jelas

Cara Mencegah Bau Mulut dan Penyebabnya

Cara Mencegah Bau Mulut – Setiap orang tentu tak ingin mulutnya bau sehingga banyak orang yang mencari cara mencegah bau mulut. Perlu diketahui bahwa masalah bau mulut pada seseorang sering dianggap sepele. Padahal, jika hal itu dibiarkan saja maka hal tersebut akan membuat diri Anda tak merasa nyaman dan tidak percaya diri. Bahkan, ketika Anda berbicara dengan orang lain tentu, orang yang Anda ajak bicara akan merasa terganggu dengan bau nafas Anda. Tentu, hal itu tak Anda inginkan bukan? Jika kita telisik secara mendalam, sebenarnya masalah bau mulut pada seseorang ini merupakan masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Justru tak jarang malah orang lain yang mengetahui bahwa mulut Anda sedang bermasalah. Dengan demikian, tak heran jika banyak orang yang mencari cara mencegah bau mulut sebagai bentuk tindakan preventif sebelum bau mulut menjangkiti seseorang. Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang belum yang mengetahui bagaimana cara mencegah bau mulut. Nah, jika Anda belum mengetahui caranya, jangan khawatir. Sebab, kali ini Jelas.id akan menjelaskan cara mencegah bau mulut dengan langkah-langkah yang mudah.

Cara Mencegah Bau Mulut

Cara Mencegah Bau Mulut

Akan tetapi, tunggu dulu. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum Anda mengetahui cara mencegah bau mulut. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu penyebab bau mulut. Mengapa? Karena, hampir 90% orang tidak mengerti apa saja penyebab bau mulut. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui bahwa mulut karena kurang rajin sikat gigi secara rutin. Kurang rajin menyikat gigi memang merupakan salah satu penyebab bau mulut sehingga logika terbaliknya cara mencegah bau mulut yakni tentu dengan menggosok gigi. Namun, jika ditelusuri secara lebih mendalam lagi, ada beberapa macam penyebab bau mulut yang sebenarnya bisa Anda cegah sejak dini. Karena sangat penting, maka dari itu selain memberikan info mengenai cara mencegah bau mulut, Jelas.id terlebih dahulu akan membagikan info mengenai penyebab bau mulut. Apa saja itu? Tak perlu menunggu lama, yuk kita simak bersama.

Cara Mencegah Bau Mulut Secara Alami

Penyebab Bau Mulut

Berikut ini merupakan beberapa penyebab bau mulut yang harus Anda ketahui dan kenali :

  • Penyebab bau mulut pertama yaitu Xerostomia. Keadaan ini dikenali sebagai keadaan di mana mulut seseorang mengalami kekeringan atau kurang cairan. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada produksi air liur yang disebabkan oleh menumpuknya bakteri di rongga mulut.
  • Adanya gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya, disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri H.pylori serta penyakit refluk gastro-esofageal.
  • Selain itu, penyebab bau mulut lain juga bisa disebabkan karena adanya aliran cairan kental dari rongga sinus yang menuju ke tenggorokan. Dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip.
  • Sariawan juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Sebab, bakteri penyebab sariawan bisa menyebar di rongga mulut Anda dan membuat mulut menjadi bau.
  • Salah satu penyebab lain yaitu gigi berlubang. Sama seperti dengan sariawan, bakteri penyebab gigi berlubang pun akan menjadi faktor mulut Anda bau.
  • Penyebab bau mulut terakhir yaitu karena merokok. Zat nikotin dan tar dalam kandungan rokok, tentu akan mengendap pada gigi dan bagian dalam rongga mulut seorang perokok. Sehingga, akan memicu bau mulut.

