jelas

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Naga – Saat ini, perekonomian di bidang pertanian lambat laun semakin berkembang. Pasalnya, sektor pertanian ini memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan bagi para petani. Seperti pada pembudidayaan buah naga. Buah yang satu ini merupakan buah yang cukup digemari oleh sebagian orang dan dikenal memiliki khasiat untuk mengobati beragam penyakit. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika banyak para petani pemula ingin budidaya buah naga, baik sebagai sekedar hobi atau pun sebagai sarana dalam menunjang perekonomian mereka. Cara menanamnya yang mudah dan perawatannya yang tidak sulit, menjadi salah satu alasan kenapa banyak petani buah menanam buah naga. Namun, meskipun dalam penanamannya mudah, bagi para pemula yang ingin menanam buah naga ini tetap harus mengetahui pengetahuan dasar terkait cara menanam buah naga yang baik dan benar. Masalahnya, tak sedikit juga yang masih belum mengetahui cara menanam buah naga supaya cepat berbuah. Padahal, pengetahuan terkait cara menanamnya tersebut sangat lah perlu diketahui sebagai bekal dalam mengembangkan usaha budidaya buah naga. Lantas, bagaimana ya cara menanam buah naga yang baik supaya cepat berbuah?

Cara Menanam Buah Naga

Cara Menanam Buah Naga

Seperti yang sudah Jelas.id paparkan di atas, sebenarnya cara menanam buah naga cukup mudah dan perawatannya juga relatif tidak rumit. Sehingga, hampir setiap orang tentu bisa menjalankan budidaya buah naga ini. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa buah naga ini memiliki 3 jenis, yaitu Hylocereus undatus dengan ciri kulitnya merah dan daging buahnya berwarna putih. Yang ke-2 jenis Hylocereus polyrhisus yang dikenal dengan kulit dan daging buahnya sama-sama berwarna merah. Ke-3 yaitu Hylocerus costarisensis yang memiliki ciri pada daging buahnya di mana memiliki warna merah pekat keunguan. Jenis yang terakhir yakni Hylocereus megalunthus yang memiliki banyak perbedaan dari beberapa jenis lain di mana kulitnya memiliki warna kuning dan daging buahnya berwarna putih. Dari beberapa jenis tersebut, seluruhnya memiliki metode penanaman dan perawatan yang sama. Terus cara menanam buah naga ini bagaimana ya? Penasaran? Jangan khawatir, kali ini Jelas.id akan memberikan informasi terkait cara menanam buah naga dengan baik dan benar agar cepat berbuah. Namun, sebelum membahas cara menanam buah naga, ada baiknya kita ketahui lebih dulu beberapa tips atau pengetahuan sebagai tindakan persiapan awal dan antisipasi dalam menanam buah naga supaya cepat berbuah.

Cara Menanam Buah Naga Dengan Mudah

Hal yang Perlu Diketahui Dalam Menanam Buah Naga Supaya Cepat Berbuah

  1. Untuk mendorong proses tunas buah cepat tumbuh panjang dalam aplikasi cara menanam buah naga ini, bisa dilakukan dengan pemupukan organik atau pupuk kandang dari kotoran ayam secara teratur.
  2. Untuk pemupukan yang baik agar buah naga cepat berbuah, bisa dilakukan dengan pupuk kandang dari kotoran kambing ketika buah naga sudah mulai tumbuh dewasa.
  3. Bila buah naga gagal berbuah maka Anda harus melakukan penyerbukan secara manual dengan cara mengawinkan buah naga. Poin ini merupakan bagian penting dari cara menanam buah naga agar Anda tidak kecewa karena tanaman buah naga belum menghasilkan karena masalah penyerbukan tersebut. Sementara itu, untuk mengatasi masalah seperti busuk dan gugur pada bunga, bisa dengan memberikan KNO3 ketika bakal bunga mulai muncul.
  4. Tips terakhir sebagai persiapan yaitu gunakan pupuk kandang yang sudah kering. Bahkan, akan lebih baik apabila difermentasi terlebih dahulu.

Cara Menanam Buah Naga Dengan Benar

Cara Menanam Buah Naga

Pada dasarnya, cara menanam buah naga dapat diterapkan oleh siapa saja. Tetapi, untuk sampai pada tahap berbuah memang membutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang lebih mendalam. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa buah naga ini bisa ditanam dengan menggunakan 2 metode, yaitu generatif dan vegetatif. Untuk cara generatif dilakukan dengan menanam buah naga melalui bijinya di mana cara ini biasanya dilakukan oleh para petani yang sudah berpengalaman. Sementara itu, untuk cara vegetatif banyak dilakukan karena prosesnya yang dibilang cukup mudah dan bahkan cepat dalam berbuah. Terkait hal tersebut, berikut beberapa cara menanam buah naga yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. Cara menanam buah naga yang pertama adalah dengan memilih bibit buah naga yang unggul. Pemilihan ini bisa dilakukan dengan memilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua. Cabang atau batang yang dipilih harus yang sudah pernah berbuah, setidaknya 3-4 kali. Hal ini berguna agar hasil produksi lebih cepat dan produktivitasnya sudah ketahuan dari hasil buah terdahulu. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa bibit batang buah naga yang ideal yaitu sepanjang 30 cm.
  2. Selanjutnya, cara menanam buah naga juga harus menyiapkan media tanamnya. Sebagai pemula, disarankan untuk menggunakan pot terlebih dahulu sebagai media tanamnya. Pot yang dipilih bebas, bisa berbahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Akan tetapi, disarankan menggunakan pot yang berbahan tanah liat dan berukuran setidaknya berdiameter 40 cm.
  3. Untuk menerapkan cara menanam buah naga yang benar bukan melulu masalah tanaman semata. Pasalnya, anda harus mempersiapkan tiang sebagai penopang yang kuat. Hal ini sebagai tindakan untuk menopang beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Nantinya, tiang tersebut akan dililit oleh buah naga ketika tumbuh.
  4. Setelah semua persiapan siap, cara menanam buah naga dimulai dengan mengolah media tanamnya yang berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan angka perbandingan 2:1:3:1. Masukan ke dalam pot dan siramlah dengan menggunakan air hingga komposisinya jenuh. Diamkan selama 24 jam terlebih dahulu sebelum buah naga ditanam.
  5. Menanam batang buah naga menjadi kunci dari penjelasan cara menanam buah naga ini. Setelah semua dipersiapkan, maka selanjutnya yaitu menanam bibit yang berupa batang buah naga dengan cara ditanam pada pot dengan kedalaman 10-15 cm saja, jangan lebih. Setelah itu, tekan tanahnya secara perlahan supaya batang tidak mudah jauh dan siramlah dengan air secukupnya. Letakkan di luar di mana mendapatkan sinar matahari langsung.

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Bagaimana kawan? Mudah sekali bukan tahapan dalam cara menanam buah naga ini? Yang perlu diperhatikan hanyalah pada sistem perawatannya saja di mana pada proses pertumbuhannya terkadang tak memberikan hasil yang begitu optimal sebab tergantung dari perawatannya, bukan cara menanamnya. Nah, itulah tadi tips atau cara menanam buah naga yang Jelas.id sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.