jelas

Cara Mencegah Kanker Payudara pada Wanita dan Penyebabnya

Cara Mencegah Kanker Payudara – Berbicara mengenai cara mencegah kanker payudara perlu diketahui sebelumnya bahwa kanker payudara atau dalam ilmu kedokteran disebut juga dengan Carcinoma Mammae diketahui merupakan salah satu jenis kanker yang terbilang sangat mematikan dan menyerang wanita. Perlu diketahui bahwa kanker yang dikenal sangat ganas ini tumbuh dan berkembang dalam sebuah jaringan payudara, seperti kelenjar susu dan salurannya serta jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara seorang wanita. Karena tergolong kanker berbahaya dan mematikan maka tak mengherankan jika banyak wanita yang khawatir jika penyakit ganas ini menghampiri mereka sehingga tak jarang dari kaum hawa mencari-cari cara mencegah kanker payudara. Bahkan, tak sedikit dari mereka rutin konsultasi ke dokter untuk mengetahui gejala dini dari kanker sebagai salah satu tindakan pencegahan. Tindakan tersebut bisa dibilang sangat baik guna mencegah timbulnya kanker payudara sebelum penyakit mematikan ini menjadi parah. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan merupakan salah satu cara alternatif yang baik untuk dilakukan mengingat jika sudah terkena, maka kanker payudara akan sangat sulit untuk disembuhkan dan membutuhkan biaya yang mahal untuk penyembuhannya. Untuk itulah, mengapa Jelas.id kali ini bakal membahas mengenai cara mencegah kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara sebenarnya dirasa lebih mudah dan lebih efektif serta tak perlu banyak mengeluarkan biaya. Selain itu, penanganan awal kanker payudara ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahkan, jika beberapa tindakan pencegahan kanker payudara ini dilakukan secara rutin maka sangat dimungkinkan Anda akan bebas dari penyakit ganas ini. Nah, jika Anda merupakan salah satu wanita yang ingin tahu cara mencegah kanker payudara maka kunjungan Anda ke Jelas.id ini sangat tepat. Pasalnya, pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan memberikan informasi lengkap dan rinci mengenai cara mencegah kanker payudara dan beberapa faktor atau penyebab timbulnya penyakit mematikan ini. Berkaitan dengan topik tersebut, sebelum jauh membahas mengenai langkah-langkah pencegahannya, alangkah lebih baiknya kita ketahui bersama terlebih dahulu beberapa penyebab timbulnya kanker payudara sebagai salah satu tindakan awal dalam proses pencegahannya. Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama penjelasannya pada beberapa segmen cara mencegah kanker payudara di bawah ini.

Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

Penyebab Kanker Payudara

Sebelum mengetahui cara mencegahnya, Anda perlu terlebih dahulu tahu beberapa penyebab kanker payudara pada wanita :

  • Penyebab kanker payudara pada wanita yang pertama yaitu riwayat keluarga. Dalam hubungannya dengan kanker, jika salah satu keluarga sedarah pernah mengalami atau menderita kanker, seperti nenek, ibu, atau bibi maka akan sangat dimungkinkan akan menurun dan menyerang generasi berikutnya.
  • Penyebab kanker payudara yang ke-2 yaitu karena faktor usia. Biasanya, seorang wanita yang sudah mencapai umur di atas 60 tahun akan rentan terkena kanker payudara.
  • Periode menstruasi pertama ternyata juga bisa menjadi indikator penyebab timbulnya kanker payudara. Atau disebut juga dengan Menarche di mana semakin muda seorang wanita mengalami menarche maka akan semakin besar pula resiko terkena kanker payudara ini jika sudah menginjak dewasa nanti.
  • Sering mengkonsumsi alkohol sudah barang tentu menjadi penyebab kanker payudara. Selain boros dan dilarang agama, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, bahkan hingga mabuk akan sangat mendorong timbulnya kanker payudara secara cepat. Bahkan, minum 2 gelas alkohol dalam sehari saja akan sangat menunjang timbulnya penyakit mematikan ini.
  • Penyebab timbulnya kanker payudara yang terakhir yaitu pemakaian Pil KB. Pemakaian pil KB juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Meski demikian, secara keseluruhan tetaplah tergantung dari lamanya pemakaian, usia serta faktor lain.

Kelima penyebab kanker payudara di atas merupakan penyebab umum yang sering menjadi faktor munculnya kanker payudara pada wanita. Sehingga, jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebabnya tersebut maka ada baiknya Anda harus mewaspadai dan menghindari beberapa penyebab pemicu dari kanker payudara tersebut. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya tindakan efektif dalam mencegah timbulnya penyakit kanker payudara pada wanita. Sehingga, sebelum Anda menerapkan cara mencegah kanker payudara, Anda harus pula serius menghafal penyebab kanker payudara tersebut.

Penyebab Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Setelah diketahui penyebabnya, kini Jelas.id akan memberikan info tentang cara mencegah kanker payudara :

  1. Cara mencegah kanker payudara yang pertama yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Biasanya, wanita yang menginjak masa sebelum dan sesudah menopause atau setelahnya serta mengalami penambahan berat badan maka sangat berisiko terkena kanker payudara. Sehingga, menjaga berat badan secara ideal merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah kanker payudara.
  2. Cara mencegah kanker payudara yang ke 2 yaitu menghindari makanan daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak. Sebab, beberapa makanan tersebut merupakan pemicu timbulnya kanker payudara. Sehingga, sangat disarankan untuk rajin makan sayur dan buah segar.
  3. Rutin olahraga dapat menjadi cara mencegah kanker payudara yang efektif. Dengan rajin berolah raga maka secara fisik tubuh akan selalu aktif dan keaktifan tubuh ini akan sangat menurunkan resiko kanker payudara. Oleh karena itu, biasakan untuk olah raga seperti bersepeda atau jalan cepat selama 2,5 jam dengan durasi waktu seminggu 1-2 kali.
  4. Menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol tentu menjadi cara mencegah kanker payudara yang sudah jelas berhubungan dengan penyebab kanker di atas. Selain berbahaya bagi paru-paru, wanita dengan kebiasaan merokok akan terkena kanker payudara lebih besar daripada wanita bukan perokok. Hal tersebut karena kandungan nikotin dan tar yang ada dalam rokok. Selain itu, sering mengkonsumsi alkohol pun juga sangat berisiko menimbulkan penyakit ganas ini.
  5. Teratur dalam menyusui bayi ternyata dapat menjadi cara mencegah kanker payudara. Meskipun tingkat penekanan risikonya tergolong kecil namun dengan menyusui bayi dinilai cukup bagus sebagai salah satu langkah dalam tindakan pencegahan kanker payudara. Bahkan, menurut beberapa penelitian dokter, tiap 12 bulan menyusui, maka resiko terkena kanker payudara bisa berkurang menjadi 4,3 %.
  6. Cara mencegah kanker payudara yang terakhir yaitu hindari paparan radiasi. Anda bisa saja terkena radiasi di beberapa tempat, misalnya penggunaan alat kesehatan CT scan, terpapar asap kendaraan bermotor, dan radiasi dari bahan-bahan kimia. Lindungi dan hindari sejauh-jauhnya radiasi mengingat radiasi juga sangat berpengaruh pada timbulnya penyakit mematikan pada wanita ini.

Dari beberapa cara mencegah kanker payudara tersebut di atas maka bisa diketahui bahwa sebenarnya kanker payudara yang merupakan penyakit mematikan bagi wanita pun bisa ditekan atau dicegah. Tentunya, dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan bahwa beberapa langkah tersebut merupakan cara umum yang biasa dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kanker payudara. Adapun cara mencegah kanker payudara khusus seperti rutin konsultasi ke dokter menjadi pilihan alternatif sendiri yang cukup direkomendasikan.

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Nah, setelah kita mengetahui beberapa penyebab kanker payudara dan cara mencegah kanker payudara, tentu Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan dan menghindari beberapa hal pemicu resiko kanker payudara. Selain itu, jika beberapa langkah atau cara tersebut Anda terapkan dengan benar dan rutin maka penyakit ganas tersebut tak akan menjangkiti tubuh Anda. Itulah tadi beberapa penyebab kanker payudara dan cara mencegah kanker payudara yang dapat Jelas.id bagikan. Sekian dan sampai jumpa.