jelas

Cara Mencegah Mata Minus dengan Mudah dan Gejalanya

Cara Mencegah Mata Minus – Tak sedikit orang yang mencari cara mencegah mata minus. Pasalnya, mata minus diketahui akan berakibat pada pandangan seseorang yang terganggu karena tidak bisa memandang dengan jelas atau rabun, terutama jika melihat sesuatu dari jarak jauh. Tentu, keadaan tersebut membuat seseorang yang mengalaminya akan merasa tak nyaman. Bagi sebagian orang, mungkin berkenan menggunakan kaca mata sebagai media untuk membantu penglihatan. Namun, bagi sebagian yang lain tak nyaman bahkan tak mungkin tak merasa percaya diri ketika menggunakan kaca mata. Maka, bukan suatu hal yang mengherankan jika mereka atau mungkin Anda yang masih memiliki mata normal ingin mengetahui cara mencegah mata minus sebelum terlambat. Di sisi lain, jika Anda belum tahu, sebenarnya mata minus ini bukan merupakan penyakit melainkan adanya kesalahan bias yang dikarenakan oleh lensa mata atau disebut juga dengan kornea yang bentuknya tidak memungkinkan untuk bisa fokus pada objek yang jauh. Kornea adalah lapisan khusus pada permukaan mata yang lentur dan bertugas untuk melakukan lebih banyak dalam mengatur cahaya yang masuk pada mata. Jika kornea terganggu maka fokus mata pun juga akan terganggu dan mata bisa menjadi rabun. Tentu saja beberapa kondisi tersebut juga memiliki cara mencegah mata minus yang berbeda pula.

Cara Mencegah Mata Minus

Cara Mencegah Mata Minus

Nah, jika Anda tak ingin mengalami mata minus atau rabun jauh, jangan panik. Pada pembahasan ini, Jelas.id akan menjelaskan bagaimana cara mencegah mata minus secara mudah agar mata Anda terhindar dari rabun jauh dan tetap sehat. Tapi, jangan buru-buru dulu. Sebelum melangkah jauh pada pembahasan mengenai cara mencegah mata minus, Jelas.id juga ingin memberikan beberapa gejala awal mata minus yang harus Anda perhatikan dan waspadai. Sebab, tak sedikit orang yang menganggap tanda-tanda ini sebagai hal sepele dan biasa. Padahal, jika dibiarkan begitu saja, tanda-tanda tersebut malah justru akan bertambah parah. Bahkan, beberapa gejala awal mata minus ini bisa saja timbul pada siapa saja dan tak mengenal batas usia, bisa sejak dini dan bisa jadi justru memburuk ketika sudah remaja. Pastinya, Anda tak menginginkan hal tersebut bukan? Jika memang benar demikian, maka dari itu sebelum menginjak pada cara mencegah mata minus, Jelas.id akan lebih dahulu memberikan info terkait beberapa gejala mata minus.

Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami

Gejala Mata Minus

Di bawah ini ada 5 gejala mata minus yang harus di perhatikan, antara lain :

  • Gejala mata minus yang paling awal adalah terjadinya pandangan mulai sedikit kabur atau buram. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang mencoba melihat suatu benda atau objek dari jarak jauh. Umumnya, orang akan menyipitkan mata atau mendekat ke objek supaya bisa melihat dengan jelas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka minus akan bisa bertambah.
  • Gejala mata minus lain yang muncul biasanya mengalami sakit kepala atau pusing ketika melihat sesuatu objek yang jaraknya jauh. Mungkin, bagi sebagian orang masih bisa dan jelas melihat dari pandangan jauh. Namun, jika merasa pusing, itu tandanya gejala awal mata minus. Jika tidak merasa pusing, berarti masih normal.
  • Ketika sore atau menjelang malam hari penglihatan Anda menjadi buruk, itu juga merupakan gejala mata minus. Walaupun demikian, mata normal (tidak minus) terkadang juga dapat mengalami hal serupa. Hal ini dalam ilmu kedokteran disebut dengan night myopia.
  • Ciri-ciri lain yang bisa menjadi gejala mata minus yaitu sering mendekat pada objek yang ingin dilihat. Seperti pada saat nonton TV, film layar lebar, membaca, maupun object-object yang lain.
  • Terakhir, gejala mata minus juga bisa diketahui ketika Anda sering sekali mengucek atau berkedip ketika melihat sesuatu dari jarak jauh. Hal ini seringkali dilakukan oleh penderita mata minus dengan tujuan untuk memperjelas penglihatan yang semula tampak kabur atau rabun.

