jelas

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Cara mengatasi rambut rontok sebenarnya merupakan tips yang senantiasa dicari oleh orang banyak. Pasalnya, rambut rontok memang hampir dialami oleh setiap orang. Kerontokan pada rambut tidak mengenal usia, baik remaja, dewasa, ataupun orang tua. Lho, kok bisa? Bisa saja, sebab kerontokan rambut tidak hanya terjadi karena masalah penuaan melainkan juga disebabkan oleh beberapa faktor lain yang membuat rambut seseorang menjadi rontok. Oleh sebab itu, sebagian besar orang, tentu akan berusaha mencari cara mengatasi rambut rontok yang dialami. Bahkan, tak sedikit juga yang rela membayar mahal ke dokter kecantikan rambut hanya untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, ada juga yang membeli produk kimia untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Padahal, cara tersebut sebenarnya kurang baik, selain banyak mengeluarkan uang, efek samping dari penggunaan obat kimia untuk mengatasi rambut rontok justru bisa membahayakan tubuh. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang baik dan benar tanpa efek samping? Tenang saja, jangan khawatir. Sebab, kali ini Jelas.id akan memaparkan cara alternatif untuk mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Alternatif lain yang Jelas.id maksud yaitu cara mengatasi rambut rontok secara alami. Kenapa menjadi cara alternatif? Sebab, cara mengatasi rambut rontok secara alami tentu akan memanfaatkan bahan-bahan alami yang justru tidak banyak memiliki efek samping pada tubuh dan tentunya tidak membutuhkan banyak biaya. Sehingga, setiap orang pun bisa menerapkan cara alami ini untuk mengatasi kerontokan pada rambut mereka. Selain itu, cara mengatasi rambut rontok secara alami ini pun juga dinilai lebih baik. Karena, selain tanpa memiliki efek samping, ternyata bahan alami yang digunakan pun relatif mudah untuk didapatkan dan mudah juga cara mengolahnya. Maka dari itu, cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang akan Jelas.id sampaikan ini sangat efektif jika diterapkan secara benar dan tepat. Namun, sebelum jauh membahas tentang cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab rambut rontok. Yuk, kita ulas bersama-sama.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Penyebab Rambut Rontok

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu anda ketahui:

  • Hormon mengalami gangguan. Penyebab rambut rontok yang pertama yaitu adanya beberapa hormon pada tubuh kita yang mengalami gangguan. Antara lain, Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata.
  • Penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah kurangnya asupan gizi dan vitamin. Rambut seseorang juga membutuhkan asupan vitamin maupun gizi yang cukup. Sebab, kerontokan yang terjadi yang disebabkan adanya helaian rambut yang tumbuh menipis dan menjadi mudah rapuh, itu pertanda kurang asupan gizi dan vitamin. Sehingga, dibutuhkan keseimbangan antara gizi, vitamin, dan nutrisi untuk mencegah rambut rontok.
  • Pemakaian bahan kimia pada rambut ternyata juga memiliki sumbangsih besar penyebab rambut rontok lho. Nah, bagi Anda yang sering ke salon, kurangi penggunaan bahan kimia, meskipun bahan kimia tersebut untuk menyehatkan rambut. Sebab, walaupun memiliki kegunaan namun yang namanya bahan kimia tentu memiliki efek samping yang tak baik jika dilakukan secara terus menerus.
  • Jarang keramas. Kalau penyebab rambut rontok ini sudah jelas, jika Anda jarang keramas, tentu rambut Anda akan kotor dan mudah rapuh. Keramaslah secara rutin tiap 2 hari sekali.

Memang memahami cara mengatasi rambut rontok sejatinya perlu melihat mengenai penyebabnya. Kerontokan pada rambut seseorang sendiri, sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar jika helai rambut yang rontok tidak berlebihan. Namun, jika per harinya saja rambut Anda mengalami banyak kerontokan maka hal itu bukan suatu hal yang wajar. Oleh sebab itu, sebagai tindakan pencegahan awal maka perlu Anda ketahui beberapa penyebab rambut rontok. Nah, beberapa penyebab rambut rontok yang Jelas,id paparkan diatas harus Anda hafalkan agar lebih meresapi cara mengatasi rambut rontok nantinya.

Penyebab Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami:

  1. Cara mengatasi rambut rontok yang pertama yaitu dengan menggunakan putih telur. Caranya, pisah antara kuning telur dan putih telurnya. Masukkan putih telurnya dalam wadah atau mangkuk kemudian diaduk-aduk hingga tampak seperti pasta. Setelah itu, oleskan putih telur tersebut pada rambut Anda.
  2. Cara mengatasi rambut rontok juga dapat dilakukan dengan menggunakan lidah buaya, minyak zaitun, dan tomat. Ketiga bahan alami tersebut nantinya dicampur menjadi satu. Langkah-langkahnya yaitu siapkan satu buah tomat, iris kecil-kecil lalu masukan dalam wadah dan hancurkan tomat tersebut. Tambahkan juga 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, Anda bisa menambahkan daging lidah buaya pada campuran tadi. Kemudian, panaskan campuran ini dengan cara direbus menggunakan air secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Diamkan setengah jam lalu gunakan campuran tersebut untuk dioleskan pada rambut Anda.
  3. Bawang merah juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok lho. Rempah-rempah yang satu ini ternyata tak hanya sebagai bumbu dapur saja melainkan juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Sebab, bawang merah mengandung belerang tinggi dan anti bakteri. Caranya, Anda bisa menggunakan beberapa bawang merah yang diparut kemudian Anda saring. Setelah jadi, Anda bisa menggunakan jus ini pada kulit kepala kemudian biarkan hingga meresap pada rambut Anda sekitar 10 menit. Lalu Setelah itu, Anda bersihkan kepala dan rambut Anda dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin minimal seminggu 3x.
  4. Membuat minyak rambut dari jahe sudah lama juga dikenal sebagai cara mengatasi rambut rontok. Selain bawang merah, jahe juga merupakan rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Langkahnya cukup mudah kok, yaitu siapkan jahe dan parutlah jahe tersebut. Tambahkan minyak wijen dan campur parutan jahe dan minyak wijen tadi secara merata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada rambut Anda.

Itulah tadi cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa anda lakukan. Setelah kita ketahui beberapa penyebab rambut rontok, tentunya Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk tidak melakukan beberapa hal di atas yang menjadi penyebab kerontokan rambut. Namun, bagi Anda yang sudah mengalami rambut rontok yang agak parah, jangan khawatir. Cara mengatasi rambut rontok yang Jelas.id sampaikan diatas merupakan informasi rinci terkait cara mengatasi rambut rontok yang tentunya dengan menggunakan bahan alami yang tanpa efek samping.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Bagaimana kawan? Cukup mudah, simple, dan tidak mahalkan cara mengatasi rambut rontok ini? Cara-cara yang Jelas.id paparkan di atas itu bisa Anda terapkan di rumah secara mandiri. Selain itu, meskipun terbilang murah namun jika cara alami tersebut dilakukan secara rutin dan benar maka tak menutup kemungkinan kerontokan rambut akan segera teratasi dengan baik. Itulah tadi informasi yang telah Jelas.id sampaikan terkait penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok secara alami dan beberapa penyebabnya. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.