jelas

Cara Menggunakan Mesin Cuci dan Jenis-Jenisnya

Cara Menggunakan Mesin Cuci – Mengetahui cara menggunakan mesin cuci dengan benar, tentunya akan memudahkan kawan-kawan ketika mencuci pakaian dengan mesin cuci. Pasalnya, saat ini pun masih banyak yang belum tahu memakai mesin cuci dengan tepat, khususnya bagi pemula yang mungkin baru membeli mesin cuci. Tapi, jangan khawatir mengingat pada pembahasan kali ini Jelas.id akan berbagi info terkait bagaimana cara menggunakan mesin cuci secara tepat dan benar. Memang, di zaman yang penuh dengan aktivitas dan kesibukan, terutama di lingkungan perkotaan, hampir sebagian waktu habis untuk bekerja. Sehingga, pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian pun terkadang sering tidak sempat, apalagi ketika mencuci secara manual atau dengan tangan. Maka dari itu, kehadiran mesin cuci tampaknya menjadi salah satu solusi terbaik. Apalagi dengan mengetahui cara menggunakan mesin cuci maka sobat pun bisa mengatur sesuai penggunaan. Sebagai contoh, untuk mencuci jaket atau pakaian berat maka bisa dipilih mode heavy atau untuk mencuci cepat bisa memakai mode eco-speedy. Dengan demikian, pengetahuan terkait cara menggunakan mesin cuci tampaknya menjadi hal yang harus diketahui agar pakaian yang dicuci tak mudah rusak.

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Secara umum, sebenarnya cara menggunakan mesin cuci itu sangat mudah. Sayangnya, tak semua orang tahu dan paham cara mencuci dengan mesin cuci yang benar. Sehingga, tak heran sebagai mesin yang seharusnya membantu seseorang dalam mencuci pakaian dalam kesibukannya justru hasil cucian dari mesin cucinya kurang memuaskan. Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi setiap pemilik mesin cuci untuk tahu dan paham bagaimana cara menggunakan mesin cuci secara tepat guna. Tapi, sebelum jauh membahas cara mencuci di mesin cuci, ada hal yang perlu untuk sobat ketahui, yaitu jenis-jenis mesin cuci. Sebab, setiap jenis mesin cuci yang ditawarkan setiap produsen pembuatnya pastinya memiliki kegunaan dan pengaturan yang berbeda-beda. Dengan demikian, mengetahui jenis-jenis mesin cuci juga merupakan elemen yang cukup penting mengingat akan berhubungan dengan cara menggunakan mesin cuci. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan dari Jelas.id yang akan disampaikan pada beberapa segmen di bawah ini!

Cara Menggunakan Mesin Cuci Dengan Mudah

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Di bawah ini ada beberapa jenis-jenis mesin cuci, antara lain:

  1. Mesin Cuci Top Load (Bukaan Atas) dengan 1 Tabung.

Dari beberapa jenis-jenis mesin cuci yang ada, jenis mesin cuci yang satu ini bisa dibilang paling banyak dipakai oleh masyarakat kita untuk saat ini. Umumnya, jenis mesin cuci yang satu ini dilengkapi dengan beberapa fitur standar yang cukup fungsional, antara lain seperti siklus pengisian air, pencucian, dan proses pengeringan otomatis. Menariknya, tipe atau jenis mesin cuci yang satu ini biasanya ada alarm pemberitahu jika proses pencucian sudah selesai.

  1. Mesin Cuci Front Load (Bukaan Depan)

Jenis-jenis mesin cuci yang kedua bernama front load atau bukaan depan. Seperti yang sering kita ketahui, jenis mesin cuci yang satu ini cukup banyak di gunakan untuk usaha laundry mengingat tipe mesin cuci yang satu ini dinilai super efektif untuk mencuci pakaian. Bahkan, barang apapun katanya juga bisa dicuci dengan mesin cuci ini. Maka, wajar dan tak heran jika harga jenis mesin cuci Front Load ini akan dibanderol mahal.

  1. Mesin Cuci Top Load dengan 2 Tabung

Jenis-jenis mesin cuci yang terakhir yaitu tipe mesin cuci dengan 2 tabung atas. Untuk tipe mesin cuci yang satu ini, memang sudah tak sepopuler mesin cuci 1 tabung. Namun, meskipun demikian tampaknya saat ini masih banyak orang yang memakai tipe mesin cuci 2 tabung atas ini. Tetapi, sayangnya untuk tipe mesin cuci ini sobat harus menekan tombol secara manual satu per satu, misalnya untuk mengisi air, mencuci, membilas, maupun mengeringkanya. Tentu, popularitas tipe yang satu ini kalah jauh dibandingkan satu pintu yang semuanya sudah serba otomatis. Namun, harga untuk jenis mesin cuci yang satu ini dinilai paling terjangkau dari tipe yang lain.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Jenis-jenis mesin cuci yang telah Jelas.id sebutkan di atas bisa sobat jadikan sebagai referensi untuk memilih tipe mesin cuci mana yang cocok. Namun, dalam memilih tipe atau jenis mesin cuci ini, akan sangat lebih baik jika memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, akan lebih efisien dan bermanfaat. Tetapi, kalau boleh menyarankan, pilih jenis mesin cuci front load atau 1 pintu bukaan depan. Meski harganya paling mahal di antara jenis-jenis mesin cuci diatas tetapi fungsionalitas dan kegunaanya lebih kompleks mengingat sangat efektif untuk menunjang waktu, terutama bagi kawan-kawan yang memiliki aktivitas padat. Selanjutnya, kita akan mengulas cara menggunakan mesin cuci secara tepat dan benar.