Jika kita mengetahui dan mengenali beberapa gejala mata minus tersebut, tentu Anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan sebelum bertambah parah. Banyak sekali kasus serupa dengan gejala tersebut namun sering disepelekan sehingga berakibat mata minus semakin bertambah. Perlu diketahui bahwa beberapa gejala mata minus yang Jelas.id sampaikan di atas merupakan gejala awal yang sering atau umumnya terjadi pada seseorang yang mengalami mata minus. Berikutnya, kita akan mengulas cara mencegah mata minus.

Gejala Mata Minus

Cara Mencegah Mata Minus

Setelah Anda ketahui beberapa gejala mata minus, kini Jelas.id akan memberikan beberapa info tentang cara mencegah mata minus yang akan diurai dari dua point besar sebagai berikut :

  1. Cara Mencegah Mata Minus dari Kebiasaan dan Lingkungan Adalah Sebagai Berikut,
    • Cara mencegah mata minus dari kebiasaan dan lingkungan yang pertama yaitu sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan membaca maupun menonton televisi atau komputer dari jarak dekat. Sebab, jika terlalu dekat maka akan merusak lengkungan kornea sehingga penglihatan menjadi rabun
    • Berikan waktu istirahat sejenak bagi mata selama 15-20 menit dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam seperti komputer, laptop, televisi dan gadget. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh untuk melatih otot mata tetap normal sebagai cara mencegah mata minus yang paling sederhana.
    • Jika Anda membaca atau di depan layar tv atau komputer, biasakan untuk menghidupkan lampu penerangan ruangan. Hal ini untuk membantu kinerja mata Anda agar tidak terlalu tegang.
    • Latihan mata juga bisa dijadikan sebagai cara mencegah mata minus. Caranya bisa dilakukan dengan membiasakan melihat berbagai objek dari jarak yang jauh. Latihan bisa dilakukan saat Anda sedang mengendarai kendaraan dan harus fokus melihat semua objek secara teratur.
    • Cara mencegah mata minus yang terakhir, Anda bisa meluangkan waktu untuk melihat pemandangan sawah yang serba hijau. Cara ini dinilai juga cukup efektif untuk menyehatkan mata.

Cara mencegah mata minus di atas pada prinsipnya mengharuskan Anda untuk mengubah kebiasaan buruk yang bisa membuat mata Anda menjadi kabur atau rabun. Selain itu, Anda juga harus bisa menyesuaikan lingkungan dengan keadaan, misalnya jika pekerjaan Anda sering di depan monitor komputer maka Anda bisa memberi waktu istirahat sejenak untuk mata Anda. Dengan demikian, cara mencegah mata minus dari kebiasaan dan lingkungan ini bisa diterapkan secara kondisional.

  1. Cara Mencegah Mata Minus dengan Asupan Makanan Adalah Sebagai Berikut,
    • Cara mencegah mata minus dengan asupan makan yang pertama yaitu dengan memakan masakan berbahan dasar ikan. Sebab, ikan mengandung Omega-3 yang sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan mata.
    • Sering mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin juga dikenal dapat menjadi cara mencegah mata minus. Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, dan sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata.
    • Rutin mengkonsumsi wortel juga sebagai salah satu cara mencegah mata minus yang sangat efektif mengingat wortel mengandung vitamin A yang sangat baik menjaga kesehatan mata. Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi wortel mentah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.
    • Yang terakhir, cara mencegah mata minus bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi kacang-kacangan. Pasalnya, dalam kacang-kacangan mengandung asam lemak Omega 3 yang dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

Selain kebiasaan dan faktor lingkungan, cara mencegah mata minus juga bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, terutama kandungan Omega 3 dan vitamin A. Oleh sebab itu, pola makan pun juga merupakan hal yang wajib Anda jaga agar mata Anda sehat dan terhindar dari mata minus. Tentu, melaksanakan cara mencegah mata minus lebih baik dan terbilang lebih mudah dilakukan daripada mengobati bukan?

Cara Mencegah Mata Minus Bertambah

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, tentu bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif sebagai cara mencegah mata minus. Sebab, beberapa paparan di atas dinilai sangat mudah untuk dilakukan dan diterapkan. Bahkan, jika langkah-langkah dalam mencegah mata minus tersebut dilakukan secara rutin maka sangat dimungkinkan mata Anda akan selalu sehat dan normal. Demikian artikel mengenai cara mencegah mata minus dengan mudah dan gejalanya yang telah Jelas.id jelaskan di atas. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan sampai jumpa.