jelas

Cara Menanam Jahe di Polybag dengan Benar

Cara Menanam Jahe di Polybag – Budidaya jahe memang menjadi salah satu alternatif budidaya tanaman rempah-rempah yang bermanfaat dan cukup menguntungkan, terutama dari segi ekonomi serta praktis, bahkan dapat di lakukan hanya dengan menggunakan polybag sebagai media tanamnya. Selain itu, proses cara menanam jahe di polybag yang terbilang mudah pun cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang untuk lebih memilih membudidayakan jahe ini. Maka, tak heran jika banyak orang yang membudidayakan rempah-rempah yang satu ini, baik di lahan luas maupun di lahan pekarangan. Nah, berkaitan dengan menanam jahe, pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan memberikan info penjelasan mengenai cara menanam jahe di polybag. Cara ini dilakukan sebagai alternatif dalam panduan dari cara menanam jahe di polybag dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan sempit sebagai lokasi budidaya tanaman jahe.

Cara Menanam Jahe Di Polybag

Cara Menanam Jahe di Polybag

Namun, sebelum kita jauh membahas lebih jauh tentang cara menanam jahe di polybag, tentu hal yang perlu diketahui yaitu dalam pemilihan bibit jahe itu sendiri. Pasalnya, jika Anda ingin memulai proses dari cara menanam jahe di polybag ini maka Anda harus mengetahui dan menyiapkan bibit yang berkualitas supaya menghasilkan panen yang berkualitas pula. Maka dari itu, pemilihan bibit jahe berkualitas menjadi salah satu panduan dari cara menanam jahe di polybag yang perlu untuk diketahui, dipahami, dan dipersiapkan sebelum proses penanaman jahe dilakukan. Lalu, bagaimana cara memilih bibit jahe yang baik ya? Jangan khawatir. Nah, di bawah ini Jelas.id akan memaparkan beberapa info tentang cara memilih bibit jahe yang baik.

Cara Menanam Jahe

Cara Memilih Bibit Jahe Berkualitas

Berikut cara memilih bibit jahe berkualitas :

  1. Cara memilih bibit jahe berkualitas yang pertama yaitu dengan memilih jahe yang sudah tua. Biasanya ditandai dengan tajuk yang mengering yang kira-kira berumur 9-10 bulan.
  2. Bentuk rimpang jahe yang masih segar juga perlu diperhatikan dalam cara memilih bibit jahe berkualitas. Biasanya, rimpang jahe yang sehat akan ditandai dengan tidak adanya tanda-tanda penyakit, tak ada lecet, dan terhindar dari pembusukan (tak terlalu lama disimpan).
  3. Bibit jahe diambil dari indukan yang sudah cukup tua dan sehat. Anda harus bisa melihat indukan yang berkualitas. Biasnya, induk yang sehat dan berkualitas akan tumbuh besar dan menghasilkan akar rimpang yang besar pula.
  4. Terakhir, cara memilih bibit jahe berkualitas sangat disarankan langsung diambil dari kebun, bukan dengan membeli dipasar.

Dengan beberapa cara memilih bibit jahe berkualitas yang diuraikan di atas maka Anda setidaknya sudah mengetahui langkah awal dalam panduan cara menanam jahe. Pasalnya, memilih bibit jahe yang berkualitas merupakan langkah awal untuk memulai proses pembudidayaan atau penanaman cabe yang harus diterapkan. Nah, jika sudah mengetahui beberapa cara memilih bibit jahe berkualitas, kini saatnya Jelas.id akan mengajak kawan semua untuk membahas tentang cara menanam jahe di polybag.

Cara Menanam Jahe Dalam Karung

Cara Menanam Jahe di Polybag

Menginjak pembahasan selanjutnya, pada sesi ini Jelas.id akan menjelaskan cara menanam jahe di polybag :

  1. Cara menanam jahe di polybag yang pertama yaitu dengan mencampurkan tanah humus, sekam, dan pupuk kandang atau kompos dalam satu wadah besar dengan perbandingan antara tanah humus dan pupuk 3 : 1. Aduk hingga semua bahan tersebut tercampur.
  2. Setelah itu, siapkan bibit jahe berkualitas yang telah dipilih sebelumnya dan simpanlah di tempat lembab dan tertutup. Ada baiknya Anda merendam jahe dengan air hangat selama semalaman penuh.
  3. Nah, selanjutnya yaitu dengan memasukkan campuran tanah tadi ke dalam polybag yang sudah dipersiapkan.
  4. Selanjutnya, Anda bisa menyisipkan bibit jahe yang telah disiapkan tadi ke dalam tanah yang sudah dimasukkan pada polybag tersebut. Usahakan jarak kedalamannya tak terlalu dalam sehingga akan mempermudah tumbuhnya tunas. Sampai pada proses ini, panduan cara menanam jahe di polybag sudah selesai, selanjutnya tinggal langkah preventif dan perawatan rutin.
  5. Biasanya, jahe akan menunjukan pertumbuhannya setelah 3 bulan. Ada baiknya di beberapa minggu awal untuk selalu menyiram dengan air dan memberikan pupuk.
  6. Jika jahe sudah mulai tumbuh maka lakukan proses pemeliharaan standar seperti pemupukan. Gunakan campuran urea dan KCl pada saat umur jahe menginjak usia 1 bulan. Perbandingannya 3:4 dan untuk setiap polybag mendapat takaran 1 sendok teh. Saat jahe memasuki umur 3 bulan, kurangi takaran menjadi ½ sendok teh per polybag.
  7. Langkah selanjutnya, yaitu proses pengontrolan dan pengawasan di mana pada proses cara menanam jahe di polybag ini Anda harus selalu teliti untuk mencegah datangnya hama dan penyakit pada jahe. Untuk mencegah hama penyakit, Anda bisa menggunakan pestisida. Namun, jangan lupa juga untuk menghindari genangan air di polybag supaya jahe tidak busuk.
  8. Jahe biasanya sudah bisa dipanen setelah menginjak 8 bulan.

Dari kedelapan langkah di atas, cara menanam jahe di polybag terletak pada langkah ke 1 sampai langkah ke 4. Sementara itu, beberapa langkah berikutnya merupakan tindakan perawatan yang juga perlu dilakukan agar jahe bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, proses penyisipan jahe ke dalam tanah juga perlu diperhatikan mengingat jika terlalu dalam akan membuat si bibit jahe tersebut kesulitan untuk tumbuh. Maka dari itu, beberapa langkah dalam cara menanam jahe di polybag yang telah diuraikan tersebut bisa Anda terapkan di pekarangan rumah dengan mudah.

Cara Menanam Jahe Di Polybag Dengan Benar

Nah, setelah mengetahui cara menanam jahe di polybag, tentu langkah selanjutnya yaitu penerapan beberapa penjelasan yang telah diuraikan di atas. Mulai dari proses memilih bibit jahe berkualitas hingga pada proses cara menanam jahe di polybag yang baik dan benar. Perlu diketahui, jika beberapa langkah diatas dilakukan secara urut dan benar maka tak menutup kemungkinan Anda akan berhasil menanam jahe dan membudidayakannya. Nah, semoga artikel mengenai cara menanam jahe di polybag yang telah Jelas.id jelaskan di atas bisa bermanfaat.