jelas

Cara Memperbaiki Kipas Angin Sendiri

Cara Memperbaiki Kipas Angin – Berbicara mengenai cara memperbaiki kipas angin, tentu harus memahami terlebih dahulu mengenai seluk beluk benda yang satu ini. Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang hampir bisa ditemui di setiap rumah. Alat ini memiliki peranan yang cukup penting terutama bagi mereka yang tinggal di daerah beriklim tropis layaknya Indonesia. Cuaca pada musim kemarau yang panas tentu akan terasa mengganggu sekali sehingga penghuni rumah membutuhkan alat yang bisa membuat suasana di dalam rumah tetap sejuk meskipun di luar sebenarnya sedang panas-panasnya. Nah, ketika musim ini tiba, bisa dikatakan cara memperbaiki kipas angin menjadi teknik yang paling dicari oleh banyak orang. Walaupun sebenarnya, ada sejumlah alat elektronik yang bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan. Namun, yang paling banyak digunakan adalah air conditioner (AC) dan kipas angin. Bagi sebagian orang AC mungkin menjadi pilihan karena suhu udara di dalam ruangan bisa diatur sesuai dengan keinginan serta memiliki filter yang bisa menyaring udara yang ada di ruangan tersebut. Meski begitu, orang harus mengeluarkan budget yang lebih untuk membelinya. Inilah yang membuat sebagian yang lain lebih menjatuhkan pilihan pada kipas angin untuk mendinginkan ruangan saat udara panas, tentu karena harganya yang lebih terjangkau. Walaupun demikian, tak jarang alat yang satu ini mengalami kerusakan. Sehingga, tak jarang pula banyak orang bertanya mengenai cara memperbaiki kipas angin.

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Memiliki peran yang penting, tentu akan sangat mengganggu jika komponen ini mengalami gangguan atau kerusakan. Itulah sebabnya mengapa artikel cara memperbaiki kipas angin ini menjadi amat penting diketahui oleh semua orang.  Masalah yang timbul pada alat ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari kerusakan pada komponen-komponen internalnya atau penggunaan yang tidak hati-hati. Indikasi kerusakan yang terjadi pada kipas angin bisa bermacam-macam, mulai dari keluarnya suara bising, putaran kipas yang melambat, dan bahkan mati total. Kalau sudah begini, orang biasanya akan membeli kipas angin baru ketimbang mencari tahu cara memperbaiki kipas angin. Padahal, sebenarnya kipas angin yang rusak masih bisa diperbaiki. Yang perlu Anda lakukan pertama kali tentu saja mengidentifikasi kerusakannya terlebih dahulu sehingga bisa menentukan penanganan yang tepat. Berikut ini Jelas. id akan membagikan cara memperbaiki kipas angin untuk beberapa kerusakan sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli kipas angin baru.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Sendiri

Faktor Penyebab Kerusakan Kipas Angin

Sebelum membahas mengenai cara memperbaiki kipas angin, sebaiknya Anda mengetahui sejumlah faktor penyebab kerusakan kipas angin yang sering terjadi sebagai berikut:

  • Menumpuknya kotoran yang menghambat kinerja dari baling-baling merupakan faktor penyebab kerusakan kipas angin yang paling umum. Pasalnya, perangkat yang satu ini memang secara langsung menjadi tempat berkumpulnya debu akibat listrik statis yang dihasilkannya.
  • Motor kipas sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya seperti magnet lemah, atau kumparan yang sudah tidak bagus.
  • Listrik tidak kuat mengangkat beban kipas, biasanya terjadi pada listrik dengan tegangan naik turun.
  • Rusaknya tombol pengontrol kecepatan angin ternyata dapat juga menjadi faktor penyebab kerusakan kipas angin. Oleh karena itu, harap diperhatikan tingkat kelayakan pakai pada tombol ini.
  • Rusaknya tombol ON-OFF bisa dibilang hampir mirip dengan kerusakan tombol pengontrol. Hanya saja terjadi pada tombol penghubung listriknya saja.
  • Korsleting listrik bisa menjadi faktor penyebab kerusakan kipas angin yang paling fatal karena dapat berakibat kebakaran.

