jelas

Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Sakit

Cara Mengatasi Gigi Berlubang – Apakah di antara Anda ada yang mengetahui cara mengatasi gigi berlubang? Sakit gigi memang sangat mengganggu sekali ya sebab rasa ngilu yang ditimbulkannya terkadang sampai membuat kita terganggu ketika menjalankan aktivitas. Sakit gigi paling sering ditimbulkan karena adanya gigi yang berlubang. Gigi berlubang sendiri atau yang dalam istilah medis disebut dengan karies merupakan masalah pada gigi yang ditandai dengan munculnya lubang yang disebabkan karena adanya kerusakan pada gigi tersebut. Cara mengatasi gigi berlubang tentunya harus menutup lubang yang timbul tersebut. Karies atau lubang di gigi ini biasanya terbentuk dari timbunan plak atau bakteri yang ada di permukaan gigi. Bakteri ini akan membentuk semacam plak lengket di permukaan gigi. Hasil olahan plak dari bakteri ini mengandung zat asam yang bisa merusak struktur keras yang menyusun gigi yang tak lain merupakan lapisan putih bagian luar gigi atau yang biasa disebut dengan lapisan email. Sehingga pada akhirnya gigi tersebut menjadi berlubang. Selain karena bakteri, gigi berlubang juga bisa disebabkan karena jarang menggosok gigi, kebiasaan gosok gigi yang salah, hingga terlalu sering mengonsumsi makananan yang manis-manis. Lantas bagaimana sih cara mengatasi gigi berlubang?

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara mengatasi gigi berlubang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, namun tentu dibandingkan mengobati, mencegah jauh lebih baik. untuk mencegah gigi berlubang, tentu Anda harus melakukan perawatan pada gigi, mulai dari menggosok gigi dengan cara yang benar, memeriksakan kondisi kesehatan gigi secara teratur hingga menggunakan berbagai produk perawatan gigi. Namun, bagaimana jadinya jika gigi sudah terlanjur berlubang? Bagaimana cara mengatasinya? Pada tahap awal untuk menangani masalah gigi berlubang biasanya dokter gigi akan memberikan terapi florida yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan yang ada pada gigi tersebut. Cara mengatasi gigi berlubang dengan terapi florida ini memakai semacam pasta atau gel yang dioleskan pada permukaan gigi agar mampu melapisi dan memperkuat email gigi.  Selain itu, gigi berlubang juga bisa diatasi dengan memakai bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar Anda. Hal ini biasanya dipakai sebagai pertolongan pertama yang diberikan sebelum pergi ke dokter gigi jika masalahnya makin bertambah serius. Yang pasti adalah ketika Anda menemukan tanda-tanda gigi berlubang sebaiknya langsung segera ditangani agar tidak semakin parah. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara mengatasi gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

Tanda-tanda Gigi Berlubang

Berikut ini merupakan tanda-tanda gigi berlubang yang perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah yang lebih berat lagi:

  • Gigi sensitif

Gigi sensitif merupakan salah satu tanda-tanda gigi berlubang yang berupa timbulnya rasa nyeri baik itu ringan atau berat. Rasa nyeri pada gigi ini muncul terlebih ketika Anda sedang mengonsumsi makanan atau minuman yang sangat panas atau sangat dingin. Tak hanya itu rasa nyeri pada gigi sensitif pun bisa muncul jika Anda mengonsumsi makanan atau cairan yang manis. Meskipun gigi sensitif ini merupakan jenis masalah tersendiri yang menyerang gigi. Rasa nyeri ini saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin ini bisa jadi ditimbulkan karena adanya lubang-lubang kecil tak kasat mata pada gigi.

  • Lubang pada gigi

Tanda-tanda gigi berlubang paling utama dari gigi berlubang tentu saja dengan munculnya lubang pada gigi tersebut. Lubang pada gigi ini muncul diakibatkan karena lapisan plak yang dihasilkan oleh bakteri yang berada di permukaan gigi sehingga merusak struktur email gigi dan perlahan menimbulkan lubang-lubang kecil yang berkembang menjadi lubang besar pada gigi.

  • Sakit gigi

Sakit gigi juga pada umumnya menjadi pertanda bakal timbulnya gigi berlubang. Berbeda dengan gigi sensitif yang rasa nyerinya ditimbulkan oleh makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, rasa nyeri yang muncul pada sakit gigi ini biasanya karena dipakai untuk menggigit sesuatu. Jadi, jika Anda mulai merasakan sakit gigi maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya agar tahu apakah hal tersebut merupakan tanda-tanda gigi berlubang atau pun bukan.

  • Noda pada gigi

Selain rasa nyeri pada gigi, munculnya noda pada gigi juga disinyalir sebagai salah satu tanda dari masalah gigi berlubang. Munculnya noda pada gigi ini bisa bermacam-macam warnanya mulai dari cokelat, hitam, maupun putih. Yang pasti adalah perubahan warna pada gigi ini menandakan adanya kerusakan pada gigi tersebut, baik itu kerusakan yang terjadi pada email atau bagian lainnya pada gigi.

  • Sinar X

Tanda-tanda munculnya gigi berlubang ini bermacam-macam bentuknya, baik itu yang terlihat jelas seperti munculnya lubang atau noda pada gigi hingga yang tak terlihat oleh mata. Untuk mengetahui tanda-tanda gigi berlubang yang kasat mata ini, Anda harus memeriksakan gigi secara rutin paling tidak 6 bulan sekali. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan bantuan sinar X untuk mengetahui lubang-lubang tak kasat mata yang mungkin muncul pada gigi sehingga bisa langsung melakukan tindakan yang diperlukan untuk membuatnya semakin bertambah besar.

