jelas

Cara Mencegah Korosi pada Besi dan Penyebabnya

Cara Mencegah Korosi pada Besi – Sebelum jauh membahas mengenai cara mencegah korosi pada besi, ada baiknya kita ketahui terlebih dulu mengenai korosi. Perlu diketahui bahwa dalam ilmu kimia, Korosi ini sebenarnya merupakan sebuah reaksi redoks antara logam dengan beragam zat di sekitar lingkungannya yang menghasilkan beberapa senyawa yang tidak diinginkan. Dengan kata lain, korosi biasa disebut juga dengan pengaratan atau karatan. Korosi atau karatan ini sering kita temukan dalam beberapa barang yang biasanya terbuat dari besi dan baja yang menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur berbagai barang atau bahan bangunan yang menggunakan besi atau baja. Tak heran jika banyak orang akhirnya mencari cara mencegah korosi pada besi. Tak hanya itu saja, barang-barang rumah tangga Anda yang berbahan material dari besi jika tak dijaga dan dirawat dengan baik dan benar maka akan menjadi cepat rusak dan tampak karatan. Jika barang-barang tersebut sudah terkena korosi atau karatan maka akan sulit atau bahkan tak bisa dihilangkan. Sehingga, barang-barang tersebut akan mengalami pengeroposan. Tentu, Anda tak menginginkan hal tersebut terjadi pada barang-barang berbahan besi miliki Anda bukan? Jangan khawatir, sebelum terlambat, Jelas.id punya cara mencegah korosi pada besi yang mudah dilakukan kok.

Cara Mencegah Korosi Pada Besi

Cara Mencegah Korosi pada Besi

Sebelum kita membahas pada proses atau cara mencegah korosi pada besi, ada baiknya perlu diketahui beberapa penyebab dari timbulnya karatan pada besi. Mengapa demikian? Karena, jika kita mengetahui penyebabnya, secara tak langsung Anda akan bisa mengetahui beberapa faktor penyebab dan menghindari beberapa faktor penyebab korosi pada besi tersebut sebagai salah satu bentuk cara mencegah korosi pada besi yang harus dilakukan sedari awal diketahui. Oleh sebab itu, mengetahui penyebab dari korosi menjadi suatu hal yang penting sebagai salah satu bentuk tindakan pencegahan yang dinilai cukup efektif untuk menekan korosi. Lantas, apa saja sih penyebab masalah dari timbulnya korosi pada besi? Sebenarnya, penyebab utama yang paling sering terjadi dan menyebabkan korosi yaitu karena adanya reaksi oksigen dan air yang kontak langsung dengan besi. Nah, pada pembahasan kali ini, Jelas.id tidak akan membahas mengenai cara mencegah korosi pada besi saja namun juga beberapa penyebab dari korosi tersebut. Yuk, kita simak bersama.

Cara Mencegah Korosi Pada Besi Dengan Tepat

Penyebab Korosi Pada Besi

Secara umum, penyebab korosi pada besi ditimbulkan karena 2 faktor, yaitu :

  • Penyebab korosi pada besi yang pertama yaitu dari faktor internal. Biasanya, korosi ini terjadi diakibatkan adanya kandungan CO2 (Karbondioksida) dan H2S yang terkandung pada minyak bumi. Sehingga, jika terkena atau kontak dengan air maka akan membentuk asam yang menjadi penyebab korosi.
  • Penyebab korosi pada besi yang kedua yaitu karena faktor dari luar atau eksternal. Faktor dari lingkungan luar ini diketahui sebagai penyebab terbesar terjadinya sebuah korosi. Yang termasuk faktor eksternal yaitu dikarenakan suhu, kelembapan, pencemaran udara, keberadaan zat-zat kimia yang bersifat korosif seperti asam kuat, basa, atau garam dan sebagainya. Sebagai contoh seperti sebuah besi yang terlalu lembab dan sering terkena air maka akan membuat besi tersebut menjadi karatan.