Bagaimana? Setelah membaca faktor penyebab kerusakan kipas angin tadi, apakah Anda punya tersangka penyebab kerusakan kipas angin Anda? Tenang saja, meskipun Anda belum memiliki ide faktor penyebab kerusakan kipas angin milik Anda, setidaknya Jelas.id bakal membocorkan cara memperbaiki kipas angin yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Nah, daripada kelamaan, langsung saja yuk!

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Berikut beberapa cara memperbaiki kipas angin yang dapat anda terapkan di rumah:

  1. Cara memperbaiki kipas angin yang pertama, buka cover dan penutup kipas angin
  2. Lakukan pengecekan pada as dinamo. Salah satu penyebab melambatnya putaran kipas adalah karena menumpuknya kotoran pada bagian ini. Jika kondisi ini yang terjadi, maka bersihkan terlebih dahulu as dinamo dengan menggunakan sedikit bensin.
  3. Jika as dinamo sudah dibersihkan, cara memperbaiki kipas angin ini dapat dilanjutkan dengan melumasi bagian ini menggunakan oli bekas atau jenis pelumas lain agar lebih mudah berputar.
  4. Selanjutnya, lakukan pengecekan pada kapasitor kipas angin. Jika terjadi kerusakan, maka gantilah dengan kapasitor baru yang nilainya antara 1uf/400v hingga 1,5uf/400v.
  5. Kemudian, lakukan pengecekan pada bagian thermostat. Jika lilitan dalam keadaan overheat maka tegangan biasanya akan menurun dan putarannya akan melambat. Namun jika, masalah ditimbulkan pada rusaknya thermostat maka cara memperbaiki kipas angin dapat dilakukan melalui penggantian dengan komponen yang baru.
  6. Selain itu, cara memperbaiki kipas angin juga dapat dilakukan dengan pengecekan terlebih dahulu pada jalur listrik AC. Matinya kipas angin bisa disebabkan karena jalur listrik yang terputus. Namun, jika ternyata bagian ini normal, Anda bisa berlanjut ke pengecekan pada bagian lain dari kipas angin.
  7. Pengecekan pada saklar kipas ditujukan karena tidak bisa berputarnya kipas bisa disebabkan oleh saklar yang tidak berfungsi. Jika memang ini yang menjadi masalahnya, maka cara memperbaiki kipas angin adalah dengan langsung menggantinya. Namun, jika ternyata bagian ini juga tidak bermasalah, maka Anda bisa cek bagian yang lain.
  8. Selanjutnya, bongkar casing yang ada pada dinamo kipas angin. Lalu, temukan bagian yang bernama thermo fuse. Bagian ini terletak di dalam isolator bersama dengan gulungan dinamo.
  9. Anda bisa mengecek fungsi dari thermo fuse ini dengan menggunakan multitester atau avometer. Perhatikan jarumnya, jika masih berfungsi dengan baik, jarum akan bergerak menuju 0 ohm. Jika tidak berarti cara memperbaiki kipas angin adalah dengan menggantinya.

Perhatian! Cara memperbaiki kipas angin ini merupakan cara yang berhubungan dengan perangkat listrik. Anda diharuskan telah memiliki keahlian dalam bidang kelistrikan sebelum memraktikkan cara memperbaiki kipas angin ini.

Bagaimana dengan cara memperbaiki kipas angin ala Jelas.id si atas? Cukup rumit ya? Sebenarnya tidak juga apabila Anda telah memiliki pengalaman dalam bidang kelistrikan sebelumnya. Walaupun demikian, jika Anda masih tergolong pemula, cara di atas tetap bisa dilaksanakan dengan perhatian khusus dari ahlinya. Hal ini tentu untuk menjaga segala sesuatunya dari hal yang tak diinginkan. Tentu saja, cara memperbaiki kipas angin ini punya tujuan awal yakni berhemat.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mati

Itulah cara memperbaiki kipas angin yang rusak. Apabila Anda mengikuti cara yang sudah Jelas.id paparkan tersebut, maka Anda tak perlu lagi menghabiskan uang untuk membeli kipas angin yang baru. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan konsep keiritan yang perlu ditegakkan di era modern saat ini. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan mengenai cara memperbaiki kipas angin berdasarkan kerusakannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.