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Setelah kita mengetahui jenis-jenisnya, kini waktunya Jelas.id untuk memberikan info terkait cara menggunakan mesin cuci. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

  1. Pertama, dalam cara menggunakan mesin cuci otomatis ini sobat harus melakukan instalasi mesin cucinya terlebih dahulu dan menyambungkannya dengan sumber air, seperti keran. Dalam hal ini maka sangat disarankan peletakan mesin cuci sebaiknya berada tak jauh dari sumber air agar tak memakan banyak pipa atau selang.
  2. Jika sudah yakin terpasang maka selanjutnya sobat bisa memasukkan pakaian kotor. Perlu diingat bahwa hindari memasukkan pakaian terlalu banyak atau melebihi bobot yang disarankan agar kinerja mesin cuci menjadi lebih optimal. Ini merupakan salah satu tips panduan cara menggunakan mesin cuci yang benar.
  3. Selanjutnya, sobat perlu untuk menuangkan detergen khusus untuk mencuci pakaian di mesin cuci. Kawan bisa membelinya di toko-toko terdekat.
  4. Apabila pakaian kotor sudah dimasukkan semua maka langkah berikutnya yaitu dengan menekan tombol “Start”. Umumnya, setelah menekan tombol “Start’, mesin cuci tak akan langsung bekerja tetapi menunggu pilihan mode cuci yang akan sobat pilih, seperti “Heavy”, “Eco-Speed”, “Blanket”, dan lain-lain. Ingat, dalam memilih mode cuci harus disesuaikan dengan bahan pakaian yang akan dicuci. Namun, jika untuk mencuci pakaian harian atau kaos biasa, cukup dengan mode “Normal” yang jelas ada pada setiap mesin cuci.
  5. Sampai di sini, cara menggunakan mesin cuci sudah hampir selesai. Sobat hanya perlu untuk menunggu sampai mesin cuci menyelesaikan siklus tahapan pencucian, pembilasan, hingga pada proses pengeringan.
  6. Nah, setelah itu tinggal angkat pakaian dan jemurlah di tempat yang berangin agar untuk menjaga kerusakan warna pakaian.

Tahapan-tahapan dalam panduan cara menggunakan mesin cuci yang disampaikan tersebut harus dilakukan secara urut agar proses kinerja mesin cuci berjalan normal. Namun, sekali lagi yang perlu diingat bahwa dalam menggunakan mesin cuci otomatis ini, hendaknya untuk menghindari muatan pakaian yang melebihi standar dan gunakan detergen khusus mesin cuci (biasanya berupa cair). Tak lupa juga untuk selalu gunakan mode proses cuci yang cocok atau sesuai dengan bahan pakaian yang akan dicuci. Cukup mudah bukan cara menggunakan mesin cuci otomatis itu?

Cara Menggunakan Mesin Cuci Manual

  1. Pada langkah awal dari cara menggunakan mesin cuci manual ini sama dengan penggunaan mesin cuci otomatis, yaitu dengan menyambungkannya pada sumber air. Namun, sobat pun nantinya juga bisa mengisi mesin cuci ini secara manual dengan menuangkan air bersih menggunakan ember.
  2. Jika sudah, masukkan pakaian kotor yang akan dicuci sesuai dengan beban muatan cucian yang disarankan.
  3. Selanjutnya, tuangkan detergen khusus untuk mesin cuci manual dengan bukaan atas. Pasalnya, dalam panduan cara menggunakan mesin cuci manual ini, umumnya menggunakan 2 tabung atas.
  4. Berikutnya, masukkan air sampai penuh. Proses yang satu ini bisa dilakukan sebelum memasukkan pakaian maupun sesudah menuangkan detergen.
  5. Nah, langkah yang selanjutnya harus dilakukan yaitu dengan tutup pintu mesin cucinya dan tekan tombol cuci dengan mode yang disesuaikan kebutuhan. Tunggu sampai proses pencucian selesai.
  6. Langkah cara menggunakan mesin cuci selanjutnya, jika proses mencuci seudah selesai maka buang air di mesin cuci dengan menekan tombol pembuangan air. Menginjak langkah ini, pastikan bahwa selang untuk membuang air cucian didekatkan dengan luabng pembuangan air.
  7. Apabila air cucian sudah habis terbuang maka tahapan berikutnya isi kembali mesin cuci dengan air bersih dan jalankan siklus pencucian untuk membilas bekas-bekas deterjen yang masih tersisa. Juga sudah, buang lagi air cucian yang digunakan untuk membilas tersebut.
  8. Pindahkan pakaian dari tabung pencucian ke dalam tabung pengeringan dan jalan mode pengeringan dengan menekan tombol pengeringan. Sampai pada tahapan ini, cara menggunakan mesin cuci manual sudah selesai, sobat tinggal menjemurnya.

Jika dilihat sekilas, sudah jelas bahwa cara menggunakan mesin cuci manual ini dirasa cukup repot mengingat harus selalu memperhatikan setiap proses pencuciannya. Akan tetapi, untuk sobat yang memiliki meisn cuci manual, tampaknya langkah-langkah di atas bisa menjadi salah satu referensi bagi sobat untuk mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Manual

Sampai di sini, ulasan mengenai cara menggunakan mesin cuci yang disampaikan Jelas.id di atas merupakan langkah yang umumnya digunakan dan sesuai dengan prosedur petunjuk katalog yang terlampir dari bawaan mesin cucinya. Sehingga, beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas, bisa dijadikan langkah buat kawan-kawan ketika akan mencuci menggunakan mesin cuci. Sekian ulasan yang telah Jelas.id uraikan di atas dan semoga informasi mengenai cara menggunakan mesin cuci di atas bisa memberi manfaat. Sekian dan sampai jumpa.