Jika melihat penyebab korosi pada besi pada kedua hal tersebut, bisa diketahui bahwa korosi yang terjadi pada sebuah besi sangat ditentukan oleh bahan yang terkandung dalam sebuah besi atau pun faktor lingkungan luar terhadap besi tersebut yang bisa menimbulkan reaksi kimia. Selain itu, dari kedua penyebab tersebut, penyebab eksternal atau dari luar merupakan faktor yang paling sering membuat sebuah besi menjadi karatan atau korosi. Lantas, dengan kita mengetahui penyebab korosi pada besi tersebut maka tindakan pencegahan pun bisa kita lakukan untuk mencegah korosi pada besi. Nah, di bawah ini Jelas.id akan memberikan info terkait cara mencegah korosi pada besi.

Penyebab Korosi Pada Besi

Cara Mencegah Korosi Pada Besi

Berikut ini beberapa cara mencegah korosi pada besi yang bisa Anda terapkan :

  1. Cara mencegah korosi pada besi yang pertama yaitu dengan mengecat beberapa barang yang terbuat dari besi. Sebab, cat bisa digunakan sebagai bahan untuk menghindarkan kontak besi dengan oksigen dan air.
  2. Cara mencegah korosi pada besi yang ke 2 yaitu dengan melumuri oli. Biasanya, cara ini cocok jika diterapkan pada perkakas rumah tangga atau mesin. Oli juga bisa digunakan sebagai media untuk mencegah udara serta air kontak dengan besi.
  3. Cara mencegah korosi pada besi yang lain ternyata dapat dilakukan dengan dibalut atau dibungkus plastik. Cara ini bisa dilakukan untuk membungkus beberapa perkakas rumah tangga, seperti rak piring dan keranjang sepeda dibalut dengan plastik. Plastik dapat mencegah kontak besi dengan udara dan air.
  4. Anda juga bisa menggunakan lapisan Chromium Plating untuk melapisi besi atau baja sebagai cara mencegah korosi pada besi. Zat kromium ini akan memberikan lapisan pelindung mengkilap sehingga bisa juga digunakan sebagai pewarnaan yang bagus untuk beberapa barang, seperti untuk melapisi bumper pada mobil atau sebagai lapisan pada knalpot.
  5. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Tin Plating atau pelapisan dengan timah. Cara mencegah korosi pada besi ini dilakukan biasanya pada kaleng kemasan karena timah merupakan logam yang anti karat.
  6. Cara mencegah korosi pada besi yang terakhir yaitu dengan pelapisan menggunakan zink. Pelapisan besi dengan bahan zink ini cukup baik untuk menghindari kontak air dan udara pada besi mengingat zink merupakan logam anti karat. Biasanya digunakan untuk melapisi tiang listrik, pipa air, dan pagar besi.

Dari 6  cara mencegah korosi pada besi tersebut jika diterapkan dengan benar maka besi atau baja atau pun barang-barang berbahan material besi tetap akan terlindungi dengan sempurna. Pasalnya, beberapa cara yang Jelas.id paparkan tersebut mengandalkan beberapa bahan yang memang dikenal betul anti karat sehingga akan sangat efektif untuk melindungi atau melapisi besi dan baja agar tak kontak langsung dengan oksigen maupun air. Karena sejatinya, cara mencegah korosi pada besi ini merupakan cara yang menghindarkan reaksi antara besi, air, dan oksigen secara langsung.

Cara Pencegahan Korosi Pada Besi

Nah, bagaimana kawan? Tak terlalu sulit kan cara mencegah korosi pada besi ini? Dari penjelasan di atas bisa Anda ketahui bahwa dalam mencegah korosi pada sebuah besi bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak terlalu sulit. Selain itu, setelah penyebab korosi pada besi Anda ketahui, tentu Anda bisa melakukan tindakan pencegahan guna menghindari terjadinya korosi. Demikian ulasan yang telah Jelas.id sampaikan mengenai cara mencegah korosi yang bisa Anda terapkan di rumah dan beberapa penyebab timbulnya korosi. Semoga cara mencegah korosi pada besi bermanfaat dan terima kasih.