Masalah gigi berlubang biasanya memang baru disadari ketika sudah muncul lubang pada gigi tersebut. Padahal sebenarnya ada berbagai macam tanda-tanda gigi berlubang yang bisa mengindikasikan bahwa Anda bakal terkena gigi berlubang. Jika Anda sudah menemukan satu atau lebih tanda-tanda di atas terjadi pada gigi Anda, maka memang sebaiknya jangan diabaikan namun lakukan pemeriksaan yang lebih lanjut apakah masalah-masalah ini memang benar-benar pertanda awal dari munculnya gigi berlubang. Jika masalah gigi yang Anda alami tersebut adalah pertanda awal dari gigi berlubang, maka Anda bisa langsung mendapatkan penanganan yang tepat sebelum berkembang menjadi gigi berlubang dengan ukuran yang lebih besar. Setelah mengenali tanda-tanda gigi berlubang maka berikutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Yang Sakit

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda lakukan:

  1. Mahkota gigi

Cara mengatasi gigi berlubang dengan mahkota gigi ini merupakan tindakan medis yang biasanya dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang yang sudah besar. Tindakan ini dilakukan dengan cara memasangkan jaket atau sarung untuk menutupi gigi tersebut atau yang lebih sering disebut dengan mahkota. Dokter gigi akan membuat cetakan sesuai dengan gigi yang mengalami kerusakan. Kemudian, cetakan gigi tersebut akan diisi dengan bahan yang memiliki tampilan seperti gigi. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat cetakan ini adalah porselen, emas, atau zirconium. Bahan-bahan tersebut paling pas untuk membuat mahkota sesuai dengan gigi yang berlubang. Jika mahkota gigi ini sudah jadi, maka dokter gigi akan langsung memasangkannya pada gigi yang berlubang ini dengan lem khusus. Proses pembuatan dan pemasangan mahkota ini akan memerlukan kunjungan lebih dari satu kali ke dokter gigi.

  1. Mengurangi konsumsi makanan yang tinggi akan asam fitat

Selain dengan tindakan medis, cara mengatasi gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan menggunakan cara-cara alami seperti mengurangi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan asam fitat. Asam fitat ini merupakan molekul organik yang dipakai oleh tumbuhan untuk menyimpan cadangan fosfor pada biji. Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki kandungan asam fitat ini di antaranya adalah yang biasanya bisa didapatkan pada tanaman seperti padi-padian, polong, kacang-kacangan, oatmeal, dan gandum. Meski memiliki peranan yang penting pada tumbuhan namun zat yang satu ini bisa berdampak buruk pada kesehatan manusia terutama jika tidak diolah dengan baik. Asam fitat mengikat mineral-mineral yang dibutuhkan oleh gigi seperti Zn, Fe, Ca, dan Mg sehingga kekurangan mineral-mineral ini bakal merusak struktur gigi. Jadi sebaiknya memang mulai mengurangi konsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan asam fitat yang lumayan tinggi.

  1. Mineralisasi gigi

Mineralisasi gigi atau melapisi ulang email gigi bisa menjadi salah satu cara mengatasi gigi berlubang yang cukup efektif tanpa melakukan penambalan. Cara yang satu ini membantu gigi yang rusak untuk memperbaiki dirinya secara alami. Mineralisasi gigi ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat kumur atau pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Jika tidak mendapatkan pasta gigi berflourida, Anda juga bisa menggantinya dengan pasta gigi remineral yang bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan 4 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan baking soda, dan 1 sendok makan xylitol. Siapkan juga 20 tetes minyak cengkeh esensial dan 20 tetes magnesium. Campur semua bahan tersebut hingga berbentuk pasta dan pakai untuk menggosok gigi secara teratur.

  1. Minyak menarik

Minyak menarik merupakan salah satu metode pengobatan Ayurveda yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Minyak menarik ini diklaim sangat ampuh untuk membunuh segala macam bakteri jahat yang ada di mulut kita. Berbagai masalah gigi dan mulut termasuk di antaranya kerusakan gigi bisa dipulihkan dengan minyak ini. Tak hanya itu, minyak menarik juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mulut dan membuat gigi menjadi lebih putih. Cara mengatasi gigi berlubang dengan menggunakan minyak menarik ini adalah dengan berkumur selama 15 hingga 20 menit pada waktu pagi hari setelah bangun tidur. Kemudian muntahkan minyak tersebut. Biasanya akan terdapat cairan berwarna putih yang menandakan racun ikut keluar bersama air liur pada melalui minyak tersebut. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya cara ini dilakukan setiap hari.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi berlubang yang bisa dilakukan. Anda bisa menggunakan cara non-medis maupun cara medis untuk mengatasi masalah yang gigi yang satu ini. Mengatasi gigi dengan cara alami biasanya dilakukan jika kerusakan yang terjadi pada gigi belum terlalu parah atau bisa juga menjadi pilihan alternatif untuk mereka yang takut untuk ke dokter gigi. Namun, tentu jika gigi berlubang sudah semakin parah atau areanya makin membesar tentu cara mengatasi gigi berlubang dengan tindakan medis seperti pemasangan mahkota gigi perlu dilakukan agar gigi tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Hitam

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Hitam

Nah, ternyata cara mengatasi gigi berlubang juga bisa dilakukan sendiri, bukan? Meski begitu mewaspadai tanda-tanda gigi berlubang sangatlah penting agar kerusakan kecil yang terjadi pada gigi tidak semakin parah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id paparkan di atas tentunya sekarang Anda bisa mengatasi gigi berlubang dengan cara yang tepat. Sekian informasi yang bisa Jelas.id berikan terkait cara mengatasi gigi berlubang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.