jelas

Cara Mencegah Erosi Tanah yang Efektif

Cara Mencegah Erosi Tanah – Mungkin sebagian besar di antara kita sudah tak asing lagi ketika mendengar erosi tanah. Pikiran kita akan langsung tertuju pada tanah tandus yang tidak ditumbuhi oleh tanaman. Cara mencegah erosi tanah sendiri sebenarnya harus dilakukan dengan cara alami karena erosi tanah sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses geologis yang melibatkan pengikisan padatan pada tanah sehingga partikel-partikelnya menjadi terpisah dan terangkut oleh agen-agen erosi seperti air, angin, gravitasi, dan gletser. Perpindahan material pada tanah serta makhluk lain yang hidup di tanah juga bisa menjadi agen erosi yang memisahkan partikel-partikel tanah tersebut. Cara mencegah erosi tanah ini berbeda dengan cara mencegah proses pelapukan yang diakibatkan oleh cuaca yang biasanya melibatkan proses penghancuran mineral batuan secara kimiawi maupun fisik. Erosi ini akan berdampak pada menipisnya lapisan permukaan tanah yang paling atas sehingga memicu degradasi pada lahan dimana erosi tersebut terjadi. Selain itu, erosi juga bisa menurunkan kemampuan tanah untuk meresapkan air sehingga daerah dengan lahan yang tererosi memang menjadi lebih rawan terkena banjir serta menyebabkan pendangkalan sungai sebab partikel tanah yang terkikis mengendap di sana untuk itu cara mencegah erosi tanah ini sangat penting untuk diketahui.

Cara Mencegah Erosi

Cara Mencegah Erosi

Karena memiliki banyak dampak buruk terhadap lingkungan, erosi ini memang sebaiknya dicegah. Karena jika cara mencegah erosi tanah ini tidak dilakukan dengan benar, maka hal ini bisa mengakibatkan rusaknya ekosistem. Selain erosi yang terjadi secara alami, ada juga berbagai aktivitas manusia yang bisa mengakibatkan erosi tanah seperti misalnya cara bercocok tanam yang salah. Sehingga, penting untuk melakukan langkah-langkah konservatif yang bisa menjadi cara mencegah erosi tanah tersebut. Erosi biasanya dicegah dengan usaha konservasi tanah dan air. Konservasi tanah ini bisa dilakukan dengan cara teknis mekanis maupun kultur teknis. Salah satu contohnya adalah pembuatan teras di lahan yang miring. Pembuatan teras atau tangkatan-tingkatan pada lahan miring ini bertujuan untuk mengurangi kecepatan air yang mengalir di permukaan dan membantu proses penyerapan air ke dalam tanah sehingga lebih efektif. Tentu masih ada berbagai upaya lain yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya erosi tanah. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mencegah erosi tanah.

Cara Mencegah Erosi Tanah

Penyebab Erosi Tanah

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab erosi tanah :

  • Kemiringan lereng merupakan salah satu faktor penyebab erosi tanah. Semakin curam sebuah lereng, maka akan semakin mudah terjadi erosi, baik itu erosi air, glasial, dan gravitasi.
  • Karakteristik tanah juga mempengaruhi kerentanan tanah tersebut terhadap erosi. Ada jenis tanah dengan tekstur tertentu yang lebih rawan terkena erosi.
  • Aliran air yang terjadi di permukaan maupun di dalam tanah juga menjadi salah satu penyebab erosi tanah. Kecepatan serta aliran air juga mempengaruhi tingkat terjadinya erosi tanah terutama yang pada erosi air dan glasial.
  • Iklim juga menentukan tingkat erosi di suatu daerah. Misalnya saja, semakin tinggi curah hujan di suatu daerah maka akan semakin rentan pula daerah tersebut terhadap erosi. Begitu juga dengan kecepatan angin, semakin tinggi kecepatannya maka akan semakin muda tererosi.
  • Aktivitas manusia juga merupakan penyebab erosi tanah. Berbagai aktivitas manusia yang menimbulkan erosi seperti penggundulan hutan, penambangan, pembuatan konstruksi, dan lahan pertanian yang berpindah-pindah.

Di atas merupakan contoh dari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya erosi tanah. Penyebab erosi tanah tersebut bisa terjadi secara alami dan biasanya dipengaruhi oleh letak geogragfis suatu daerah serta bisa juga terjadi karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan. Selanjutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara mencegah erosi tanah.

Penyebab Erosi Tanah

Cara Mencegah Erosi Tanah

Berikut ini adalah upaya-upaya yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah erosi tanah:

  1. Cara mencegah erosi tanah yang pertama dalah dengan melakukan konservasi tanah adalah bentuk pencegahan erosi yang berguna mengurangi terjadinya proses pengikisan dan perubahan struktur tanah baik itu secara secara biologi maupun kimiawi yang disebabkan oleh kesalahan dalam pengolahan tanah atau kontaminasi bahan-bahan yang merusak tanah. Contoh upaya konservasi tanah yang bisa dilakukan adalah memakai vegetasi penutup lahan, mengendalikan PH tanah, dan meningkatkan jumlah organisme penyubur tanah.
  2. Terasering adalah cara mencegah erosi tanah yang banyak dilakukan terutama pada lahan yang miring. Lahan yang dibuat berteras selain mengurangi terjadinya pengikisan juga membuat tanah lebih stabil sebagai tempat tumbuh tanaman.
  3. Countur farming juga merupakan cara untuk mencegah erosi yang biasanya diterapkan di lahan pertanian. Countur farming adalah teknik penanaman yang didasarkan pada garis kontur di suatu tanah sehingga mendukung sistem pengakaran tanaman yang lebh solid dan tak mudah hanyut ketika terjadi hujan deras.
  4. Memaksimalkan fungsi drainase juga menjadi cara mencegah erosi tanah yang cukup efektif. Selain bisa mengoptimalkan aliran air yang terserap ke tanah meuju tempat yang lebih rendah, drainase yang efektif juga akan memperlambat aliran air sehingga tidak mudah mengikis lapisan tanah.
  5. Melakukan rotasi tanaman akan membantu menjaga kesuburan tanah dengan melestarikan unsur haranya sebab tanah dengan unsur hara yang sedikit biasanya akan lebih mudah tererosi.

Itulah beberapa contoh cara mencegah erosi tanah yang bisa dilakukan. Melakukan upaya pencegahan sekecil apapun sangat bermanfaat untuk lingkungan. Anda mungkin tak bisa melihat hasilnya dalam waktu dekat, namun upaya yang Anda lakukan tersebut akan sangat terasa manfaatnya untuk mencegah erosi dalam beberapa tahun yang akan datang.

Cara Mencegah Erosi Tanah Miring

Setelah, membaca langkah-langkah di atas tentu Anda sudah mengetahui berbagai cara mencegah erosi tanah yang dapat dilakukan. Mengingat Indonesia ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi, maka sebaiknya Anda segera melakukan upaya-upaya tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah Jelas.id sampaikan di atas, Anda bisa menyelamatkan lingkungan sekitar dari dampak buruk erosi tanah. Demikianlah, informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait dengan cara mencegah erosi tanah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.