jelas

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak – Pola makan pada manusia bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun cenderung lebih sering mengalami masalah ini maka dari itu kali ini Jelas.id akan menjelaskan mengenai cara menambah nafsu makan anak. Ketika kecepatan tumbuh mulai berkurang dan kebutuhan untuk bisa melakukan sesuatu secara mandiri mulai muncul, biasanya anak-anak akan menunjukkan tanda-tanda jika mereka mengalami penurunan nafsu makan serta menjadi pemilih dalam urusan makanan. Hal ini sebenarnya merupakan tahapan perkembangan normal yang dilewati oleh sebagian besar anak ketika mereka tumbuh. Orang tua sebenarnya tak perlu terlalu khawatir bagaimana cara menambah nafsu makan anak jika anak mereka masih dalam kondisi yang sehat, tumbuh dengan normal, dan memiliki cukup energi. Namun, terkadang kebiasaan anak yang susah makan atau pilih-pilih makanan juga menjadi kondisi yang cukup membuat takut para orang tua. Pasalnya, anak-anak dengan nafsu makan yang rendah bisa menjadi penyebab orang tua khawatir jika asupan makanan mereka yang rendah bisa mengakibatkan kekurangan vitamin atau masalah kesehatan lain pada kehidupan anak tersebut di masa depan. Nah, lantas bagaimana sih cara menambah nafsu makan anak yang tepat?

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Kebutuhan kalori pada setiap anak bisa bervariasi tergantung pada usianya. Anak pada kisaran usia 2 hingga 3 tahun biasanya akan memerlukan sekitar 1000 hingga 1400 kalori dalam sehari. Jika kebutuhan kalori tersebut terpenuhi tentunya orang tua tidak perlu khawatir bagaimana cara menambah nafsu makan anak tersebut. Namun, orang tua juga sebaiknya memperhatikan berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh anaknya agar makanan yang dikonsumsi bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Jika anak mulai terlihat hilang nafsu makannya dan mengonsumsi makanan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan kalori hariannya, maka Anda sebaiknya mencari tahu penyebab menurunnya nafsu makan tersebut agar segera bisa menanganinya. Cara menambah nafsu makan anak merupakan hal yang gampang-gampang susah dilakukan oleh orang tua. Hal ini karena anak-anak biasanya memiliki segundang alasan untuk menolak makanan. Kondisi seperti ini biasanya akan disiasati oleh orang tua dengan memberikan obat atau suplemen untuk meningkatkan nafsu makan. Tentu saja suplemen yang diberikan di sini khusus diperuntukkan bagi anak-anak. Jika Anda saat ini juga tengah menjumpai masalah tersebut pada anak Anda, maka Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara menambah nafsu makan anak.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Kecil

Penyebab Menurunnya Nafsu Makan Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab menurunnya nafsu makan pada anak:

  • Kecemasan merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab menurunnya nafsu makan pada anak. Rasa cemas tersebut bisa timbul karena berbagai macam hal, misalnya adaptasi dengan lingkungan baru sehingga turut mempengaruhi pola makannya.
  • Depresi juga merupakan gangguan psikologis lain yang bisa mempengaruhi nafsu makan. Depresi biasanya terjadi pada anak-anak yang sudah mulai masuk sekolah.
  • Efek samping obat juga biasanya bisa menjadi penyebab menurunnya nafsu makan pada anak. Jika anak Anda sebelumnya memang sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan dalam waktu yang lama maka bisa jadi hal inilah yang menyebabkan nafsu makannya berkurang.
  • Bosan dengan menu makanan atau menu makanan yang tidak menarik juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya nafsu makan pada anak. Karena, anak-anak biasanya akan mulai mengenal rasa dan bentuk makanan lewat pilihannya sendiri sehingga hal ini bisa menimbulkan sifat pemilih makanan pada anak.

Beberapa faktor di atas adalah contoh penyebab menurunnya nafsu makan pada anak yang umum terjadi. Mengetahui penyebab berkurangnya nafsu makan pada anak penting dilakukan oleh orang tua agar bisa memberikan antisipasi yang tepat pada anak sesuai dengan kondisi yang tengah dialaminya. Nah setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, selanjutnya Jelas.id akan menjelaskan mengenai cara menambah nafsu makan anak.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Usia 3 Tahun

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Berikut ini adalah beberapa cara menambah nafsu makan anak yang bisa Anda terapkan :

  1. Cara menambah nafsu makan anak yang pertama adalah dengan tidak memaksa ketika menyuruh anak untuk makanan. Tindakan memaksa bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena dapat memberikan tekanan pada anak sehingga mereka tidak bisa menikmati makanan dengan nyaman. Selain itu, hal ini juga dapat membuat mereka cenderung mengabaikan rasa lapar di kemudian hari.
  2. Membuat tampilan makanan yang lebih menarik bisa menjadi salah satu trik yang bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Anda bisa membuat makanan yang berwarna-warni untuk menarik perhatian mereka. Ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan sayur dengan berbagai warna dan buah-buahan. Cara ini juga mendukung kebutuhan variasi nutrisi pada tubuh.
  3. Aroma makanan juga bisa digunakan sebagai cara menambah nafsu makan anak untuk menarik perhatian anak. Sebagai contohnya, Anda bisa menghidangkan makanan yang baru saja selesai dimasak atau menghangatkan terlebih dahulu sebelum menyajikan.
  4. Membuat porsi makanan yang lebih kecil juga bisa dilakukan karena porsi makanan yang terlalu banyak bisa menghilangkan nafsu makan pada anak. Selain lebih mudah untuk disiapkan, porsi piring yang lebih kecil juga lebih memudahkan dalam pembagian nutrisi.
  5. Cara menambah nafsu makan anak yang terakhir adalah dengan melibatkan anak ketika membuat makanan. Pasalnya hal tersebut akan membantu orang tua untuk mengetahui jenis makanan yang disukai anak serta bisa menjadi sarana yang tepat untuk menjelaskan jenis-jenis makanan yang sehat untuk mereka.

Cara di atas merupakan contoh berbagai usaha yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi menurunnya nafsu makan pada anak. Sebaiknya, Anda mencoba cara menambah nafsu makan anak yang tergolong alami tersebut terlebih dahulu dan jangan terburu-buru untuk menggunakan suplemen atau obat penambah nafsu makan sejenis. Kalaupun ingin menggunakan cara menambah nafsu makan anak dengan memberikan suplemen maka lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Usia 1 Tahun Ke Atas

Nah, dari beberapa penjelasan mengenai cara menambah nafsu makan anak di atas, tentu bisa dijadikan solusi yang tepat jika Anda ingin mengatasi berkurangnya nafsu makan pada anak. Sebab, cara-cara di atas selain lebih aman juga bisa membangun kedekatan Anda dengan anak. Bahkan, cara-cara tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Demikian artikel mengenai cara menambah nafsu makan anak yang bisa Jelas.id bagikan, semoga bermanfaat.