jelas

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Cara Menanam Semangka Polybag – Siapa bilang tanaman semangka hanya bisa ditanam pada lahan yang luas, banyak cara untuk menanam tanaman tersebut salah satunya cara menanam semangka dalam polybag. Untuk anda yang tinggal diperkotaan dengan lahan pekarangan yang sempit tentu saja dapat mempraktekan hal tersebut. Selain lebih mudah, cara menanam semangka dalam polybag tersebut pun juga dinilai lebih efisien dan praktis. Bahkan, Anda akan lebih mudah dalam melakukan perawatan, pengawasan dan pengontrolan secara rutin. Sehingga hal tersebut pun dapat menjadi alternatif untuk anda warga perkotaan yang memiliki hobi ber cocok tanam. Di sisi lain, dengan mengetahui cara menanam semangka dalam polybag ini maka Anda pun bisa menanam semangka di halaman rumah atau pun di pekarangan rumah. Cukup mudah bukan?

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Namun, jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara menanam semangka dalam polybag, tampaknya kunjungan Anda ke situs Jelas.id ini cukup tepat. Pasalnya, kali ini Jelas.id akan membagikan info mengenai cara menanam semangka menggunakan media polybag yang mudah dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Selain sebagai hobi, dengan mengetahui cara menanam semangka dalam polybag pun juga bisa dijadikan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab, Anda tak perlu membutuhkan lahan luas dan biaya yang terlalu mahal sehingga keuntungan pun mudah didapatkan. Maka dari itu, cara menanam semangka melalui media polybag ini pun memang benar-benar dirasa efektif dan menguntungkan. Akan tetapi, sebelum jauh membahas tentang cara menanam semangka dalam polybag, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menanam semangka menggunakan media tanam polybag ini, diantaranya bahan dan alat untuk menanam semangka.

Cara Menanam Semangka

Bahan dan Alat untuk Menanam Semangka

Berikut beberapa bahan dan alat untuk menanam semangka yang perlu Anda siapkan:

  1. Mempersiapkan bibit semangka. Dalam menanam semangka dengan menggunakan media tanam polybag ini akan menggunakan bakal bibit berupa bijinya yang termasuk dalam bahan dan alat untuk menanam semangka. Nah, untuk memilih bibit yang berkualitas maka pilih lah biji semangka yang berasal dari buah yang sudah matang dan dari indukan yang berukuran besar serta kondisinya sehat.
  2. Bahan dan alat untuk menanam semangka yang kedua adalah tanah berhumus , yaitu tanah yang memiliki banyak kandungan air dan unsur hara serta oksigen untuk menunjang pertumbuhan bibit semangka baru. Biasanya, tanah yang kaya humus itu bisa diambil dari tanah yang berada di sekitar akar pohon bambu.
  3. Selanjutnya bahan dan alat untuk menanam semangka yang harus dipersiapkan adalah pupuk kompos dan pupuk kandang yang nantinya digunakan untuk menyuplai kebutuhan tanaman dalam proses tumbuh kembangnya.
  4. Alat terakhir yang harus dipersiapkan yaitu polybag sebagai media tanamnya.

Nah, dari beberapa alat dan bahan dan alat untuk menanam semangka yang telah diuraikan di atas, salah satu hal yang terpenting yaitu dalam proses pemilihan bibit atau biji semangka dan media tanamanya. Pasalnya, kedua faktor ini dianggap paling berpengaruh pada tumbuh kembangnya tanaman semangka ini. Oleh sebab itu, cerdaslah dalam memilih bibit semangka dan dalam menentukan media tanamnya. Setelah mengetahui beberapa bahan dan alat untuk menanam semangka, penjelasan berikutnya Jelas.id akan membahas tentang cara menanam semangka dalam polybag.

Cara Menanam Semangka Di Polybag

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Setelah mengetahui alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, kini saatnya Jelas.id memaparkan cara menanam semangka dalam polybag :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu merendam bibit yang sudah dipersiapkan tadi dengan menggunakan fungisida selama 24 jam. Cara ini dilakukan untuk mencegah bibit agar tak terserang penyakit atau hama.
  2. Setelah itu, cara menanam semangka dalam polybag berikutnya yaitu mengolah media tanam. Menginjak pada proses ini, Anda harus mempersiapkan media tanam dengan cara mencampur tanah yang kaya akan humus dengan pupuk (kompos dan kandang) yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lalu, didiamkan selama 3-4 minggu sebelum proses penanaman. Setelah melewati 3 minggu maka campuran media tanam tadi bisa di masukkan ke dalam polybag dan disiram dengan air secukupnya.
  3. Proses selanjutnya dari cara menanam semangka dalam polybag ini, yaitu penanaman bibit semangka. Pada proses ini, cara penanaman bibit semangka bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah lubang tanam sedallam 3 cm pada media tanam di polybag. Lalu, masukkan bibit biji semangka tadi lalu ditimbun tipis dan disiram sampai lembab.
  4. Kemudian, proses pemeliharaan dan perawatan semangka dalam polybag. Proses ini meliputi penyulaman, penyiangan, pemupukan rutin, dan kontrol terhadap hama dan penyakit. Jika tanaman sudah mulai merambat tinggi maka ada baiknya menggunakan tiang penyangga untuk membuat tanaman tumbuh ke atas, tidak merambat ke samping.
  5. Nah, cara menanam semangka dalam polybag selanjutnya yaitu memasuki masa panen. Biasanya, panen buah semangka ini sekitqar 3 bulan. Cirinya, buah sudah berukuran besar denganw arna yang mengkilap dan tangai batangnya sudah mulai menguning atau kering.

Dari kelima cara menanam semangka dalam polybag yang telah diuraikan Jelas.id di atas, mungkin hal yang perlu untuk dicermati dan ditelateni yaitu pada proses pemeliharaannya. Pasalnya, selain bibit yang unggul, proses pemeliharan ini juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya tanaman semangka. Maka dari itu, selalu teliti dan cermat serta sabar dalam melakukan perawatan dan pengawasan pertumbuhan semangka.

Cara Menanam Semangka Dalam Pot

Nah, tak sulit bukan? Jika Anda sudah mengetahui c cara menanam semangka dalam polybag di atas maka Anda bisa segera melakukannya di rumah. Selain itu, jika beberapa langkah di atas diterapkan secara urut dan benar maka tak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan hasil panen semangka yang berkualitas. Demikian ulasan mengenai cara menanam semangka dalam polybag yang telah Jelas.id sampaikan. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat.