seharusnya mengetahui teknik-teknik menghafal sehingga aktivitas menghafal yang dilakukan bisa benar-benar efektif. Meski ada sebagian orang yang memang unggul dalam keterampilan menghafal sesuatu, namun dengan mempelajari teknik-teknik cara menghafal dengan cepat yang lain, Anda akan lebih leluasa untuk memperkaya hafalan Anda. Dari berbagai macam teknik untuk menghafal, teknik menghafal dengan cepat merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Selain karena cara-caranya lebih menarik hasilnya juga lumayan efektif sehingga hafalan bisa bertahan cukup lama di ingatan. Nah, bagi Anda yang masih memiliki kesulitan dalam menghafal, kali ini Jelas.id akan memberikan beberapa cara menghafal dengan cepat.

Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Menghafal Cepat dengan Teknik Pengulangan

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan:

  1. Langkah pertama cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan dapat kita ambil contoh untuk menghafal negara-negara di dunia beserta dengan nama ibukotanya. Langkah awalan yang perlu dilakukan adalah membaca secara berulang-ulang sampai nama-nama negara dan ibukotanya masuk ke dalam memori kita. Membaca berulang kali tersebut akan membuat kita lebih mudah mengingat materi yang dihafal sebab proses pengulangan ini akan memicu otak untuk menciptakan koneksi dan pola baru. Sebagai akibatnya, pola yang tercipta di otak ini akan membantu Anda untuk mengeluarkan kembali apa yang sudah dihafal. Jadi, sewaktu-waktu ada kondisi yang membutuhkan hafalan tersebut, ingatan Anda bisa memanggilnya kembali dengan mudah.
  2. Langkah selanjutnya cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan yakni membuat daftar barang-barang yang bisa membantu untuk menghafal dan persiapkan terlebih dahulu barang-barang tersebut sebelum memulai aktivitas menghafal sehingga proses hafalan Anda nantinya tidak terganggu. Jika hafalan tersebut ada dalam buku atau lembaran teks, maka carilah dulu buku dan teks yang akan digunakan. Lalu, Anda juga bisa menyiapkan pensil atau pulpen untuk menandai bagian-bagian yang telah dihafalkan. Jika yang dihafal adalah nama negara, kota, atau tempat Anda juga perlu menyediakan peta atau atlas sehingga Anda bisa sekaligus mengetahui letaknya.
  3. Meski Anda sudah mampu menghafal sebagian nama-namanya, maka tetap baca kembali secara berulang-ulang saat Anda menghafalkan yang lain. Jangan sampai melewatkannya, karena ini akan semakin memperkuat hafalan Anda. Lakukan hal ini terus sampai Anda merasa jika hafalan ini benar-benar tertancap di ingatan dan Anda bisa mengingat apa yang Anda hafal tersebut di luar kepala.
  4. Setelah itu langkah terakhir cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan adalah praktikkan apa yang Anda telah hafal tersebut tanpa melihat buku dan teks. Tutuplah sebagian atau seluruh teks pada lembaran yang biasanya dibaca agar tidak terlihat oleh mata Anda. Hal ini juga bisa dipraktikkan dengan hafalan nama yang menggunakan urutan. Selain akan mengingat namanya, cara ini juga efektif untuk mengingat urutannya. Pada saat awal-awal menghafal tanpa melihat buku dan teks ini mungkin Anda akan sering melakukan kesalahan. Namun, jangan lekas menyerah dan bosan dan biarkan otak terbiasa dengan hal tersebut. Terus lakukan saja sehingga beberapa menit saja Anda bisa mengingat kembali seluruh nama yang telah dihafal.

Cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan ini bisa dibilang lumayan efektif untuk beberapa jenis memori ketimbang teknik menghafal yang lain. Menghafal sesuatu dengan cara mengulang-ulang kembali apa yang dihafal akan memicu otak untuk menciptakan koneksi yang dibutuhkan untuk mengatakan kembali apa yang telah mampu dihafal. Teknik hafalan cepat di luar kepala ini biasanya dipakai untuk mengingat tugas-tugas manual serta daftar pendek yang berisi nama atau barang-barang yang diperlukan untuk membuat sesuatu. Tugas-tugas penting yang harus diprioritaskan dalam pekerjaan pun bisa dihafalkan dengan teknik hafalan yang satu ini. Meski begitu, cara menghafal cepat dengan teknik pengulangan juga memiliki kelemahan sebab kurang begitu efektif jika dipakai untuk hafalan yang jumlahnya banyak dan lebih kompleks. Misalnya saja untuk menghafalkan tabel periodik unsur-unsur beserta nomor indeksnya. Sehingga Anda tentu harus memakai teknik menghafal lain yang lebih sesuai. Selanjutnya, Jelas.id akan memberikan cara menghafal cepat yang lain, yakni cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic.

Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Masuk Ke Otak

Cara Menghafal dengan Cepat Memakai Mnemonic

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic:

  1. Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic merupakan salah satu teknik menghafal yang dipakai untuk memanggil kembali informasi yang jumlahnya besar atau banyak. Informasi tersebut biasanya berupa sejumlah nama khusus, karakteristik, urutan, proses, dan langkah-langkah. Mnemonic akan menyuguhkan kata atau kalimat baru yang lebih unik sehingga akan lebih mudah untuk dihafal. Kata atau kalimat ini biasanya akan diambil dari huruf atau beberapa karakter pertama pada informasi yang akan dihafal kemudian mengkombinasikannya dengan kata-kata lain. Sehingga ketika kita mengucapkan deretan kata-kata tersebut kita akan langsung teringat dengan huruf depan dari kata-kata yang dihafalkan.
  2. Sebagai contohnya jika Anda ingin menghafalkan urutan kata-kata maka dengan cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic kita bisa menyingkatnya dengan menggunakan huruf depan dari masing-masing kata sehingga lebih mudah untuk diingat. Misalnya, jika kita ingin menghafalkan warna-warna pada pelangi yang terdiri dari (Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu) maka kita bisa menyingkat urutan warna-warna ini dengan sebutan MeJiKuHiBiNiU. Tentu kata hasil mnemonic ini lebih mudah dihafal daripada menghafal namanya satu per satu dengan urutan yang benar. Dengan menyebut MeJiKuHiBiNiU, kita secara otomatis sudah langsung tahu bahwa ‘Me’ mengacu warna merah, ‘Ji’ untuk warna Jingga, ‘Ku’ adalah warna kuning, dan begitu seterusnya.
  3. Cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic juga bisa dilakukan dengan membuat kalimat kosong sebagai jembatan keledai sehingga lebih mudah untuk diingat. Misalnya untuk menghafal unsur pada kolom pertama tabel periodik unsur-unsur (Hidrogen Lithium Natrium Kalium Rubidium Cesium Fransium). Urutan unsur-unsur pada kolom ini bisa dibuat dengan kalimat HaLiNa Kawin Robi Cs Frustasi. Dengan mengucapkan kalimat ini kita sudah mengetahui bahwa ‘Ha’ berarti inisial untuk Hidrogen, ‘Li’ untuk Lithium, ‘Na’ untuk Natrium, dan sebagainya. Kalimat kosong seperti itu juga bisa dipakai untuk menghafalkan urutan lain seperti misalnya planet dalam tata surya (Merkurius Venus Bumi Mars Jupiter Saturnus Uranus Neptunus Pluto) diubah menjadi ‘Membawa Vas Bunga Mawar Yang Sudah Usang Nanti Petang’.
  4. Dalam cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic ini, Anda juga bisa membuat skema mnemonic lewat bentuk-bentuk tertentu terutama jika yang dihafal adalah rumus fisika atau matematika. Misalnya untuk rumus fisika yang menggunakan pembagian atau yang biasa disimbolkan dengan tanda garis bawah (per) maka Anda bisa mencoba menggantinya dengan bagan berbentuk segitiga agar mudah dilihat oleh mata. Selain di buat dengan bagan, rumus-rumus pendek biasanya dibuat dengan singkatan. Sebagai contohnya rumus trigonometri dasar untuk cosinus adalah cosinus = samping: hipotenusa.  Rumus ini akan lebih mudah diingat dengan menyingkatnya menjadi COSAHI terlepas dari sistem pembagiannya.
  5. Cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic terakhir, tentu Anda harus terus mengingat kembali mnemonic yang digunakan sebab mnemonic ini memiliki fungsi sebagai kunci hafalan. Jika Anda menggunakan mnemonic dalam bentuk kata atau kalimat, maka Anda mungkin akan bisa mengingatnya dengan mudah. Akan tetapi jika Anda memakai mnemonic dengan bagan atau bentuk tertentu, maka untuk menghafalnya Anda bisa menutupi sementara pada bagian yang ingin dihafal. Dengan begitu, Anda tak hanya hafal isi bagannya tetapi juga letak-letaknya dalam bagan tersebut.

Cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic ini biasanya akan sangat membantu ketika digunakan untuk menghafal kalimat atau frasa yang cukup sulit dihafalkan dalam bentuk panjang sehingga metode mnemonic yang mampu menghubungkan satu frasa dengan frasa yang lain sangat cocok untuk digunakan. Terlebih lagi jika jumlah itemnya terbatas maka selain lebih cepat dihafal, juga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam skema. Namun, cara menghafal dengan cepat memakai mnemonic ini memang paling efektif untuk menghafalkan daftar kata-kata, misalnya seperti daftar nomor telepon atau nama-nama dengan urutan tertentu.

Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Benar

Nah, itulah beberapa cara menghafal dengan cepat melalui teknik pengulangan dan mnemonic. Anda pun bisa mencoba teknik menghafal cepat lainnya yang lebih sesuai dengan cara belajar Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id sampaikan Anda tentu tak bakal kesulitan lagi jika dihadapkan pada aktivitas menghafal. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan terkait dengan cara menghafal dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.