jelas

Cara Menggunakan Jangka Sorong dengan Mudah

Cara Menggunakan Jangka Sorong – Mungkin sebagian di antara kita sudah ada yang pernah dan mengetahui cara menggunakan jangka sorong. Anda yang pernah belajar Fisika pasti tak asing lagi dengan alat yang satu ini. Jika Anda sudah pernah memakainya masih ingatkah Anda cara membacanya? Sebagaimana yang sudah diketahui, jangka sorong merupakan salah satu alat ukur yang dipakai untuk mengukur panjang benda tertentu. Tak hanya bisa dipakai untuk mengukur panjang benda saja, alat yang satu ini juga cukup efektif untuk mengukur benda dengan bentuk tertentu seperti benda yang berbentuk bulat. Cara menggunakan jangka sorong biasanya digunakan untuk mengukur benda yang kurang efektif jika diukur dengan penggaris atau mistar, misalnya saja benda-benda dengan ukuran yang lebih kecil. Tak hanya itu, jangka sorong juga bisa menyuguhkan hasil yang lumayan akurat jika dipakai untuk mengukur diameter bagian dalam atau luar suatu benda. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari bentuk dan cara menggunakan jangka sorong ini yang memiliki karakteristik sendiri sehingga memungkinkannya untuk melakukan pengukuran dengan akurasi yang lebih tinggi.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Jangka sorong terdiri dari dua jenis, yaitu jangka sorong analog atau manual dan jangka sorong digital Cara menggunakan jangka sorong tersebut sama-sama mempunyai tingkat ketepatan serta ketelitian yang lebih tinggi ketika dipakai untuk mengukur benda sebab alat ini hadir dengan beberapa garis skala yang dipakai dalam pengukuran, yakni skala utama dan skala nonius. Tak heran jika hasil pengukuran dengan memakai alat ini bisa mencapai 0.001 atau sekitar 0,02 milimeter. Meski begitu, karena alat ukur yang satu ini kurang begitu umum dipakai seperti halnya penggaris, maka masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan jangka sorong ini dengan benar. Walaupun memiliki teknik tersendiri, namun memakai jangka sorong sebenarnya tak terlalu sulit. Bagi Anda yang sudah pernah mempelajari alat ukur ini tentu masih ingat bukan bagaimana cara memakainya? Nah, bagi Anda yang lupa atau justru belum pernah memakainya sama sekali, tak perlu khawatir sebab kali ini Jelas.id akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan jangka sorong.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Dengan Mudah

Cara Membaca Jangka Sorong

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana cara membaca jangka sorong dengan mudah:

  • Cara membaca jangka sorong yang pertama adalah amati dan pastikan angka pada skala utama yang letaknya tepat sebelum angka nol pada skala nonius yang ada di jangka sorong.
  • Lalu cara membaca jangka sorong yang kedua, tentukan angka pada skala nonius yang tepat berimpit atau segaris dengan angka di skala utama, kemudian kalikan dengan angka ketelitian dari jangka sorong yang digunakan.
  • Cara membaca jangka sorong yang terakhir jumlahkan angka yang didapat dari kedua tahapan di atas.

Selain memakai jangka sorong, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membaca jangka sorong. Pasalnya, hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh alat ini berbeda dengan hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh penggaris. Jangka sorong biasanya akan melibatkan angka desimal yang diperoleh dari skala noniusnya dalam millimeter. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara menggunakan jangka sorong.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Dengan Tepat

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan jangka sorong yang perlu diperhatikan:

  1. Cara menggunakan jangka sorong yang pertama, longgarkan bagian baut pengunci dengan cara menggeser rahang geser. Langkah ini sekaligus berguna untuk mengetahui apakah bagain rahang geser masih berfungsi dengan normal. Pastikan jangka sorong tetap menunjukkan angka nol ketika Anda menutup kedua rahang pada alat ini. Jika jangka sorong belum menunjukkan angka nol maka sebaiknya Anda mengaturnya terlebih dahulu. Selain itu, Anda bisa membersihkan bagian dalam kedua rahang tersebut sebab bisa jadi keduanya tidak bisa berfungsi karena terhalang kotoran.
  2. Cara menggunakan jangka sorong berikutnya, pastikan juga bahwa permukaan benda yang akan diukur dalam keadaan bersih sebab jika benda dalam keadaan kotor maka bisa menyebabkan hasil pengukuran menjadi kurang valid. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membersihkan permukaan benda yang akan diukur serta permukaan rahang pada jangka sorong.
  3. Kemudian, cara menggunakan jangka sorong yang terakhir tutup kedua rahang hingga benda terapit dengan sempurna sehingga kuat dan tidak mudah bergeser. Pastikan posisi benda berada pada pengukuran yang akan diambil. Jika sudah pas, Anda bisa membaca skalanya.

Itulah tahapan-tahapan yang diperlukan untuk menggunakan jangka sorong secara umum. Memang cara menggunakan jangka sorong bisa berbeda-beda tergantung dengan apa yang ingin diukur. Misalnya, saja untuk mengukur panjang dan diameter bisa berbeda sebab jika ingin mengukur diameter luar suatu benda misalnya, kita harus menggunakan rahang bagian dalam. Meski begitu, prinsip dasar penggunaannya tetap sama.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Ternyata cara menggunakan jangka sorong tak begitu rumit bukan? Asalkan Anda tahu bagian-bagian serta fungsi maka Anda tak akan kesulitan lagi jika harus menggunakan alat ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id paparkan di atas, Anda tentu tak hanya bisa menggunakan jangka sorong tetapi juga bisa membaca hasil pengukurannya. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara menggunakan jangka sorong. Semoga bermanfaat dan terima kasih.