jelas

Cara Menambah RAM PC Agar Tidak Lemot

Cara Menambah RAM PC– Banyak orang yang ingin mengetahui cara menambah RAM PC ini tentu tidak lepas dari kinerja PC atau laptop yang lemot atau lambat. Hal tersebut biasanya dikarenakan kapasitas RAM yang disematkan tak mencukupi atau kurang memadai. Pasalnya, RAM sendiri merupakan sebuah memory hardware yang dibutuhkan untuk bertugas dalam menjalankan berbagai macam program di komputer serta sebagai penunjang aktivitas multitasking yang sangat berpengaruh pada kecepatan dari kinerja PC sehingga ketika kinerjanya menjadi lambat maka Anda pasti langsung mencari-cari bagaimana cara menambah RAM pc agar tidak lemot. Semakin tinggi prosesor atau banyak program PC yang dijalankan maka kebutuhan kapasitas RAM juga akan semakin tinggi pula. Maka dari itu, saat ini pun sudah mulai banyak sekali orang yang mencari bagaimana cara menambah RAM PC dengan mudah untuk mempercepat kinerja PC mereka, terutama bagi Anda yang mungkin hanya memiliki RAM dengan kapasitas yang kecil. Jangan khawatir. Sebab, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan mengulas tentang cara menambah RAM PC agar tidak lemot melalui beberapa langkah.

Cara Menambah RAM PC

Cara Menambah RAM PC

Terkait dengan cara menambah RAM PC sebenarnya banyak sekali tips dan cara yang bisa digunakan. Pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan membahas 3 cara untuk menambah RAM PC, yaitu dengan upgrade RAM, memanfaatkan virtual memory, dan dan menggunakan flash disk. Ketiga cara menambah RAM PC agar tidak lemot tersebut bisa diterapkan dengan mudah dan tak terlalu sulit. Namun, sebelum jauh membahas tentang cara-cara tersebut, Jelas.id ingin memberikan info tentang beberapa penyebab PC lemot. Hal ini tampaknya memang perlu diketahui sebelum mengetahui cara menambah RAM PC agar Anda bisa menganalisa penyebabnya dan mengatasinya dengan segera. Berikut beberapa penyebab PC Lemot.

Cara Menambah RAM PC Dengan Upgrade RAM

Penyebab PC Lemot

Di bawah ini beberapa penyebab PC lemot atau lambat:

  1. Penyebab PC lemot yang paling utama yaitu karena kekurangan memory RAM. Tentu hal ini menjadi penyebab yang paling utama mengingat RAM merupakan memory yang bertugas dalam menjalankan setiap program pada PC. Semakin program yang dijalankan tinggi dan banyak maka akan semakin banyak pula kapasitas RAM yang dibutuhkan.
  2. Terlalu banyak program yang terinstal juga merupakan salah satu penyebab PC lemot. Pasalnya, program-program yang diinstal membutuhkan kapasitas memory di mana semakin banyak program yang terinstal maka akan menyebabkan kinerja PC semakin berat.
  3. Selain itu, penyebab PC lemot juga bisa diakibatkan karena adanya virus atau malware. Sebab, biasanya virus atau malware ini menyerang beberapa program atau file sehingga akan mengganggu kinerja PC Anda.

Itulah ketiga penyebab PC Lemot yang umum atau sering dialami para pengguna PC. Sebenarnya masih ada beberapa faktor yeng dapat menyebabkan PC menjadi lemot yang mungkin belum disebutkan di atas, seperti adanya file yang corrupt, masalah hard disk, overheat dan masih banyak lagi. Namun, setidaknya ketiga penyebab PC lemot yang telah Jelas.id sampaikan di atas cukup memberikan bagaimana gambaran umum terkait beberapa penyebab kinerja PC menurun atau lemot. Nah, selanjutnya dibawah ini Jelas.id akan membahas tentang cara menambah RAM PC untuk anda semua.

Cara Menambah RAM PC Dengan Virtual Memory

Cara Menambah RAM PC

Berikut ini beberapa cara menambah RAM PC agar tidak lemot:

  1. Cara menambah RAM PC dengan Upgrade RAM
  • Perhatikan tipe RAM. Untuk melakukan upgrade RAM, Anda harus memilih tipe RAM yang sama atau paling tidak sesuai dengan slot RAM yang tersedia.
  • Selanjutnya, membuka cashing PC dan pasang RAM tersebut pada slot memory mainboard secara tepat. Ingat, perhatikan pin memory dan hindari pemasangan terbalik.
  • Setelah selesai memasang RAM, maka tutup kembali cashing PC atau laptop Anda dan sekarang RAM PC atau laptop Anda sudah terupgrade.
  1. Cara menambah RAM PC dengan Virtual Memory
  • Pertama, klik Start – klik kanan pada Computer – Properties.
  • Jika sudah, pilih menu “Advanced System Settings.”
  • Lalu, pada bagian di tab ”Advanced” kemudian klik “Settings.”
  • Sekali lagi, pada tab “Advanced” yang berikutnya, klik “Change.”
  • Jika sudah maka uncheck pada tulisan “Automatically manage paging file size for all drivers.
  • Pilihlah partisi HDD yang akan Anda jadikan sebagai memory RAM virtual. Jika sudah, Anda klik OK dan restart PC Anda.
  1. Cara menambah RAM PC dengan Flash Disk
  • Pertama, masukkan flash disk pada slot yang tersedia.
  • Jika sudah, klik kanan pada flash disk yang muncul di drive. Lalu, pilih properties.
  • Selanjutnya, memilih Tab Ready Boost.
  • Sampai pada proses ini maka lngkah selanjutnya pilih menu Use This Device.
  • Nah, pada proses ini, Anda bisa mengatur banyak kapasitas flashdisk yang akan digunakan atau dialih fungsikan menjadi RAM. Lalu, klik OK. Namun, perlu diketahui tak semua tipe flashdisk bisa dijadikan RAM.

Dari ketiga cara menambah RAM PC tersebut, bisa Anda pilih salah satu saja. Namun, Jelas.id yakin masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa diterapkan untuk menambah kapasitas RAM pada sebuah PC. Akan tetapi, tampaknya ketiga cara di atas cukup efektif sebagai alternatif dalam menambah kapasitas memory pada RAM. Selain itu, dari ketiga langkah di atas, tampaknya cara menambah RAM PC dengan upgrade RAM memang merupakan cara terbaik meski Anda harus membeli RAM baru untuk menambah kapasitas memory.

Cara Menambah RAM PC Dengan Flashdisk

Nah, sampai di sini, tentu Anda kini sudah mengetahui cara menambah RAM PC dan beberapa penyebab PC menjadi lemot. Dengan mengetahui cara-cara yang telah dipaparkan di atas maka kemungkinan besar bagi Anda yang mengalami masalah pada kecepatan atau kapasitas RAM, tentu bisa melakukan beberapa langkah yang telah diuraikan di atas. Demikian ulasan mengenai cara menambah RAM PC agar tidak lemot yang telah Jelas.id jelaskan secara urut. Semoga info yang Jelas.id sampaikan diatas dapat bermanfaat.