jelas

Cara Menanam Cabe dan Berbagai Jenisnya

Cara Menanam Cabe – Tanaman yang bernama cabe merupakan salah satu komoditas dalam sektor pertanian yang memiliki prospek keuntungan yang cukup menjanjikan jika bisa dibudidaya dengan baik dan benar. Sehingga, tak mengherankan jika tak sedikit orang yang membudidayakan cabe dari berbagai jenis, baik untuk usaha bisnis atau pun sebagai sekedar hobi cocok tanam. Menanam cabe, baik untuk tujuan bisnis atau hanya sebagai hobi, tentu ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal. Maka dari itu, untuk menunjang hasil panen yang berkualitas, sebagian besar orang yang ingin membudidayakan cabe tentunya selalu berusaha untuk mencari cara menanam cabe yang baik dan benar supaya mendapatkan panen yang berkualitas, terutama bagi para pemula. Selain itu, menanam cabe tak perlu memiliki lahan yang luas, halaman rumah Anda pun bisa Anda manfaatkan sebagai lahan untuk budidaya cabe. Akan tetapi, tak sedikit juga dari mereka yang mengalami kesulitan terkait bagaimana cara menanam cabe yang baik dan benar. Tetapi, jangan khawatir, berkaitan dengan hal tersebut pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan tips atau cara menanam cabe secara baik dan benar.

Cara Menanam Cabe

Cara Menanam Cabe

Akan tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang cara menanam cabe, alangkah lebih baiknya kita ketahui lebih dahulu tentang jenis cabe yang bisa Anda pilih untuk dibudidayakan. Sebenarnya, hampir setiap jenis cabe memiliki cara menanam yang sama. Hanya saja, mungkin ada beberapa jenis cabe yang membutuhkan perawatan khusus. Sebab, meskipun metodenya sama, dalam cara menanam cabe tentu ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan. Mungkin, bagi para pembudidaya cabe yang berpengalaman hal itu bukan lah suatu masalah namun bagi para pemula yang akan memulai menanam cabe pastinya pengetahuan tentang jenis cabe sangat dibutuhkan. Hal ini perlu dilakukan dan diketahui supaya bagi Anda yang masih awal dalam menggeluti cocok tanam cabe ini bisa memilih jenis cabe apa yang sesuai dengan karakter lingkungan di sekitar lahan yang bakal jadi calon tempat Anda menanam cabe. Selain itu, memahami jenis cabe memang berpengaruh sedikit banyak terhadap cara menanam cabe.

Cara Menanam Cabe Dengan Benar

Jenis Cabe

Berbagai jenis cabe yang tersedia memang perlu dipahami sebelum membahas cara menanam cabe lebih lanjut. Berikut beberapa jenis cabe yang wajib kamu ketahui:

  1. Jenis Cabe Besar. Jenis cabe yang satu ini dinilai sebagai komoditas sektor pertanian yang terbilang cukup penting dan menjanjikan di Indonesia. Jenis cabe besar ini memiliki 3 varian, antara lain :
    • Pertama cabe merah besar dengan ciri-ciri bentuk panjang dan lonjong yang memiliki ujung lancip, memiliki kulit mulus dan agak tebal serta mempunyai lapisan lilin.
    • Jenis Cabe Besa yang Kedua adalah cabe merah keriting. Cabe jenis ini memiliki ciri-ciri bentuknya panjang tetapi dengan diameter kecil, ujungnya lancip, kulit buahnya cenderung bergelombang atau keriting dan cenderung lebih tipis.
    • Sedangkan untuk jenis cabe yang ketiga cabe besar hijau. Sebetulnya, jenis cabe ini merupakan cabe merah besar atau cabe merah keriting yang dipanen ketika masih hijau.
  2. Jenis Cabe Rawit. Untuk jenis cabe ini, memiliki ukuran yang kecil dengan panjang hanya sekitar 3-4 cm saja dan dikenal memiliki rasa yang sangat pedas di antara cabe yang lain. Cabe jenis ini memiliki warna yang bermacam-macam dan dikenal lebih tahan terhadap segala kondisi cuaca. Bahkan, bisa berbuah sepanjang tahun.
  3. Jenis Cabe Hybrida. Cabe hybrid ini merupakan jenis yang masih masuk dalam kategori cabe besar. Namun, sudah mengalami seleksi persilangan dan seleksi dengan beragam teknik. Akan tetapi, jenis cabe hybrida ini lebih membutuhkan perawatan khusus yang konsisten dan berkesinambungan. Oleh sebab itu, bagi para pemula disarankan untuk tidak membudidayakan jenis cabe ini dulu karena tingkat kesulitan cara menanam cabe jenis ini sangat tinggi.

