jelas

Cara Menanam Bawang Merah Untuk Budidaya

Cara Menanam Bawang Merah – Tanaman hortikultura memang saat ini masih menjadi komoditas yang menjanjikan. Salah satunya yaitu bawang merah. Pasalnya, tanaman jenis bawang merah ini memiliki nilai ekonomis yang tergolong cukup menjanjikan dan dibutuhkan oleh banyak orang sebagai bumbu dapur. Tetapi, kadang pada saat tertentu, harganya anjlok mengingat kebijakan pemerintah untuk mengimpor bawang merah dari luar negeri. Maka, tak jarang jika banyak orang yang kini menjadikan bawang merah sebagai bisnis atau sebagai hobi budidaya. Namun, bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman ini, tentunya harus mengetahui cara menanam bawang merah terlebih dahulu. Sebab, bawang merah ini tergolong memerlukan perawatan yang lebih sulit dibanding tanaman lainnya. Jika Anda ingin membudidayakan bawang merah, sangat disarankan jika diterapkan di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-900 meter dari permukaan laut dan suplai sinar matahari yang mencukupi, yaitu sekitar 12 jam atau lebih. Dengan kata lain bahwa bawang merah ini sangat cocok ditanam di daerah tropis d dengan tingkat curah hujan yang tidak terlalu sering sehingga akan sangat cocok jika ditanam ketika musim panas sedang berlangsung. Lalu, bagaimana cara menanam bawang merah yang baik dan benar?

Cara Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah

Terkait cara menanam bawang merah tersebut, tentu harus diketahui terlebih dahulu hal-hal penunjang dalam budidaya bawang merah, salah satunya seperti cuaca atau musim serta keadaan lingkungan sekitar. Sebab, seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa bawang merah ini tergolong tanaman yang sulit dibudidayakan karena sangat sensitif terhadap cuaca atau musim serta keadaan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, jika Anda sebagai pemula yang ingin memulai budidaya bawang merah maka sangat diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara menanam bawang merah yang baik dan benar agar Anda tidak kecewa di kemudian hari. Bahkan, disarankan juga untuk bertemu langsung dengan para pakar tani yang ahli dan berpengalaman dalam praktik menanam bawang merah ini. Berhubungan dengan hal tersebut, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan paparan informasi mengenai cara menanam bawang merah yang baik dan benar. Namun sebelumnya, kita ketahui terlebih dahulu beberapa jenis bawang merah yang bisa Anda pilih.

Cara Menanam Bawang Merah Untuk Budidaya

Jenis Bawang Merah

Cara menanam bawang merah sebenarnya terbulang mudah. Hanya saja, sebelum menuju ke sana, perlu terlebih dahulu mengenali jenis bawang merah. Pentingnya hal ini tentu menjadi pokok keharusan agar hasil bawang merah yang keluar memang sesuai ekspektasi dari Anda selaku penanam. Selain itu, beberapa jenis diantaranya memiliki cara menanam bawang merah yang khusus daripada yang lainnya. Nah, secara umum, berikut jenis bawang merah ya.

  1. Bawang Merah Medan. Jenis bawang merah yang satu ini sering dijumpai dan dibudidayakan di daerah Samosir, Sumut. Biasanya, usia panennya paling lama sekitar 70 hari. Namun, bawang merah asal Sumatera ini sangat mudah membusuk dan peka juga terhadap penyakit daun membusuk.
  2. Bawang Merah Bima, Brebes. Sesuai namanya, jenis bawang merah ini berasal dari Brebes. Varietas ini memiliki masa panen selama 2 bulan atau lebih tepatnya 60 hari yang dihitung sejak masa tanam. Ciri-cirinya, memiliki daun berwarna hijau, berbentuk silindris dan memiliki lubang. Pada umbi dalamnya memiliki warna merah muda dan berbentuk sedikit lonjong. Jenis bawang merah ini juga cukup rentan terhadap beberapa penyakit.
  3. Bawang merah jenis Keling. Jenis bawang merah yang satu ini berasal dari Majalengka. Cirinya sama dengan bawang merah Bima namun untuk serumpun terdapat 7-13 anakan yang cocok ditanam di iklim dengan suhu yang hangat.
  4. Bawang merah impor. Biasanya, jenis bawang merah impor ini didatangkan dari Bangkok, Filipina, dan Australia. Untuk kualitasnya juga sama dengan bawang merah lokal namun sedikit unggul karena ditunjang biaya perawatan yang tinggi.

Jenis Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah Secara Baik dan Benar

Seperti dengan apa yang sudah Jelas.id paparkan di atas bahwa cara menanam bawang merah ini sangat cocok jika ditanam di daerah tropis. Hal tersebut merupakan teknik perawatan umum untuk semua jenis bawang merah. Selain itu, perawatannya pun juga tergolong cukup sulit karena sangat riskan terhadap pembusukan pada umbinya dan sensitive terhadap beberapa hama penyakit. Sehingga, sebelum Anda memulai budidaya tanaman ini, ada baiknya dan sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu cara menanam bawang merah secara tepat dan benar supaya memberikan hasil panen yang berkualitas bagus. Adapun caranya yaitu antara lain :

  1. Pemilihan bibit bawang merah. Jika ditelisik secara lebih jauh, bawang merah memiliki banyak sekali varietas yang bisa dibudidayakan. Namun, hal yang paling perlu diketahui yaitu pilihlah benih bawang merah yang berasal dari umbi yang berusia sekitar 80-100 hari.
  2. Cara menanam bawang merah yang berikutnya yaitu pengolahan tanah dan penanaman bibit bawang merah. Langkah awalnya yaitu Anda harus mempersiapkan lahan tanam. Anda bisa merancang bedengan dengan ukuran lebar 1 meter dan tingginya 50 cm dengan jarak antar bedengan sekitar 50 cm. Lalu, untuk kedalamannya mencapai 20 cm. Kemudian, persiapkan bibit bawang merah yang sudah siap untuk ditanam. Ada baiknya untuk mempercepat tumbuhnya tunas tanaman, gores ujung umbi sekitar 0,5 cm saja. Setelah itu, benamkan seluruh bibit tersebut ke dalam tanah.
  3. Setelah cara menanam bawang merah tersebut telah selesai dilaksanakan, lakukan perawatan rutin dengan pemupukan ketika tanaman berumur 2 minggu sejak awal menanam. Selain itu, bersihkan juga tanaman gulma yang tumbuh di sekitar bawang merah. Anda bisa memberikannya 2 kali per satu musim.
  4. Pencegahan hama. Selain perawatan dengan menggunakan pupuk, pencegahan hama juga merupakan hal penting yang wajib dilakukan untuk menghindari pembusukan yang disebabkan hama, untuk menggenapi cara menanam bawang merah ini.

Cara Menanam Bawang Merah dengan Benar

Terlepas dari cara menanam bawang merah tersebut, sebenarnya meskipun terbilang riskan terhadap berbagai macam hama atau penyakit serta lingkungan sekitar namun jika dirawat dan ditanam dengan cara yang baik dan benar, bawang merah akan menghasilkan panen yang berkualitas bagus. Jika langkah-langkah yang Jelas.id sampaikan di atas diterapkan dengan urut, benar, dan hati-hati, tentunya tak mengherankan jika Anda akan berhasil dalam mendapatkan panen yang melimpah. Demikian ulasan mengenai cara menanam bawang merah yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa.