jelas

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering – Berbicara tentang cara mengatasi bibir kering nampaknya memang cukup menarik. Pasalnya, bibir adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik dari seseorang. Bibir juga merupakan pelengkap kharisma yang bisa menaikkan rasa percaya diri baik itu bagi wanita maupun pria. Namun, bagian tubuh yang satu ini juga tak luput dari masalah kesehatan yang tak lain adalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi bibir kering ini dikenal dengan nama xerostomia yang kemungkinan akan dialami oleh seseorang dalam sesekali waktu. Kondisi bibir yang mudah kering ini merupakan hal yang wajar karena kulit pada bagian bibir ini berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya. Kulit pada bagian bibir tidak mempunyai kelenjar minyak sehingga akan lebih mudah kering. Pada dasarnya kondisi ini tak terlalu berbahaya, namun jika sudah terjadi berulang-ulang maka kondisinya bisa berubah mengkhawatirkan dan perlu cara mengatasi bibir kering yang tepat. Kondisi bibir yang kering ini sering membuat tidak nyaman apalagi jika kulit bibir sudah mengelupas dan mulai mengeluarkan darah. Selain itu, kondisi ini bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang karena tampilan bibirnya menjadi kurang menarik. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencari cara mengatasi bibir kering ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara mengatasi bibir kering sejatinya tergantung pada kondisi yang menyebabkan bibir mengalami kekeringan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Faktor pertama yang menjadi penyebab umum dari masalah yang satu ini adalah karena dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan juga akan berimbas kekeringan pada bagian kulit termasuk kulit bibir. Ini biasanya terjadi ketika cuaca panas atau saat seseorang sedang berpuasa. Faktor kedua ini mungkin sering anda lakukan tetapi tanpa anda sadari mampu memperparah kondisi bibir yang kering. Penyebab yang kedua tak lain adalah menjilati bibir. Sebelum membaca artikel cara mengatasi bibir kering ini, mungkin anda mungkin sebelumnya berpendapat bahwa menjilati bibir bisa melembabkannya. Namun, ternyata kebiasaan ini justru memperparah pengelupasan pada kulit bibir. Kebiasaan buruk lain yang tak anda sadari berujung pada masalah ini adalah merokok. Ini karena berbagai bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok bisa mengurangi kelembaban bibir. Iritasi juga menjadi salah satu faktor yang bisa memicu munculnya kondisi ini. Iritasi pada bibir ini bisa diakibatkan oleh sejumlah hal seperti makanan dan minuman hingga konsumsi obat-obatan. Paparan sinar matahari pun juga bisa menjadi penyebab terjadinya kekeringan pada bibir. Ini biasanya dialami ketika seseorang beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Hal inilah yang membuat cara mengatasi bibir kering ini menjadi diburu orang banyak.

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Mencegah Bibir Kering

Nah, sebelum membahas cara mengatasi bibir kering. Jelas.id bakal memberikan beberapa tips untuk mencegah bibir kering. Beberapa tips di bawah ini memang bukan hal yang baru namun tetap saja perlu dipahami agar lebih mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, untuk yang sudah terlanjur dan akan menerapkan cara mengatasi bibir kering nantinya, hal ini penting agar tidak mengalami kejadian serupa kembali.

  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tentu menjadi hal yang utama untuk mencegah bibir kering. Kondisi kekeringan pada kulit bibir bisa disebabkan karena kekurangan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin C, B, atau zat besi. Oleh sebab itu, anda harus mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah seperti bayam, brokoli, alpukat, jeruk, dan sebagainya.
  • Minum air putih yang cukup ternyata dapat mencegah bibir kering. Penyebab utama dari bibir kering adalah dehidrasi sehingga sangat disarankan bagi yang mengalami masalah ini untuk minum air putih lebih banyak. Jumlah ideal air putih yang anda harus konsumsi setiap harinya berkisar antara 8 hingga 10 gelas. Itu artinya, untuk mencegah bibir kering, Anda perlu meminum air sebanyak itu walaupun dalam waktu yang tidak bersamaan.
  • Hindari menjilat dan menggigit bibit. Dua kebiasaan buruk tersebut tak hanya akan mengurangi kelembaban bibir tetapi juga akan membuat lapisan bibir lebih mudah terkelupas. Hal ini memang agak sulit percaya. Namun jika Anda ingin mencegah bibir kering, agaknya perlu ikut menghilangkan kebiasaan ini.
  • Mencegah bibir kering juga dapat dilakukan dengan memperhatikan dalam pemilihan lipstik. Beberapa jenis lipstik juga bisa menyebabkan kondisi ini terutama yang dibuat dengan campuran alkohol. Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati ketika membeli produk kosmetik yang satu ini. Pilihlah lipstik dengan kualitas yang bagus dan sudah terdaftar di BPOM.

Mencegah Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Nah ini saatnya Jelas.id bakal menjelaskan mengenai cara mengatasi bibir kering. Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat mencegah bibir kering, rasanya pemahaman Anda tentang kondisi ini sudah lebih baik lagi. Nah, kali ini Jelas.id akan memberikan informasi mengenai beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut yang terangkum dalam cara mengatasi bibir kering secara alami ini.

  1. Tomat ternyata dapat menjadi cara mengatasi bibir kering yang terbaik. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E dan C yang bisa membantu meningkatkan kelembaban di bibir secara natural. Selain dikonsumsi, anda juga bisa memakai buah ini secara langsung pada bibir yang kering. Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu memotong tomat menjadi dua bagian. Masing-masing potongan tersebut kemudian dioleskan secara merata pada bibir bagian atas dan bawah. Biarkan sekitar 15 menit dan setelah itu bilaslah bibir anda dengan air.
  2. Madu tentunya sudah sangat terkenal manfaatnya. Hal ini dibuktikan untuk kesekian kalinya dengan digunakannya madu sebagai cara cara mengatasi bibir kering ini. Madu sudah sejak lama dikenal sebagai pelembab natural yang efektif. Madu kaya akan kandungan mineral essensial yang membantu menjaga kelembaban bibir dan melindungi dari paparan sinar matahari. Penggunaan madu untuk pelembab bibir juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya ke bibir sebelum beraktivitas. Anda juga bisa melakukan hal yang sama sebelum tidur.
  3. Lemon atau Jeruk Nipis. Kedua buah tersebut meskipun memiliki sifat masam tetapi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering. Ketika anda menggunakan buah-buahan ini untuk melembabkan bibir, mungkin pada awalnya akan terasa perih. Namun, rasa perih tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu.
  4. Mentimun juga dapat digunakan untuk cara mengatasi bibir kering lho. Kandungan air di dalam mentimun yang tinggi dan sifatnya yang sedikit berlendir bisa menjadi salah satu pilihan yang afektif untuk mengatasi masalah bibir ini. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan mentimum tersebut. Lalu, oleskan lumatan mentimun pada bibir yang kering sambil dipijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama 15 menit agar airnya meresap ke dalam bibir dan bilas bibir dengan air.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Itulah informasi mengenai cara mengatasi bibir kering yang bisa Jelas.id bagikan pada anda. Cukup mudah dan murah untuk dilakukan, bukan? Apabila anda mengikuti cara-cara yang telah dipaparkan oleh Jelas.id tersebut maka bibir kering tak akan menjadi masalah besar yang akan mengganggu penampilan anda lagi. Semoga informasi mencegah bibir kering dan cara mengatasi bibir kering ini bermanfaat dan selamat tinggal bibir kering!