jelas

Cara Menggunakan WhatsApp Web Itu Mudah

Cara Menggunakan WhatsApp Web – Saat ini, di tengah-tengah era digital dimana semua orang nampaknya telah menggunakan perangkat smartphone alias ponsel pintar, rasanya berkirim pesan menggunakan cara konvensional seperti SMS sudah mulai ditinggalkan. Pasalnya, sebagian besar dari pengguna lebih memilih menggunakan cara yang lebih praktis dan hemat yaitu dengan menggunakan aplikasi pesan instan yang bisa diakses menggunakan smartphone. Selain tak perlu dobel-dobel (isi pulsa plus isi kuota paket data), menggunakan aplikasi pesan instan memang lebih menyenangkan karena. Jika sms hanya bisa berkomunikasi dengan satu dua orang atau yang sering disebut japri atau jalur pribadi, menggunakan aplikasi pesan instan dirasa lebih seru karena bisa membangun sebuah grup, di mana di dalamnya bisa melakukan diskusi langsung atau sekedar mengobrol dengan banyak orang. Nah, salah satu aplikasi pesan instan yang saat ini paling populer adalah WhatsApp. Aplikasi ini telah bisa diakses di semua smartphone seperti Android, iOS dan Windows Phone. Namun, terkadang saking banyaknya grup chat yang ada seringkali membuat ponsel Anda lemot dan hang. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengakses WhatsApp menggunakan web alias bisa digunakan di PC. Hal inilah yang menjadikan cara menggunakan WhatsApp Web menjadi semacam cara premium bagi penikmat WhatsApp. Lalu bagaimanakah Cara Menggunakan WhatsApp Web itu sendiri?

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Dengan cara menggunakan WhatsApp Web ini, maka aktivitas grup chat sebanyak apapun akan tetap lancar. Hal ini dikarenakan pemrosesan pada PC dipercaya lebih ringan ketimbang via ponselnya. Nah, seperti yang telah Jelas.id katakan, bahwa saat ini telah banyak pengguna yang mengakses WhatsApp menggunakan web. Menggunakan WhatsApp berbasis Web ini, bukanlah membuat akun WhatsApp baru. Namun, akses WhatsApp dari ponsel ke komputer ini sifatnya akan sinkronisasi. Dengan kata lain, WhatsApp Web ini adalah ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp yang ada di ponsel Anda. Nantinya, pesan yang dikirim dan diterima sepenuhnya akan disinkronisasi dari ponsel ke komputer. Hanya saja, WhatsApp Web ini tidak bisa digunakan pada sembarang OS. Saat ini, pengembangan sinkronisasi WhatsApp Web ini baru menyasar pada telepon Android, iPhone 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Nokia S60, Nokia S40 EVO, BlackBerry, dan BlackBerry10 saja. Dengan mengaplikasikan cara menggunakan WhatsApp Web ini, tentu saja Anda akan bisa menikmati komunikasi lebih kaya dengan menggunakan satu akun WhatsApp yang bisa sekaligus diakses pada dua perangkat.

Syarat Menggunakan Whatsapp Web

Syarat Menggunakan WhatsApp Web

Sebelum membahas cara menggunakan WhatsApp Web, Anda perlu memerhatikan beberapa syarat menggunakan WhatsApp Web sebagai berikut :

  • Memiliki sebuah akun WhatsApp aktif pada smartphone
  • Memiliki koneksi internet yang stabil baik pada telepon maupun komputer
  • Anda harus menggunakan aplikasi terbaru pada komputer seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, ataupun Edge sebagai browsernya sebagai syarat menggunakan WhatsApp Web ini.

Cara Menggunakan Whatsapp di Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Setelah beberapa syarat menggunakan WhatsApp Web di atas terpenuhi, maka Anda tinggal mengikuti cara menggunakan WhatsApp Web yang Jelas.id ringkas dengan tahapan yang paling sederhana. Untuk memulainya, Anda wajib melakukan proses sinkronisasi WhatsApp antara smartphone dengan komputer. Perlu diingat, meskipun terbilang cukup ribet karena harus menggunakan dua perangkat dan keduanya harus memiliki koneksi internet yang stabil, namun langkah ini bisa mengurangi resiko ponsel hang akibat banyaknya chat yang masuk. Kita sama-sama ketahui bahwa biasanya ponsel akan menjadi lambat saat membuka chat yang seolah tiada henti. Apalagi untuk grup chat yang beranggotakan banyak pengguna, hal ini tentu akan merepotkan jika chat dibuka menggunakan ponsel. Jadi, pilihan menggunakan WhatsApp Web adalah salah satu solusi baru yang disajikan oleh WhatsApp untuk mempermudah aktivitas chat menjadi lebih menyenangkan tanpa perlu khawatir smartphone menjadi lemot. Di bawah ini, Jelas.id akan menjabarkan cara menggunakan WhatsApp Web secara sederhana.

  1. Kunjungi web.whatsapp.com menggunakan komputer Anda
  2. Buka WhatsApp menggunakan smartphone
  3. Pada whatsApp mobile di Android : buka layar Chatting > Menu > WhatsApp Web
  4. Khusus di Windows Phone, maka cara menggunakan WhatsApp Web perlu mengakses Menu > WhatsApp Web
  5. Pada whatsApp mobile di iPhone : buka pengaturan > WhatsApp Web
  6. Pada whatsApp mobile di BlackBerry : buka Chatting > Menu > WhatsApp Web
  7. Sedangkan pada Blackberry 10, cara menggunakan WhatsApp Web diawali dengan menggeser ke bawah dari bagian atas layar > WhatsApp Web
  8. Pada whatsApp mobile di Nokia S40 : geser ke atas dari bagian bawah layar > WhatsApp Web
  9. Langkah berikutnya adalah pindai kode QR yang ditampilkan di layar komputer Anda dengan menggunakan smartphone.
  10. Jika semua cara menggunakan WhatsApp Web tersebut telah selesai dilakukan, maka untuk memastikan keduanya telah tersinkronisasi, Anda perlu mengunjungi WhatsApp Web dari smartphone untuk melihat komputer aktif atau untuk keluar dari sesi aktif WhatsApp Web.

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Nah, begitulah cara menggunakan WhatsApp Web yang telah Jelas.id paparkan. Cukup mudah, bukan? Namun perlu diingat, menggunakan dua perangkat sekaligus juga akan memakan banyak biaya tentunya. Nah, satu tips untuk menghindari pembengkakan biaya untuk konsumsi paket data, maka direkomendasikan untuk menggunakan mode WiFi Only, atau selalu terhubung ke WiFi pada saat menggunakan WhatsApp Web. Demikian ulasan Jelas.id terhadap cara menggunakan WhatsApp Web yang paling sederhana.