Dengan mengetahui beberapa penyebab bau mulut pada seseorang, tentu Anda pun akan bisa melakukan tindakan preventif dengan menghindari beberapa hal yang bisa memicu bau mulut. Selain itu, dari beberapa penyebab di atas, biasanya penyebab yang tidak diketahui oleh diri sendiri yaitu Xerostomia, gangguan saluran pencernaan, serta aliran cairan yang masuk ke rongga tenggorokan. Tentu, untuk mengetahui penyebab tersebut maka Anda harus ke dokter. Di sisi lain, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab bau mulut, kini saatnya Jelas.id akan menjelaskan beberapa cara mencegah bau mulut.

Cara Mencegah Bau Mulut Dengan Mudah

Cara Mencegah Bau Mulut

Berikut ini cara mencegah bau mulut yang bisa Anda terapkan dengan mudah :

  1. Cara mencegah bau mulut yang pertama yaitu Anda harus rajin menggosok gigi secara rutin dan dilakukan dengan benar. Usahakan gosok gigi minimal sehari 2x dengan pasta gigi yang sesuai dengan karakter gigi Anda.
  2. Rajinlah untuk membersihkan lidah, terutama lidah bagian atas. Pembersihan lidah ini bisa Anda lakukan bersamaan dengan ketika menyikat gigi.
  3. Ketika bangun pagi, minumlah segelas air putih hangat sebagai cara mencegah bau mulut. Selain bisa mencegah bau mulut, dengan meminum segelas air putih hangat ketika bangun tidur, diketahui juga akan mampu menghilangkan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin.
  4. Mengkonsumsi buah-buahan juga merupakan cara mencegah bau mulut yang cukup efektif, terutama buah yang mengandung banyak vitamin C. Sebab, vitamin C yang terkandung pada buah bisa meningkatkan produksi air liur pada mulut. Perlu untuk Anda ketahui bahwa produksi air liur yang kurang baik bisa menimbulkan efek mulut kering dan berpotensi timbulnya bau mulut. Konsumsilah buah-buahan seperti apel, buah jambu, buah lemon dan buah bervitamin C lainnya.
  5. Berhenti merokok juga merupakan cara mencegah bau mulut. Sebab, zat nikotin dan tar pada asap rokok biasanya menempel pada gigi atau gusi yang menyebabkan plak. Sehingga, memicu tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.
  6. Cara mencegah bau mulut yang terakhir yaitu memperhatikan pola makan. Pola makan yang tidak teratur bisa menimbulkan efek bau mulut. Apalagi, pada saat perut terlalu lama kosong dan produksi air liur yang berkurang sehingga bisa menimbulkan bau mulut. Selain itu, pola makan yang tidak teratur bisa juga menimbulkan masalah pada pencernaan anda sehingga berpotensi menimbulkan sakit sariawan dan bau mulut.

Dari 6 cara mencegah bau mulut yang Jelas.id sampaikan di atas, hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu mengatur pola makan yang baik. Sebab, seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa dengan pola makan yang baik maka kesehatan pun akan terjaga, termasuk kesehatan mulut. Selain itu, hal yang simple namun terbilang efektif dan mudah untuk Anda lakukan sebagai cara mencegah bau mulut yaitu dengan rutin menyikat gigi dan rutin minum air putih hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Yang jelas, Anda tak perlu menerapkan semua cara di atas. Cukup satu dari beberapa cara mencegah bau mulut yang telah dijelaskan di atas Anda lakukan secara teratur maka bau mulut tak akan menjangkiti mulut Anda.

Cara Mencegah Mulut Bau

Mudah kan? Sebenarnya, cara mencegah bau mulut ini tak terlalu sulit kok. Hanya saja, rasa malas menjaga kesehatan mulut menjadi salah satu penyebab tak langsung yang mengakibatkan mulut seseorang bau. Oleh sebab itu, buang lah rasa malas dalam menjaga kesehatan mulut. Sebab, semua ini juga demi kebaikan diri sendiri. Nah, itulah tadi beberapa penyebab bau mulut dan cara mencegah bau mulut yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga penjelasan yang Jelas.id sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan sampai jumpa.