jelas

Cara Menggunakan Mikroskop yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop – Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan mikroskop dan mungkin sudah banyak yang pernah mencoba dan mengetahui cara menggunakan mikroskop. Mikroskop ini merupakan salah satu jenis alat bantu yang dipakai untuk melihat atau mengamati benda-benda berukuran kecil atau miksroskopik yang tidak bisa terlihat secara kasat mata. Mikroskop biasanya digunakan oleh para laboran atau dipakai oleh para siswa dalam pelajaran Biologi untuk mempelajari preparat tertentu. Mikroskop hadir dalam berbagai jenis dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Dari sekian jenis mikroskop yang ada, mikroskop optiklah yang paling umum digunakan. Cara menggunakan mikroskop optik sendiri bisa memiliki satu atau lebih lensa yang berfungsi untuk memperbesar benda yang diletakkan pada bidang fokal yang berada di bawah lensa tersebut. Pada dasarnya, bagian yang menyusun mikroskop terdiri dari bagian optik dan non-optik. Bagian optik meliputi lensa objektif dan lensa okuler, sedangkan yang lainnya merupakan bagian non-optik seperti lengan mikroskop, diafragma, meja preparat, kondensor, penjepit kaca objek dan sebagainya. Cara menggunakan mikroskop akan sangat berguna untuk melakukan sebuah penelitian.

Cara Menggunakan Mikroskop

Cara Menggunakan Mikroskop

Cara menggunakan mikroskop ini tidak bisa sembarangan, sebab mikroskop terdiri dari banyak bagian yang masing-masing bagiannya memiliki fungsi tersendiri. Jika salah dalam mengoperasikan bagiannya maka hal ini akan mengganggu fungsi utamanya sehingga memang sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari miksroskop beserta fungsinya. Misalnya saja, revolver yang berada di atas lensa obyektif berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa obyektif sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, diafragma dipakai untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk dan diteruskan ke bagian preparat. Selain, mengenal bagian-bagiannya Anda juga harus mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengetahui cara menggunakan mikroskop. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak ada yang menghambat proses pengamatan serta memperoleh hasil pengamatan sesuai dengan yang diinginkan. Nah, bagi Anda yang lupa atau malah justru belum mengetahui sama sekali cara menggunakaan alat yang satu ini dengan baik dan benar, tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Jelas.id akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan mikroskop optik.

Cara Menggunakan Mikroskop dengan Benar

Persiapan Menggunakan Mikroskop

Berikut ini adalah persiapan menggunakan mikroskop:

  • Persiapan menggunakan mikroskop yang pertama adalah saat membawa mikroskop lakukan dengan hati-hati dengan cara memakai satu tangan untuk memegang lengan mikroskop dan tangan yang lain untuk menyangga bagian dasar dari mikroskop. Lalu, pilihlah tempat dengan permukaan yang datar untuk meletakkan mikroskop tersebut.
  • Carilah tempat duduk yang nyaman dan pastikan tempat tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup. Persiapan menggunakan mikroskop ini sangat penting terutama jika jenis mikroskop yang digunakan adalah mikroskop cahaya. Lalu, posisikan lensa okuler agar berseberangan dengan tubuh.
  • Kemudian, persiapan menggunakan mikroskop selanjutnya yakni dengan menyiapkan preparat atau objek kecil yang akan digunakan dalam pengamatan. Sebelum meletakan preparat tersebut ke tempatnya, Anda bisa memakai tombol pengatur kasar untuk mengatur letak dari meja preparat.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan persiapan menggunakan mikroskop. Dengan mempersiapkan alat, tempat, serta objek yang diamati terlebih dahulu maka ini akan memudahkan Anda ketika melakukan pengamatan. Anda tak perlu lagi memindahkan miksroskop dari satu tempat ke tempat lainnya selama proses pengamatan sebab cahaya di tempat tersebut sudah mendukung. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara menggunakan mikroskop dengan benar.

Cara Menggunakan Mikroskop Optik

Cara Menggunakan Mikroskop

Berikut ini adalah cara menggunakan mikroskop optik yang baik dan benar:

  1. Cara menggunakan mikroskop pertama, aturlah posisi mikroskop dan cermin pada bagian bawah hingga ada cahaya yang memantul melalui diafragma dan bisa dilihat melalui lensa okuler. Anda bisa menyesuaikan posisi cermin tersebut dengan kondisi mata masing-masing sebab setiap orang memiliki titik fokus yang berbeda.
  2. Kemudian, letakkan preparat atau objek kecil yang akan diamati di meja preparat, tepatnya pada lubang di bagian meja tersebut. Selain, itu pastikan preparat sudah terjepit secara sempurna sehingga tidak mudah bergeser. Jika ingin memposisikan preparat dengan benar, sebaiknya Anda hanya memakai satu tangan untuk memegang ujung preparat sehingga sidik jari Anda tidak membekas pada preparat tersebut.
  3. Cara menggunakan mikroskop optik yang selanjutnya adalah pakailah pemutar kasar untuk mendapatkan pembesaran yang maksimal ketika melihat dengan menggunakan lensa okuler. Lalu, untuk mempertajam hasil pengamatan, Anda bisa memanfaatkan sekrup pemutar halus.
  4. Jika ingin memfokuskan preparat secara perlahan-lahan, maka Anda sebaiknya menggunakan lensa obyektif dengan kekuatan yang rendah. Anda bisa menggantinya ke ukuran yang lebih besar jika sudah bisa menemukan bayangan obyek. Ini akan membuat hasil pengamatan lebih efektif. Pilih lensa objektif dengan ukuran yang dikehendaki dan putarlah revolver hingga terdengar bunyi klik.
  5. Jika masih kurang pas, Anda bisa menggeser-geser preparat yang diletakkan pada bagian tengah meja preparat.
  6. Aturlah diafragma pada bagian bawah meja preparat untuk mengurangi cahaya yang masuk agar preparat bisa dilihat dengan jelas.
  7. Apabila proses pengamatan telah selesai, cara menggunakan mikroskop yang terakhir adalah kendurkan sekrup pemutar kasar lalu lepas preparat tersebut. Jika ingin mengamati objek yang baru, Anda bisa mengulangi langkah-langkah yang sama dari awal.

Di atas merupakan tahapan-tahapan cara menggunakan mikroskop optik secara umum. Jika mikroskop tidak akan dipakai untuk melakukan pengamatan lagi, maka sebaiknya segera simpan mikroskop tersebut ke rak penyimpanan. Selain cara membawanya yang harus benar, Anda juga tidak boleh menyentuh lensa mikroskop langsung dengan jari. Kalaupun ingin membersihkan lensa, Anda harus memakai kain yang halus dan larutan pembersih khusus.

Cara Menggunakan Mikroskop yang Baik dan Benar

Mengetahui langkah-langkah cara menggunakan mikroskop memang sangat perlu sebab mikroskop terdiri dari bagian-bagian penting dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda selalu membiasakan diri untuk membaca panduan pemakaian mikroskop sebelum melakukan pengamatan. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id telah paparkan di atas Anda bisa menggunakan bagian-bagian mikroskop dengan benar saat mengamati objek. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara menggunakan mikroskop optik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.