Jenis Cabe

Cara Menanam Cabe

Nah, setelah Anda menentukan jenis cabe dari pilihan di atas, selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu cara menanam cabe. Tentunya, cara yang baik dan benar serta mudah diterapkan di rumah, mulai dari persiapan, perawatan hingga pada proses panennya. Nah, terkait hal tersebut, pada sesi kali ini Jelas.id akan memberikan beberapa informasi mengenai cara menanam cabe yang baik dan benar.

  1. Cara menanam cabe yang pertama yaitu tahapan persiapan. Dalam tahapan persiapan ini ada beberapa hal yang wajib dilakukan dan diketahui, antara lain :
  2. Seleksi persiapan benih cabe. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, benih cabe atau bijinya tersebut direndam dalam sebuah air hangat selama 1 jam.
  3. Penyemaian biji cabe juga menjadi bagian dari cara menanam cabe yang tak bisa dipisahkan. Setelah cabe diseleksi dan disiapkan, langkah ke 2 yaitu penyemaian cabe untuk mendapatkan bibit cabe rawit. Penyemaian bisa Anda lakukan dengan beragam wadah semai, seperti baki/tray dan polybag mini serta bisa juga dengan petakan tanah.
  4. Setelah bibit cabe dipersiapkan maka langkah selanjutnya yaitu proses penanaman cabe. Perlu diketahui, ada 2 cara menanam cabe, yaitu cara menanam cabe di halaman rumah dan menanam cabe dengan menggunakan polybag atau pot.
    • Cara menanam cabe di halaman rumah. Jika Anda memiliki lahan halaman rumah luas, bisa dijadikan sebagai lahan untuk menanam cabe. Caranya yaitu buat lubang dengan kedalaman 30 cm lalu masukan media tanamnya sepertiga dari bagian lubang lalu padatkan. Pindahlah cabe dari wadah semai dengan hati-hati, jangan sampai akar tergores atau putus.
    • Cara menanam cabe dengan media polybag atau pot. Teknik ini pada dasarnya sama dengan teknik menanam cabe di halaman rumah. Yang sedikit berbeda yaitu pada media tanamnya yang ditambah arang sekam sebanyak 50% saja dari media tanah.
  5. Proses perawatan. Setelah cara menanam cabe dilakukan keseluruhannya, maka langkah selanjutnya adalah perawatan baik. Cara ini dilakukan dengan penyiraman secukupnya 3 hari sekali. Namun, di saat musim kemarau tiba, penyiraman bisa dilakukan setiap hari. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan yaitu pemetikan daun anakan yang tumbuh pada ketiak daun yang paling bawah supaya tumbuhnya tidak ke samping. Jangan lupa, berilah pupuk NPK atau pupuk organik dengan rentang waktu 2 minggu sekali selama 2 bulan saja. Setelahnya, pemupukan bisa dilakukan sebulan sekali saja.

Cara Menanam Cabe yang Lengkap

Satu lagi hal yang perlu Anda ketahui yaitu untuk selalu bertanya kepada para petani cabe secara langsung terkait cara menanam cabe yang baik. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan , seperti gagal panen dan tanaman terkena hama. Terlepas dari hal tersebut, beberapa tips yang Jelas.id sampaikan di atas tentu akan sangat bermanfaat jika dilakukan dengan benar dan tepat. Demikian ulasan mengenai cara menanam cabe yang baik dan benar. Sekian dan terimakasih.